Brilio.net - Produk kecantikan kini semakin beragam. Hal ini tentunya tak lepas dari tingkat keinginan pasar yang begitu besar. Beragam brand kosmetik yang mengusung konsep organik banyak bermunculan dan mengklaim bahwa produk mereka lebih aman untuk kulit serta lingkungan.


Tak hanya itu saja, masing-masing produk kecantikan pun hadir dengan keunggulan yang luar biasa, bebas dari penggunaan bahan kimia, seperti zat pewarna, zat pengawet, serta parfum sehingga meminimalkan reaksi alergi atau iritasi pada kulit.


Di tengah banyaknya gempuran brand kosmetik, terkadang orang bingung harus memilih yang mana. Karen hampir semua memiliki keunggulan yang sama. Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, ini akan menjadi sangat sulit dan membingungkan.


Nah daripada kamu mencoba-coba dan akhirnya berisiko tinggi terhadap kulit, ada baiknya menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi masalah wajah. Salah satu bahan alami yang sudah cukup terkenal adalah kopi.

Loading...


Tak hanya sebagai minuman yang nikmat saja, kopi juga bisa menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Manfaat masker kopi ini didapat berkat kandungan antioksidannya yang kuat. Antioksidan fenol pada kopi membantu menjaga kulit dari kerusakan.

Cara membuat masker dari kopi dan air mawar Instagram

foto: freepik.com


Kamu bisa menambahkan air mawar sebagai pelengkap untuk menyempurnakan hasilnya. Air mawar juga diketahui memiliki efek antibakteri, antiseptik, dan antivirus, serta mampu mengurangi peradangan, meredakan nyeri, dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Cara membuat masker dari kopi dan air mawar Instagram

foto: freepik.com


Buat kamu yang ingin membuatnya sendiri di rumah, caranya gampang banget. Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (7/1).

1. Campurkan bubuk kopi dengan air mawar, aduk rata di dalam wadah

2. Lalu oleskan campuran kopi dan air mawar pada wajah yang sudah dibersihkan

3. Pijat ringan dengan gerakan melingkar

4. Diamkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air hangat.


Cara memutihkan wajah secara alami

1. Jeruk nipis.

Terdengar tak biasa? Kamu harus tahu, bahwa jeruk nipis mengandung vitamin C yang mampu menangkal radikal bebas. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang hingga ratusan ribu atau juta untuk perawatan wajahmu. Cukup dengan jeruk nipis saja, yang bisa kamu gunakan 2-3 kali dalam satu minggu.

Namun, bagi kamu pemilik kulit sensitif, ada yang perlu diperhatikan. Berhenti menggunakannya jika kulit mengalami iritasi. Jika kamu ingin mencobanya, kamu bisa mengikuti caranya sebagai berikut:

a. Belah jeruk menjadi dua bagian.

b. Oleskan pada wajah secara merata.

c. Diamkan selama 30 menit, sampai terasa benar-benar mengering.

d. Tahap terakhirnya adalah membasuh muka atau membilas wajah hingga bersih.


2. Cuka apel.

Cuka apel memang terkenal dengan keasamannya. Justru ini baik untuk regenerasi kulit, serta bisa mengangkat sel kulit mati. Selain itu, cuka apel dikenal bisa mengatasi minyak yang berlebih pada kulit wajah. Kamu bisa menggunakannya dengan mengikuti cara berikut ini:

a. Campurkan satu sendok makan cuka apel dengan segelas air.

b. Celupkan kapas pada cairan tersebut.

c. Kemudian oleskan pada wajahmu secara merata.


3. Daun jambu biji.

Tahukah kamu, daun biji jambu memiliki kemampuan menghilangkan bintik hitam pada kulit? Daun jambu biji mengandung sifat pengencang dan antibakteri.

Fungsi daun jambu untuk kulit sangat bagus. Daun jambu bisa mengatasi gatal dan kemerahan pada kulit. Kamu bisa menggunakannya jika kamu mengalami masalah tersebut pada wajahmu. Berikut caranya:

a. Pilihlah daun jambu yang sudah kering, lalu tumbuk hingga halus.

b. Campurkan ke dalam air dan aduk secara merata, hingga campuran tersebut seperti bubur.

c. Kemudian kamu bisa oleskan daun jambu biji ke area kulitmu yang bermasalah.


4. Kunyit.

Kunyit merupakan salah satu zat pencerah kulit yang populer. Tak hanya memutihkan lho, kunyit juga mampu menghilangkan flek hitam pada wajah. Kunyit juga memiliki kemampuan memperbaiki kerusakan kulit akibat radikal bebas dan mengurangi pigmentasi kulit.

Kamu mau mencoba? Berikut caranya:

a. Sediakan dua sendok kunyit, tambahkan sedikit susu dan perasan air jeruk lemon.

b. Oleskan pada area kulit yang mengalami masalah.

c. Diamkan beberapa menit, kemudian basuh wajahmu hingga bersih.


5. Soda kue.

Wajah yang terdapat flek hitam atau bekas jerawat terasa begitu menyebalkan bukan? Sekarang kamu bisa menggunakan soda kue untuk mengatasinya. Memang tidak bisa hilang begitu saja, namun cukup membantu dan butuh beberapa kali tahapan. Cara menggunakannya sebagai berikut:

a. Campur soda kue dengan sedikit air, hingga tampak kental seperti masker.

b. Oleskan masker soda kue tersebut ke wajahmu secara merata, kecuali bagian mata dan bibir.

c. Diamkan selama 10 menit dan kemudian bilas dengan air.


6. Pepaya.

Pepaya dikenal dapat mencerahkan kulit serta menghilangkan flek hitam. Sifat pembersihannya mampu membantu membersihkan kulit dari kotoran dan bahkan melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Berikut cara penggunaannya:

a. Hancurkan buah pepaya hingga menjadi bubur.

b. Oleskan buah pepaya yang telah hancur tersebut ke wajahmu dan tunggu hingga 20 menit.

c. Kamu bisa menggunakannya 3-4 kali seminggu.


7. Kayu cendana.

Jika mengalami kondisi wajah berjerawat, kamu bisa menggunakan kayu cendana untuk mengatasinya. Kandungan minyak yang terdapat pada kayu cendana bisa membantu membersihkan flek hitam secara alami. Berikut cara penggunaannya:

a. Siapkan 1 sendok makan kayu cendana, 1 sendok makan gliserin, dan 3 sendok makan air mawar (selain air mawar, kamu bisa menggunakan susu atau madu).

b. Oleskan masker tersebut pada area wajah dan biarkan beberapa menit.

c. Kemudian cuci muka hingga bersih dengan air hangat.


8. Jeruk lemon.

Jeruk dikenal kaya antioksidan dan vitamin C. Jeruk lemon mengandung asam alpha hidroksi yang mampu menangkal radikal bebas pada kulit.

Jika kamu mengalami kulit bermasalah, kamu bisa gunakan lemon untuk mengatasinya. Usai menggunakannya, kamu bisa rasakan sendiri kulit menjadi lebih segar dan ringan. Cara penggunaannya:

a. Oleskan perasan lemon pada wajah.

b. Diamkan selama 15 menit.

c. Kemudian bilas wajah hingga bersih.


9. Buah pisang.

Pisang mengandung vitamin C. Hal ini bisa membantu mencerahkan kulit wajahmu. Berikut cara penggunaannya:

a. Haluskan 1 buah pisang hingga menjadi lembut.

b. Tambahkan 1 sendok makan madu.

c. Campur hingga rata dan oleskan pada wajah.

d. Diamkan selama 20 menit dan kemudian bilas hingga bersih.


10. Alpukat.

Alpukat mengandung karotenoid antioksidan, vitamin E dan C. Alpukat sangat baik untuk mengatasi kulit kering dan keriput.

Vitamin E yang terdapat dalam alpukat membantu mencegah penuaan dini, sedangkan vitamin C membantu kulit agar tetap kenyal.

Untuk mendapatkan kulit sempurna, berikut ini cara penggunaannya:

a. Haluskan alpukat hingga lembut.

b. Oleskan pada wajah secara merata layaknya masker.

c. Diamkan selama 25 menit dan kemudian basuh dengan air hingga bersih.

Related News