8 Urutan skincare pagi untuk remaja, jangan ada yang terlewat

8 Urutan skincare pagi untuk remaja, jangan ada yang terlewat

Brilio.net - Urutan skincare pagi untuk remaja bisa kamu terapkan setiap hari. Saat usia remaja, kebanyakan perempuan maupun laki-laki cuek terhadap penampilan terutama urusan wajah. Padahal, wajah bagian yang penting untuk dilakukan perawatan untuk tetap memiliki kulit sehat dan terawat.

Saat remaja, pasti mengalami perubahan hormon. Perubahan hormon itu membuat kulit memproduksi minyak berlebih yang menyebabkan, jerawat, dan pori-pori membesar.

Masalah kulit tersebut harus segera diatasi, sebab bila dibiarkan akan semakin memburuk. Bahkan, juga akan terbawa hingga dewasa dan kondisi kulit akan semakin memburuk.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan rutin menggunakan skincare. Skincare memiliki banyak manfaat untuk kulit. Selain mengatasi berbagai masalah di wajah, skincare juga dapat memberi nutrisi pada kulit, sehingga lebih sehat dan terawat.

Skincare sendiri harus dilakukan secara rutin saat pagi dan malam hari. Pada pagi hari, skincare memiliki manfaat untuk melindungi kulit dari radikal bebas. Sebab, kamu banyak melakukan aktivitas di luar ruangan.

Sementara itu, skincare malam berfungsi untuk memperbaiki kondisi kulit yang banyak terpapar radikal bebas saat siang hari. Kulit pun akan lebih tenang saat malam hari dan lebih segar keesokan harinya.

Tak hanya itu, penggunaan skincare juga sebagai investasi untuk wajah 10 tahun ke depan. Sebab, beberapa kandungan di dalamnya dapat menjaga kulit tetap sehat dan mencegah munculnya penuaan. Kulit pun akan terlihat tetap sehat dan awet muda.

Langkah awal skincare untuk remaja pemula cukup menggunakan pembersih wajah, pelembap, dan sunscreen. Namun ketika sudah terbiasa, kamu bisa rutin menambahkan rangkaian skincare dengan toner, serum, dan masker wajah. Rangkaian skincare tersebut menambah lengkap efektivitas skincare, sehingga hasilnya lebih optimal.

Lantas apa saja yah urutan skincare pagi untuk remaja? Berikut ulasannya seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (8/3).

1. Pembersih wajah

Urutan skincare pagi untuk remaja

foto: Freepik/wayhomestudio

Urutan skincare pagi untuk remaja yang pertama adalah melakukan pembersihan pada wajah. Pembersihan pada wajah ini dilakukan untuk mengangkat kotoran dan sisa skincare yang sudah digunakan pada malam hari.

Produk pembersih wajah ada beberapa jenis, bagi kamu yang memiliki kulit kering, bisa menggunakan pembersih wajah dengan bahan dasar minyak. Sedangkan, untuk kulit berminyak bisa menggunakan foam dengan busa yang banyak sehingga bisa membantu menyerap minyak di wajah.

2. Toner

Urutan skincare pagi untuk remaja

foto: Freepik/lookstudio

Setelah wajah bersih, kamu bisa gunakan toner. Toner ini memiliki fungsi untuk mengangkat sisa kotoran yang masih menempel di kulit wajah. Biasanya toner ini dapat mengangkat kotoran di wajah hingga ke pori-pori terdalam, sehingga pori-pori bersih dan terhindar dari masalah jerawat dan kulit kusam. Kandungan di dalam toner juga dapat membuat wajah terasa lebih segar, lembap dan halus.

3. Masker wajah

Urutan skincare pagi untuk remaja

foto: Freepik.com

Setelah wajah bersih, kamu bisa lho menggunakan masker. Masker wajah yang kamu gunakan ini cukup memakai produk sheet mask. Pada sheet mask terkandungan cairan essence yang dapat memberi nutrisi pada kulit.

Pilih sheet mask yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu. Cukup gunakan sheet mask selama 10 menit hingga setengah kering, kemudian usapkan ke wajah sambil diberi pijatan lembut. Diamkan selama lima menit lalu lanjutkan dengan penggunaan skincare lainnya.

4. Serum

Urutan skincare pagi untuk remaja

foto: Freepik.com

Setelah wajah bersih dan essence sudah meresap, kamu bisa menambahkan produk serum. Serum ini memiliki konsentrat yang tinggi, sehingga bagus untuk mengatasi masalah kulit. Serum juga memiliki tekstur yang cair, sehingga mudah meresap ke dalam kulit dan manfaat serum ini akan cepat terasa.

Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan serum, seperti mencerahkan wajah, melembapkan, mengatasi jerawat, dan lainnya. Serum juga memiliki jenis peeling yang dapat menghilangkan noda hitam dan membersihkan wajah secara menyeluruh dengan cara kerja menggunakan chemical peeling. Penggunaan serum dilakukan secara rutin saat pagi dan malam hari agar hasilnya maksimal.

5. Pelembap

Urutan skincare pagi untuk remaja

foto: Freepik/pressfoto

Pelembap wajah penting digunakan untuk menjaga dan menutrisi kulit. Kalau serum melindungi kulit dari dalam, sementara pelembap dari permukaan kulit.

Double perlindungan itu sangat bagus untuk tetap membuat kulit tetap sehat. Karenanya, penggunaan pelembap harus dibarengi dengan serum agar hasilnya lebih efektif.

6. Sunscreen

Urutan skincare pagi untuk remaja

foto: Freepik.com

Memasuki usia remaja pasti selalu ingin melakukan eksplorasi terhadap lingkungan. Tak heran kebanyakan remaja melakukan aktivitas di luar ruangan. Sebaiknya, sebelum keluar rumah gunakan sunscreen atau tabir surya.

Produk tersebut memiliki manfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan juga radikal bebas. Sunscreen memiliki beberapa jenis SPF, kamu bisa gunakan SPF minimal 30. Oleskan secara menyeluruh ke wajah, bila lebih banyak beraktivitas di luar ruangan, kamu bisa reapply setiap tiga jam sekali untuk memberi perlindungan pada kulit secara maksimal.

7. Lip balm

Urutan skincare pagi untuk remaja

foto: Freepik/rawpixel.com

Hal yang tak boleh dilewatkan juga adalah penggunaan lip balm atau pelembap bibir. Produk tersebut memiliki manfaat untuk menjaga kelembapan bibir akan tetap terhidrasi. Beberapa kandungan lip balm juga memiliki proteksi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, sehingga tidak membuat bibir menjadi kering, pecah-pecah, dan muncul bintik hitam.

8. Lip cream

Urutan skincare pagi untuk remaja

foto: Shopee/Purbasari Official Shop

Urutan skincare pagi untuk remaja ditutup dengan penggunaan lip cream. Lip cream ini memiliki manfaat untuk memberi kelembapan ekstra. Selain itu, juga varian warna pada lip cream dapat menambah penampilan wajah kamu semakin menawan.

Beberapa produk lip cream terjual di pasaran. Salah satunya adalah Britney Dreamy Matte Lip Cream dari produk Purbasari. Produk ini memiliki 6 pilihan warna, mulai dari nude, pink, merah, ungu, dan coral yang bisa kamu sesuaikan dengan kepribadianmu.

Tak hanya memberi efek warna, lip cream ini memiliki kandungan argan oil dan vitamin C yang dapat menutrisi dan melembapkan bibir. Produk ini dibanderol dengan harga Rp 19.500.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES