Brilio.net - Iritasi yang terjadi pada kulit wajah seringkali membuat kita tidak nyaman. Tak dimungkiri, masalah wajah itu sangat mengganggu aktivitas harian kita. Terlebih lagi jika iritasi memberikan rasa gatal yang tidak dapat ditahan.

Oleh karena itu kita perlu mengobati segera mungkin iritasi kulit yang muncul di area wajah. Cara atasi iritasi kulit wajah pakai bahan alami menjadi salah satu alternatif pengobatan yang bisa kamu lakukan.

Iritasi atau biasa disebut dengan dermatitis memiliki tanda-tanda pada saat muncul di area wajah tertentu. Tanda-tanda tersebut seperti munculnya bintik-bintik merah dan terasa gatal.

Rasa gatal dan bintik merah biasanya muncul di bagian wajah seperti kelopak mata, pipi, di sekitar mulut dan hidung, serta dagu. Penyebab utama dari iritasi adalah penggunaan produk kosmetik atau skincare yang tidak cocok.

Selain disebabkan oleh penggunaan kosmetik yang tidak cocok, penyebab lainnya bisa saja muncul dari faktor lingkungan seperti cuaca panas, pola makan tidak sehat, hingga gigitan serangga. Nah, agar iritasi tidak semakin parah, kamu perlu mengobatinya. Terdapat berbagai cara atasi iritasi kulit wajah salah satunya yaitu menggunakan bahan-bahan alami.

Nah, lantas bagaimana cara atasi iritasi kulit wajah menggunakan bahan alami? Berikut cara atasi iritasi kulit wajah pakai bahan alami yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (29/3).

1. Oatmeal

Cara atasi iritasi kulit wajah pakai bahan alami Berbagai sumber

foto: pixabay/martinhetto

Bahan alami pertama yang bisa kamu lakukan yaitu mandi dengan menggunakan oatmeal. Oatmeal dipercaya dapat mengatasi iritasi kulit dan meredakan peradangan yang terjadi pada wajah.

Nah, cara atasi iritasi kulit dengan menggunakan oatmeal yakni dengan mengambil dua cangkir oatmeal yang sudah dihaluskan. Lalu oatmeal yang sudah dihaluskan tersebut dicampurkan ke dalam air hangat dan gunakan untuk mandi.

2. Baking soda

Cara atasi iritasi kulit wajah pakai bahan alami Berbagai sumber

foto: freepik.com

Baking soda bisa kamu gunakan untuk mengatasi iritasi yang terjadi pada kulit wajah. Caranya yaitu dengan membuat baking soda menjadi sebuah pasta dengan menambahkan sedikit air biasa. Kemudian oleskan pada wajah yang mengalami iritasi dan bilas dengan air bersih.

3. Minyak zaitun

Cara atasi iritasi kulit wajah pakai bahan alami Berbagai sumber

foto: pixabay/pexels

Minyak zaitun dapat dijadikan alternatif jika kamu mengalami iritasi. Minyak zaitun memang memiliki banyak khasiat bagi wajah dan kulit salah satunya itu bisa membantu meredakan rasa gatal pada wajah. Hal ini dikarenakan minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E yang dapat menumbuhkan dan meningkatkan regenerasi sel kulit.

Cara menggunakan minyak zaitun untuk mengatasi iritasi pada wajah yaitu cukup mencampurkan minyak zaitun dengan madu dan oleskan pada wajah. Setelah itu bilas dengan air biasa.

4. Cuka apel

Cara atasi iritasi kulit wajah pakai bahan alami Berbagai sumber

foto: freepik.com

Bahan alami selanjutnya yang dapat digunakan untuk mengatasi iritasi pada kulit wajah yaitu cuka apel. Cuka apel mengandung asam asetat yang dapat melawan infeksi pada kulit.

Nah, jika kamu ingin menggunakan cuka apel untuk mengatasi iritasi pada kulit wajah sangat mudah. Caranya yaitu dengan mengoleskan cuka apel pada wajah yang iritasi. Setelah itu bilas dengan menggunakan air biasa.

5. Mentimun

Cara atasi iritasi kulit wajah pakai bahan alami Berbagai sumber

foto: pixabay/krzysztofjaracz

Mentimun memiliki kandungan air sebanyak 95,2 persen, dan kandungan potasium dan fisetin memberikan sensasi segar pada kulit yang iritasi. Selain itu kedua kandungan tersebut membuat timun berguna membantu meredakan rasa gatal dan sakit yang muncul pada wajah.

Cara atasi iritasi kulit pada wajah dengan menggunakan timun yaitu dengan mencampurkan mentimun dengan madu. Oleskan campuran kedua bahan tersebut pada wajah. Kemudian bilas dengan air bersih dan lakukan cara ini secara rutin.

6. Lidah buaya

Cara atasi iritasi kulit wajah pakai bahan alami Berbagai sumber

foto: pixabay/franziskaingold

Lidah buaya memang terkenal sebagai tumbuhan yang memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Salah satu manfaat dari lidah buaya yaitu dapat mengatasi iritasi pada kulit. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin C,A dan E yang memberikan efek segar dan dapat bekerja sebagai antioksidan.

Nah cara menggunakan lidah buaya untuk mengatasi iritasi pada kulit wajah yaitu dengan membelah lidah buaya menjadi dua bagian. Ambil gel lidah buaya dan tempelkan gel lidah buaya pada bagian wajah yang iritasi.

7. Madu dan putih telur

Cara atasi iritasi kulit wajah pakai bahan alami Berbagai sumber

foto: pixabay/stevebuissine

Madu dan putih telur dapat dijadikan bahan untuk mengatasi iritasi pada wajah. Gunakan madu dan putih telur sebagai masker. Caranya yaitu dengan cara mencampurkan madu dan putih telur. Kemudian oleskan pada wajah dan diamkan kurang lebih 10 menit. Lalu bersihkan wajah dengan cara membilasnya dengan air bersih.

8. Madu dan kayu manis

Cara atasi iritasi kulit wajah pakai bahan alami Berbagai sumber

foto: pixabay/fancycrave1

Bahan selanjutnya untuk mengatasi iritasi pada kulit dengan menggunakan bahan alami yaitu campuran madu dan kayu manis. Campuran madu dan kayu manis dapat meredakan iritasi.

Cara menggunakan madu dan kayu manis cukup mudah. Sediakan 3 sdm madu dan 2 sdm bubuk kayu manis. Campur kedua bahan tersebut dan aduk hingga berbentuk seperti pasta. Kemudian gosokkan pada bagian wajah yang mengalami iritasi. Setelah itu bilas dengan menggunakan air biasa.

9. Es batu

Cara atasi iritasi kulit wajah pakai bahan alami Berbagai sumber

foto: pixabay/sebastiannikiel

Es batu ternyata bisa lho dimanfaatkan untuk meredakan iritasi pada kulit wajah. Caranya yaitu dengan merendam kain di dalam es batu. Kemudian tempelkan kain tersebut pada wajah yang mengalami iritasi.

(brl/lea)

Related News

(brl/lea)