Brilio.net - Masker kopi kini sudah menjadi tren di kalangan masyarakat untuk mempercantik kulit wajah. Tak heran memang, kopi selain dikenal sebagai minuman yang bisa bikin melek, juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kecantikan kulit.

Manfaatnya yang luar biasa kerap dijadikan bahan dasar untuk pembuatan produk kecantikan. Kopi dimanfaatkan untuk merawat kecantikan kulit dan hadir dalam berbagai bentuk produk kecantikan seperti krim, masker hingga lotion.

Cara membuat masker kopi dan yogurt freepik.com

foto: freepik.com

Loading...

Oleh karenanya, kopi bisa menjadi alternatif perawatan kulit, karena antioksidan pada kopi mampu melawan radikal bebas penyebab kerusakan kulit. Kopi juga menyimpan nutrisi lainnya seperti karbohidrat, glikosida, mineral, asam amino, protein, kafein, asam karboksilat, trigonelline dan asam klorogenat.

Ada beberapa jenis bahan alami lainnya yang bisa kamu campurkan dengan kopi, misalnya lidah buaya, jeruk nipis, lemon, dan masih banyak lainnya. Kali ini kamu harus coba untuk mencampurkan kopi dengan yogurt.

Cara membuat masker kopi dan yogurt freepik.com

foto: freepik.com

Yogurt sendiri dipercaya bisa menjaga kesehatan kulit, manfaat dari penggunaan masker yogurt, yakni mencerahkan kulit, mengangkat sel kulit mati, membantu menghilangkan jerawat, melembapkan wajah, melindungi dari sinar UV, dan masih banyak lainnya lagi.

Kamu yang ingin membuat masker wajah dari campuran kopi dan yogurt, caranya muda banget. Berikut caranya seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (15/1).

1. Campurkan setengah gelas kopi dengan 5 sendok yogurt dan air secukupnya 2
2. Aduk hingga menjadi pasta
3. Oleskan ke bagian wajah dan tubuh dengan gerakan melingkar yang lembut
4. Diamkan selama 15-30 menit
5. Bilas dengan air hangat dan keringkan.

Cara membuat masker dari yogurt.

1. Yoghurt, madu, dan alpukat.

Masker ini sangat cocok untuk kulit kering, karena dapat melembabkan dan menghidrasi kulit wajah. Selain itu, ramuan masker ini juga dapat membuat kulitmu terasa lebih halus, lembut dan kenyal.

Bahan:
- 2 sdm yogurt
- 1 sdm madu organik
- 1 sdm alpukat tumbuk
- 1 sdm oatmeal matang

Cara pakai:
Haluskan semua bahan untuk membentuk pasta yang halus. Oleskan di wajah dan biarkan pasta bertahan selama sekitar 10-15 menit. Hapus masker wajah dengan waslap yang lembut dan lembap.

2. Yogurt, mentimun, dan lidah buaya.

Masker ini diramu untuk kulit yang teriritasi. Kulit yang memerah dan meradang karena infeksi, sengatan matahari atau sebab lainnya, dapat diatasi dengan masker yogurt ini. Selain itu, masker yogurt juga dapat menenangkan kulit yang teriritasi.

Bahan:
- 1/4 cangkir yogurt tawar/plain
- 1/4 cangkir mentimun kupas, cincang
- 1 sdm gel lidah buaya
- 1 sdm madu
- beberapa tetes minyak chamomile

Cara pakai:
Haluskan semua bahan menjadi satu, sampai membentuk pasta yang halus. Jika pasta encer, saring melalui kain katun tipis, sampai konsistensinya pas. Oleskan masker wajah pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 10 hingga 15 menit. Cuci dengan air dingin.

3. Yogurt, madu, dan lemon.

Perpaduan yogurt dengan madu dan lemon pada masker ini dapat digunakan untuk mengatasi kulit yang berjerawat. Jerawat terutama disebabkan oleh produksi sebum berlebihan yang memungkinkan bakteri penyebab jerawat berkembang biak. Masker ini dapat mengurangi jumlah sebum di wajah, sekaligus dapat menyingkirkan bakteri.

Bahan:
- 1 sdm yogurt
- 1 sdm madu
- 1 sdt jus lemon segar
- 1 sdt bubuk kunyit

Cara pakai:
Campur semua bahan dengan baik. Oleskan masker pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 10-15 menit. Cuci dengan air hangat menggunakan handuk lembut untuk mengeringkannya.

4. Yogurt, kacang lentil merah, dan kulit jeruk.

Masker ini berfungsi untuk membuat wajah glowing bercahaya secara alami. Selain itu, kulitmu juga akan tampak sehat dan lembab karena memakai ramuan masker ini.

Bahan:
- yogurt
- kacang lentil merah muda
- kulit jeruk

Cara pakai:
Giling kacang lentil dengan kulit jeruk sampai membentuk pasta. Campurkan ke dalam yogurt, aduk rata. Haluskan dengan baik dan aplikasikan pada wajah. Biarkan selama 15 menit sebelum mencucinya dengan air hangat.

5. Yogurt, cokelat, dan madu.

Perpaduan yogurt, cokelat dan madu dapat membantu mencerahkan kulit yang kusam. Kulit kusam terjadi akibat polusi dan kelelahan. Dengan menggunakan masker ini, kulit akan terlihat lebih segar, cerah dan sehat.

Bahan:
- 4 sdm yogurt
- 1 sdm bubuk kakao
- 1 sdm madu

Cara pakai:
Campurkan semua bahan, aduk rata hingga membentuk pasta. Oleskan masker ke wajah dan diamkan selama 20 menit. Bilas dengan air hangat.

6. Yogurt dan oat.

Yogurt, jika dikombinasikan dengan bahan lain seperti oat, bisa membuat pengelupasan lembut untuk menghilangkan sel kulit mati. Selain itu, masker Ini juga membantu menutrisi kulit agar lebih sehat.

Bahan:
- 2 sdm yogurt
- 1 sdm oat

Cara pakai:
Campur kedua bahan dalam sebuah wadah. Oles dan pijatkan halus ke wajah dengan gerakan melingkar supaya sel-sel kulit mati dapat terangkat. Bilas dengan air hangat.

7. Yogurt, stroberi, dan madu.

Perpaduan yogurt, stroberi dan madu sebagai masker wajah, dapat berfungsi untuk mencerahkan kulit, mengobati jerawat dengan menghilangkan bakteri pada wajah sekaligus memberi kelembaban alami pada wajah.

Bahan:
- 2 buah stroberi
- 1 sdt madu
- 1 sdt yogurt

Cara pakai:
Haluskan stroberi, kemudian campur dengan madu dan yogurt. Oleskan masker pada wajah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Biarkan masker mengering hingga 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

8. Yogurt, alpukat, dan minyak zaitun.

Masker ini berfungsi untuk menutrisi kulit. Selain itu, kulit juga menjadi lembab dan terhidrasi oleh kandungan bahan dari masker ini.

Bahan:
- 1 sdt minyak zaitun
- 1 sdt yogurt
- 1/4 buah alpukat yang dihaluskan

Cara pakai:
Campurkan alpukat yang telah dihaluskan ke dalam yogurt dan minyak zaitun. Aduk rata hingga membentuk pasta halus. Oleskan pada wajah, diamkan selama 15 menit. Basuh wajah dengan air hangat sambil memijat wajah dengan halus.


9. Yogurt, madu, dan air mawar.

Kandungan madu dan air mawar yang dipadukan dengan yogurt dapat mengurangi peradangan pada kulit sehingga dapat menyembuhkan luka jerawat, sekaligus menghilangkan minyak dan kotoran pada wajah. Selain itu, masker ini juga dapat menyeimbangkan pH kulit sehingga dapat menghidrasi dan memberi kelembaban alami pada kulit.

Bahan:
- 2 sdm air mawar
- 1 sdm yogurt
- 1 sdt madu

Cara pakai:
Campur ketiga bahan dalam satu wadah, aduk rata hingga membentuk pasta halus. Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Biarkan masker mengering hingga 10 menit. Bilas dengan air hangat, kemudian bilas lagi dengan air dingin supaya pori-pori kembali menutup.

10. Yogurt dan teh hijau.

Masker ini dapat digunakan untuk kulit sensitif atau teriritasi. Kandungan yogurt dan teh hijau dipercaya dapat mengurangi kemerahan pada wajah, menghidrasi kulit serta menutrisi kulit.

Bahan:
- 1,5 oat
- 1 sdm cuka apel
- 2 sdm yogurt
- 1 sdt madu
- 2 sdm teh hijau

Cara pakai:
Campur semua bahan dengan takaran yang pas, oleskan pada wajah yang telah dibersihkan. Diamkan masker pada wajah, sekitar 15 menit, bilas dengan air hangat.

Related News