Brilio.net - Memiliki jadwal harian yang padat terkadang membuat kita gampang lelah, letih, stres dan pada akhirnya kita enggan untuk melakukan perawatan wajah secara teratur. Perawatan wajah yang tidak teratur ini lah yang bisa menjadi penyebab utama munculnya berbagai permasalahan kulit wajah.

Kulit wajah bisa menjadi kusam bahkan bisa saja berjerawat. Tentunya hal itu akan berdampak pada penampilan yang terganggu. Pastinya kamu tidak maukan memiliki kulit wajah kusam, berjerawat, dan tampak tidak segar? Detoks atau detoksifikasi merupakan proses pembuangan racun yang ada di dalam tubuh.

Dilansir brilio.net dari Sbspa, Sabtu (12/3) detosifikasi wajah bisa membantu untuk menghilangkan minyak berlebih dan racun pada kulit. Produksi minyak yang berlebih ini biasanya disebabkan oleh kondisi lingkungan yang tidak baik seperti contohnya polusi, stres, kecemasan, dan penggunaan produk kosmetik yang tidak cocok dengan kulit wajah. Dengan rutin melakukan facial detoks maka permasalahan wajah bisa diatasi dengan baik.

Nah, untuk mengatasi permasalahan wajah tersebut kamu membutuhkan perawatan wajah simpel dan bisa dilakukan di rumah. Kamu bisa melakukan detoks wajah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Bahan-bahan alami yang murah dan mudah didapatkan ini sangat membantu mendetoksifikasi wajah kamu lho.

Berikut ini cara detoks wajah dengan menggunakan bahan alami yang sebagaimana brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Minggu (13/3).

1. Gandum dan yogurt

 Cara detoks wajah pakai bahan alami Berbagai sumber

foto: Pixabay/shixugang

Cara detoks wajah yang pertama kamu bisa menggunakan bahan seperti gandum dan yogurt untuk dijadikan sebagai masker. Gandum dan yogurt yang dicampurkan secara bersamaan memberikan manfaat berupa pengelupasan sel-sel kulit mati.

Memiliki sifat antibakteri dan antijamur membuat masker dari gandum dan yogurt dapat untuk mengobati kulit rusak. Jika kamu mempunyai madu di rumah bisa lho mencampurkan madu untuk hasil yang optimal.

Cara menggunakan gandum dan yogurt untuk detoksifikasi wajah sangat mudah. Campurkan kedua bahan gandum dan yogurt. Kemudian gosokkan dengan lembut ke kulit wajah. Diamkan hingga beberapa saat dan bilas dengan air bersih

2. Minyak kelapa dan kunyit

 Cara detoks wajah pakai bahan alami Berbagai sumber

foto: Pixabay/moho01

Cara berikutnya kamu bisa menggunakan minyak kelapa dan kunyit. Kunyit memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan sehingga bisa membuat kulit kamu tampak lebih bercahaya, bersinar, dan bisa lho untuk mengatasi jerawat. Untuk mendapatkan manfaat tersebut kamu bisa menggunakan minyak kelapa dan kunyit untuk detoksifikasi dua kali dalam seminggu.

Caranya yaitu dengan mencampurkan minyak kelapa dengan kunyit yang sudah dihaluskan. Kemudian aplikasikan secara merata ke wajah dan bilas dengan air biasa.

3. Stroberi dan madu

 Cara detoks wajah pakai bahan alami Berbagai sumber

foto: Pixabay/engin_akyurt

Stroberi dan madu bisa digunakan untuk detoks wajah secara alami. Stroberi dan madu dipercaya bisa membantu menghilangkan racun yang ada di dalam lapisan kulit paling dalam. Selain itu racun yang berhasil dihilangkan dapat membuat kulit kamu tampak lebih cerah. Manfaat ini bisa kamu dapatkan jika rutin dilakukan satu kali dalam seminggu.

Cara menggunakan stroberi dan madu, sediakan 2 sdm stroberi dan 2 sdm madu. Lalu campurkan kedua bahan tersebut ke sebuah wadah dan aduk hingga rata. Jika sudah oleskan ke wajah yang telah dibersihkan. Diamkan kurang lebih 15 menit dan bilas dengan air hangat

4. Tomat dan madu

 Cara detoks wajah pakai bahan alami Berbagai sumber

foto: Pixabay/anelka

Tomat dan madu bisa mendetoksifikasi wajah dengan membuatnya sebagai masker wajah. Tomat dan madu memiliki manfaat untuk memberikan efek shooting, membersihkan kulit wajah berjerawat, dan bisa mengatasi blackheads.

Cara membuatnya, sediakan 2 sdm jus tomat dan 1 sdt madu. Campurkan kedua bahan tersebut hingga rata. Oleskan ke wajah. Diamkan hingga mengering kurang lebih 20 hingga 25 menit. Jika dirasa sudah kering, bilas dengan menggunakan air bersih

5. Stroberi dan yogurt

 Cara detoks wajah pakai bahan alami Berbagai sumber

foto: Freepik/racool_studio

Jika sebelumnya stroberi dicampur dengan madu, kali ini masker stroberi yang dicampur dengan yogurt. Stroberi dan yogurt memberikan manfaat bagi wajah seperti mengecilkan pori-pori, wajah tampak cerah dan segar, bahkan bisa membersihkan wajah dari berbagai kotoran.

Bagi kamu yang ingin menggunakan masker dari stroberi dan yogurt untuk detoks wajah, caranya mudah. Sediakan 5 sampai 6 buah stroberi, 1 sdt yogurt, dan 1 sdt air lemon. Sebelumnya stroberi harus dihaluskan terlebih dahulu.

Jika sudah halus, campurkan semua bahan menjadi satu di dalam wajah. Aduk hingga rata dan oleskan ke wajah. Diamkan kurang lebih 15 hingga 20 menit sampai mengering. Setelah itu bilas dengan menggunakan air dingin.

6. Anggur dan soda kue

 Cara detoks wajah pakai bahan alami Berbagai sumber

foto: Pixabay/couleur

Bahan selanjutnya yang bisa digunakan untuk detoks wajah secara alami yakni anggur dan soda kue. Anggur dan soda kue dapat membantu mengatasi kulit berminyak.

Caranya, sediakan 4 sampai 5 buah anggur tanpa biji, 1 sdt tepung, dan 1 sdt soda kue. Campurkan tepung, soda kue, dan anggur tanpa biji (sudah dihaluskan) hingga berbentuk seperti pasta.

Setelah itu oleskan ke wajah hingga merata. Diamkan kurang lebih 15 menit dan bilas dengan air biasa

7. Alpukat dan lemon

 Cara detoks wajah pakai bahan alami Berbagai sumber

foto: Pixabay/jmexclusives

Alpukat dan lemon memiliki berbagai kandungan yang bagus untuk kulit. Salah kandungan dari alpukat ini yakni asam lemak sehat dan lipid yang membantu menjaga kelembapan kulit dan membuat wajah menjadi lembut. Sedangkan fungsi lemon yang bisa menjadi exfoliator juga membantu kulit menjadi lembut bahkan cerah.

Cara untuk menjadikan alpukat dan lemon sebagai detoks wajah secara alami tak ribet. Sediakan 1 buah alpukat dan 1 buah lemon. Haluskan alpukat terlebih dahulu.

Lalu campurkan alpukat dengan perasan buah lemon dan aduk hingga memiliki tekstur seperti pasta. Kemudian oleskan secara merata ke wajah dan diamkan kurang lebih 20 menit. Setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat.

(brl/lea)

Related News

(brl/lea)