1. HOME
  2. »
  3. Tips
6 Cara perawatan kecantikan tradisional yang terbukti ampuh

Indonesia memang kaya dengan rempah-rempah yang menunjang perawatan kecantikan tradisional.

 

, 01 Maret 2019 08:32

Brilio.net - Indonesia memiliki kekayaan alam berupa rempah-rempah. Rempah-rempah ini bukan hanya digunakan sebagai bumbu untuk memasak saja, namun juga memiliki khasiat untuk obat tradisional. Bukan hanya itu saja, rempah-rempah ini bisa digunakan untuk bahan kecantikan.

Sejak zaman dahulu memang ada berbagai macam metode perawatan kecantikan. Bahan-bahan alami yang terkandung di dalamnya sudah terbukti bisa membantu mengatasi berbagai masalah kulit tanpa efek samping berbahaya.

Seiring dengan perkembangan teknologi, berdampak juga pada perkembangan metode kecantikan. Negara maju seperti Jepang, Amerika Serikat dan negara-negara Eropa adalah beberapa negara yang terkenal dengan kemajuan teknologi untuk kecantikan.

Walau tidak secanggih orang di negara maju yang perawatannya serba cepat dan praktis, Indonesia ternyata perawatan tradisional ini kerap digemari anak muda. Mengapa? Karena efeknya terbukti jauh lebih bagus dan hasilnya bersifat permanen. Berikut ini perawatan kecantikan tradisional yang masih digemari hingga sekarang.

 

1. Rutin minum jamu tradisional.

6 Cara perawatan kecantikan tradisional yang terbukti ampuh © 2019 brilio.net

foto : budayatradisional

Perawatan kecantikan tradisional kecantikan yang paling sederhana ialah dengan rutin minum jamu. Membuat kebiasaan rutin meminum jamu tradisional yang berasal dari rempah-rempah dapat membuat tubuh kita cantik alami dari dalam.

Kebiasaan minum jamu telah menjadi gaya hidup kecantikan tradisional putri keraton Jawa ini masih mendarah daging bagi masyarakat biasa hingga saat ini. Salah satu resep kecantikan tradisional ini ialah minuman yang berbaan dasar cengkeh, kunir, kunyit, asam dan gula batu. Jamu ini dipercaya dpaat mencerahkan kulit wajah, menghilangkan jerawat dan dapat menghambat penuaan.


2. Ratus.

6 Cara perawatan kecantikan tradisional yang terbukti ampuh © 2019 brilio.net

foto : budayatradisional

Kalau bahasa dari luar menyebutnya sebagai sauna. Ratus dulunya ini perawatan rahasia milik Ken Dedes. Ratus merupakan metode penguapan tubuh seperti sauna yang menggunakan campuran herbal seperti kemenyan, cendana, dan klobot yang dikeringkan kemudian direbus dalam air panas. Air rebusan inilah yang nantinya akan digunakan sebagai perawatan organ kewanitaan.

Metode perawatan kecantikan ini percaya dapat bekerja menyerap lendir yang dapat menyebabkan keputihan. Ratus juga dapaat mengharumkan sampai ke bagian dalam tubuh serta terbukti memperlancar aliran darah. Tak hanya airnya saja, uap ratus biasa digunakan untuk membuka pori-pori yang tersumbat sehingga membersihkan wajah dari kotoran.


3. Batimung.

6 Cara perawatan kecantikan tradisional yang terbukti ampuh © 2019 brilio.net

foto : budayatradisional

Batimung merupakan sauna tradisional asal Banjar, Kalimantan Selatan. Racikan ramuan yang terdiri dari campuran minyak serai, akar wangi, daun jeruk purut, temu giring, melati, kenanga dan pandan kemudian rebus dengan air di dalam panic tertutup dan jangan dibuka ketika belum siap digunakan.

Sembari menunggu air rebusan, kamu bisa membuat bedak dingin dari campuran ketan hitam dan melumurinya ke seluruh tubuh kemudian bungkus dengan kain tebal. Jika air rebusan sudah mendidih, duduklah dalam keadaan sudah tebungkus dengan kain tebal diatas air rebusan batimung. Khasiat batimung sama dengan ratus.


4. Boreh.

6 Cara perawatan kecantikan tradisional yang terbukti ampuh © 2019 brilio.net

foto : buletindewata

Boreh terbuat dari serai, cendana, jahe, cengkeh, pala, lengkuas, beras hitam, dan minyak kelapa. Semua bahan tersebut dihaluskan dan dibalur seperti lulur ke seluruh tubuh hingga setengah kering, baru dilap dengan kain basah hingga bersih.

Ramuan boreh bersifat menghangatkan sehingga kerap dijadikan treatment menghilangkan masuk angin, memperlancar peredaran darah dan menghilangkan pegal-pegal. Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan namun juga kecantikan. Ramuan ini bermanfaat untuk mencaerahkan wajah dan menganggkat sel-sel kulit mati.

 

5. Lulur.

6 Cara perawatan kecantikan tradisional yang terbukti ampuh © 2019 brilio.net

foto : dilulurke

Perawatan yang satu ini seolah bukan ha lasing lagi bagi kaum hawa. Sampai saat ini perawatan luluran masih menjamur di semua kalangan. Meskipun bahan lulur saat ini beragam, namun lulur aslinya ialah berbahan dasar kunyit yang mengandung antiseptik dan antibakteri untuk kulit membersihkan dan mengecilkan pori-pori hingga mengandung temu giring yang berfungsi mencerahkan kulit.

Setelah dihaluskan kemudian dibalur, lulur didiamkan hingga kering dan berkerak lalu dibasuh dengan air hngat. Jika rajin melakukan treatment ini, kulit jadi berkilau dan bercahaya.

 

6. Oukup.

6 Cara perawatan kecantikan tradisional yang terbukti ampuh © 2019 brilio.net

foto: liputan6.com

Jenis sauna yang biasa dilakukan oleh masyarakat Batak Toba dan Karo ini memang tak banyak diketahui orang awam. Oukup sering dilakukan oleh wanita asal Batak untuk membersihkan tubuh setelah melahirkan. Selain membersihkan tubuh, Oukup berguna untuk melancarkan peredaran darah serta menghilangkan lemak dan bau badan.

(mgg/chatarina lia)

Related News

(brl/lea)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

6 Cara perawatan kecantikan tradisional yang terbukti ampuh.
Indonesia memang kaya dengan rempah-rempah yang menunjang perawatan kecantikan tradisional.
https://brilistyle.brilio.net/tips/6-cara-perawatan-kecantikan-tradisional-yang-terbukti-ampuh-190228d.html
SEND


Loading...

What Do You Think

Up Next: Evolusi tren makeup dari era 50-an hingga sekarang

Next
TOP