9 Urutan skincare pemula, simple anti ribet

9 Urutan skincare pemula, simple anti ribet

Brilio.net - Skincare salah satu perawatan kecantikan yang hingga saat ini digandrungi oleh kaum hawa. Mengambil tren dari Korea Selatan, para beauty enthusiast di beberapa negara ini menginginkan memiliki kulit sehat dan putih bak artis Idol K-Pop.

Namun urutan skincare Korea sangat banyak dan tak jarang membuat para wanita kebingungan. Apalagi para remaja yang ingin mencoba urutan skincare pemula.

Dilansir dari Arizonaderm, saat ini ada cara mudah untuk kamu yang ingin mencoba menggunakan skincare tanpa ribet. Kamu tak perlu harus menggunakan toner, serum, dan eye cream. Bagi pemula, kamu cukup menggunakan skincare paling mudah dan sederhana.

Kamu bisa memulai langkah awal untuk melakukan pembersih wajah, pelembap, dan sunscreen. Ketiga produk ini sebenarnya yang jadi inti saat menggunakan skincare. Namun kamu tetap bisa menambahkan produk lain yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulit kamu. Misalnya menggunakan obat jerawat atau penghilang flek hitam, dan lainnya.

Namun langkah awal saat ingin menggunakan urutan skincare pemula, kamu bisa melihat jenis kulit kamu terlebih dahulu. Sebab, setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda dan mempengaruhi skincare yang digunakan.

Dilansir dari Mayoclinic, salah satu cara menentukan jenis kulit adalah dengan mengamati kulit kamu setiap hari. Apakah kulit kamu berminyak, berjerawat, kusam, atau kombinasi. Setelah kamu mengetahui, selanjutnya kamu bisa memiliki produk skincare untuk masalah kulit kamu.

Kali ini, brilio.net merangkum urutan skincare pemula yang mudah dan tidak ribet. Apa saja yah? Berikut ulasannya seperti dilansir dari berbagai sumber, Jumat (21/1).

Skincare pagi hari

1. Face wash.

Urutan skincare pemula

foto: Freepik/pvproductions

Saat akan memulai hari, kamu bisa melakukan urutan skincare pemula dengan face wash atau pembersih wajah. Pembersih wajah ini bertujuan untuk mengangkat kotoran, minyak, dan bakteri yang menempel di wajah. Dengan pembersih wajah, kulit akan terasa lebih segar. Beberapa pembersih wajah mengandung bahan aktif yang dapat memberi efek mencerahkan dan melembapkan kulit wajah.

Cara melakukannya, ambil secukupnya pembersih wajah sesuai dengan jenis kulit kamu. Setelah itu usapkan ke wajah hingga berbusa. Beri pijatan memutar. Setelah itu bilas dengan air bersih.

2. Pelembap.

Urutan skincare pemula

foto: Freepik/pressfoto

Setelah wajah bersih dan kering, kamu bisa langsung menggunakan day cream atau pelembap wajah. Pelembap ini bertujuan untuk membuat kulit kamu lembap dan terhidrasi setiap harinya. Pelembap wajah biasanya mengandung ceramide dan asam hialuronat yang dapat memberikan hidrasi sehat yang sehingga kulit menjadi lebih lembut, kenyal, dan awet muda.

Cara menggunakan pelembap ini sangat mudah, cukup aplikasikan ke wajah dan leher secara merata sebelum melakukan aktivitas.

3. Sunscreen.

Urutan skincare pemula

foto: Freepik/gpoinstudio

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan sunscreen. Sunscreen ini langkah penggunaan skincare yang tidak boleh dilewatkan, sebab sunscreen memiliki peran yang penting. Apalagi kamu yang memiliki aktivitas di luar ruangan, wajib menggunakan sunscreen untuk memberi perlindungan pada kulit dari paparan sinar matahari.

Ada beberapa dampak buruk yang bisa dialami kalau kamu melewatkan skincare ini, kulit akan kering, muncul flek hitam, kusam, hingga yang fatal bisa menyebabkan kanker kulit. Kamu bisa menggunakan skincare dengan kandungan SPF (Sun Protection Factor) minimal 35 agar kulit terlindungi maksimal.

Cara menggunakan sunscreen, tuangkan sebanyak dua ruas jari, kemudian aplikasikan ke wajah hingga leher. Kamu juga bisa menggunakan ke area mata dan bibir, sebab kedua bagian tersebut memiliki kulit yang sangat tipis dan membahayakan bila terpapar sinar matahari langsung. Kalau kamu lebih banyak menghabiskan waktu di luar ruangan, kamu bisa reapply sunscreen setiap dua sampai tiga jam sekali.

4. Lip balm.

Urutan skincare pemula

foto: Freepik/rawpixel.com

Pada urutan skincare pemula, kamu bisa menambahkan penggunaan lip balm. Kandungan nutrisi dan vitamin dalam lip balm bisa membuat bibir kamu lebih terhidrasi dan lembap. Selain itu juga bisa membantu mencerahkan warna bibir secara alami. Caranya oleskan ke bibir secara merata sebelum menggunakan lipstik.

Skincare malam hari

5. Pembersih makeup.

Urutan skincare pemula

foto: Freepik.com

Setelah seharian beraktivitas, pasti wajah terpapar debu dan polusi. Selain itu banyak makeup yang masih menempel di wajah. Kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan pembersih makeup. Pembersih makeup ini juga dapat membantu kamu menyegarkan wajah.

Caranya tuangkan pembersih wajah secukupnya ke kapas, kemudian usapkan secara merata dan pastikan tidak ada makeup yang tertinggal di wajah.

6. Face Wash.

Urutan skincare pemula

foto: Freepik/valuavitaly

Selanjutnya kamu bisa melakukan pembersih wajah dengan face wash. Pembersih wajah ini dilakukan untuk mengangkat kotoran yang tersisa pada wajah sehingga wajah lebih segar dan bersih.

Cara menggunakannya, ambil pembersih wajah secukupnya ke telapak tangan. Kemudian usapkan ke wajah dan leher secara merata dan bilas dengan air bersih.

7. Scrub.

Urutan skincare pemula

foto: Freepik/wayhomestudio

Kamu juga bisa melakukan scrubbing pada wajah. Scrubbing ini bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati di wajah. Kandungan asam alfa-hidroksi membantu mengangkat sel kulit mati dan merangsang sel kulit yang baru. Scrubbing juga bermanfaat untuk mencerahkan, melembapkan, dan melembutkan wajah.

Caranya, kamu bisa pilih scrubbing yang cocok untuk jenis kulit kamu. Setelah itu tuangkan secukupnya dan aplikasikan ke wajah secara merata. Butiran pada scrub ini membantu mengangkat sel kulit mati. Namun dalam tahap menggosok wajah, harus pelan. Karena bila terlalu kencang akan membuat wajah iritasi.

8. Masker.

Urutan skincare pemula

foto: Freepik/drobotdean

Setelah itu kamu bisa menggunakan masker. Masker ini bertujuan untuk menenangkan wajah kamu setelah melakukan scrubbing. Masker wajah juga memiliki manfaat untuk melembapkan.

Ada beberapa jenis masker, mulai dari face mask, cream, hingga clay mask yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Caranya aplikasikan ke wajah secara merata, diamkan 10 menit kemudian bilas dengan air biasa.

9. Krim malam.

Urutan skincare pemula

foto: Freepik/senivpetro

Urutan skincare pemula ditutup dengan penggunaan night cream atau krim malam. Krim malam ini selain berguna untuk melembapkan, juga bisa memperbaiki kondisi kulit yang seharian sudah terkena bahan kimia dan juga paparan sinar matahari.

Cara menggunakannya, aplikasikan ke wajah secara merata ke wajah dan leher. Kemudian diamkan hingga meresap.

(brl/tin)

tags

Advertising
Advertising
STORIES