Brilio.net - Pisang merupakan salah satu buah yang paling banyak disukai masyarakat. Pisang memiliki rasa yang enak, mudah ditemukan di mana saja, serta harganya relatif terjangkau.

Tak hanya disukai banyak orang, ternyata pisang juga memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh. Beberapa manfaat pisang bagi tubuh di antaranya dapat menurunkan berat badan, meningkatkan imun, serta memperlancar metabolisme tubuh.

Ternyata, tak hanya pisang saja yang bermanfaat bagi tubuh, kulit pisang pun memiliki segudang manfaat. Bahkan, kulit pisang juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan.


Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (15/6), inilah manfaat kulit pisang untuk kecantikan.

Loading...

1. Mempercantik rambut.

kulit pisang untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Melansir healthline.com, kulit pisang yang kaya akan antioksidan dapat membuat rambut menjadi terlindungi dari radikal bebas. Apabila rambut terus-menerus terpapar radikal bebas seperti polusi, maka akan membuat rambut menjadi kusam hingga bercabang.

Akan tetapi, hal tersebut dapat diatasi dengan cara menggunakan kulit pisang sebagai masker rambut. Dengan masker pisang, maka rambut akan terasa lembut dan terlihat berkilau.

2. Dapat memutihkan gigi.

kulit pisang untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Dikutip dari healthline.com, kulit pisang memiliki sifat antibakteri yang menjadi penyebab sakit gigi seperti gingivitis dan periodontitis.

Tak hanya bersifat antibakteri, para peneliti pun menyebutkan bahwa pisang juga dapat memutihkan gigi secara alami. Peneliti menyarankan untuk menggosokkan kulit pisang pada gigi setiap hari dalam seminggu, sehingga gigi dapat terlihat lebih putih alami.

3. Melembapkan kulit.

kulit pisang untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Meskipun masih memerlukan lebih banyak penelitian, kulit pisang dianggap dapat melembapkan kulit pada pemilik kulit kering. Efek melembapkan kulit ini didapatkan dari vitamin B6 dan potasium.

4. Mencerahkan kulit wajah.

kulit pisang untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Mengutip healthline.com, kulit pisang yang kaya akan antioksidan dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Dengan kandungan antioksidan, kulit dapat menjadi lebih ternutrisi, sehat, dan cerah alami.

5. Mengatasi jerawat.

kulit pisang untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Walaupun tidak seampuh tea tree oil, benzoil peroksida, atau asam salisilat, kulit pisang tetap dipercaya dapat mengatasi jerawat.

Melansir healthline.com, vitamin A pada kulit pisang dapat mengurangi kulit yang meradang akibat jerawat. Bahkan, studi menyebutkan bahwa vitamin A dan C juga dapat mengatasi hiperpigmentasi pada kulit akibat jerawat.

6. Melindungi kulit dari sinar matahari.

kulit pisang untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Mengutip healthline.com, pisang yang kaya akan antioksidan, vitamin A, C, dan E dapat menyehatkan kulit. Selain itu, dengan kandungan tersebut, kulit pisang dapat memperbaiki skin barrier, sehingga kulit memiliki kemampuan alami untuk mencegah efek buruk dari sinar matahari.

Meskipun kulit pisang baik untuk menangkal efek buruk sinar matahari, sunscreen tetap harus digunakan sebagai langkah efektif mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari.

7. Mencegah kerutan wajah.

kulit pisang untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan banyak kolagen sehingga menyebabkan kulit menjadi lebih kendur, memunculkan garis halus pada wajah, hingga muncul kerutan.

Mengutip healthline.com, masalah penuaan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya dapat diatasi dengan memanfaatkan kulit pisang sebagai masker wajah. Para peneliti menganggap bahwa kulit pisang dapat meningkatkan produksi kolagen dan dapat mencegah munculnya kerutan wajah.

Dikutip dari Doctor NDTV, selain dijadikan masker wajah, kulit pisang juga bisa digunakan secara langsung. Caranya adalah menggosokkan bagian dalam kulit pisang pada bagian kulit wajah yang membutuhkan.

8. Mengatasi alergi.

kulit pisang untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Berdasarkan jurnal A Review on Multiple Uses of Banana Peel dari Sree Siddaganga College of Pharmacy, Tumkur, India, kulit pisang dapat mengatasi alergi dan iritasi. Kulit pisang dapat menangani masalah tersebut karena kaya akan senyawa fitokimia, serta bersifat antijamur dan antibiotik yang baik untuk mengobati alergi dan iritasi.

Related News