Brilio.net - Siapa yang tak kenal madu? Bahan makanan yang satu ini memiliki rasa manis yang khas, serta dikenal mengandung beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan zat dalam madu yang bermanfaat bagi kesehatan di antaranya antioksidan, protein, vitamin C, dan mineral. Beberapa manfaat dari madu bagi kesehatan antara lain mengontrol tekanan darah, menjaga kadar kolesterol, dan baik bagi kesehatan jantung.

Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, madu juga memiliki beragam manfaat bagi kecantikan kulit. Madu dapat mengatasi maupun mencegah terjadinya masalah-masalah pada kulit.

Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (9/6), inilah manfaat madu untuk kecantikan kulit.

Loading...

1. Mengatasi jerawat.

Manfaat madu untuk kulit © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Mengutip Medical News Today, madu yang murni dan belum dipasteurisasi memiliki sifat antimikroba yang efektik untuk mengatasi jerawat. Bahkan, dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2016 membuktikan bahwa menggunakan madu dengan gliserin 10% dapat lebih efektif mengatasi jerawat daripada sabun antibakteri.

Untuk mengatasi jerawat, madu dapat secara langsung diberikan pada area yang berjerawat, kemudian diamkan selama beberapa saat. Meskipun dapat mengatasi jerawat, terdapat beberapa orang yang memiliki alergi terhadap madu. Oleh karena itu, penting untuk mencoba sedikit madu di bagian kulit guna mengetahui apakah ada reaksi alergi atau tidak.

2. Mengatasi luka bakar.

Manfaat madu untuk kulit © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Mengutip dari Medical News Today, madu sangat efektif untuk mengatasi luka bakar dan mencegah adanya infeksi akibat luka bakar karena memiliki sifat antimikroba. Sampai saat ini, masyarakat luas, khususnya Selandia Baru masih sering menggunakan madu untuk mengobati luka bakar.

3. Mencerahkan wajah.

Manfaat madu untuk kulit © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Dilansir dari healthline.com, madu memiliki efek eksfoliasi dan mempercepat pertumbuhan sel-sel kulit baru. Dengan sel baru yang cepat tumbuh, maka akan menggantikan sel-sel kulit mati yang membuat kulit terlihat kusam dengan sel kulit baru yang lebih cerah.

Untuk merasakan manfaat madu yang mencerahkan wajah, dapat langsung mengoleskan madu di bagian wajah. Sebelum dioleskan, wajah sudah harus dalam keadaan bersih, supaya tidak ada bakteri yang menempel pada wajah. Apabila terlalu lengket, maka dapat ditambahkan dengan air. Madu didiamkan beberapa saat, kemudian bilas hingga bersih.

4. Mengatasi eksim.

Manfaat madu untuk kulit © 2021 brilio.net

foto: pixabay.com

Eksim merupakan salah satu masalah kulit yang menyebabkan gatal dan kulit memerah. Biasanya eksim dialami oleh anak-anak dan juga orang dewasa. Mengutip Medical News Today, sebuah penelitian pada tahyn 2017 membuktikan bahwa madu dapat mengatasi eksim dan mengurangi ukuran lesi eksim pada kulit.

5. Melembapkan kulit.

Manfaat madu untuk kulit © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Gula yang terdapat dalam madu berfungsi sebagai humektan alami yang dapat membuat kulit wajah menjadi lebih lembap, lembut, dan terhidrasi lebih lama. Selain humektan alami, madu yang kaya akan antioksidan ini juga berperan penting dalam melembapkan kulit wajah.

6. Mempercepat penyembuhan luka.

Manfaat madu untuk kulit © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, madu memiliki sifat antimikroba. Dengan kondisi tersebut, madu memiliki kemampuan untuk melawan infeksi yang terdapat pada kulit dan mempercepat penyembuhan luka.

7. Mengatasi penuaan dini.

Manfaat madu untuk kulit © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Mengutip Medical News Today, madu dapat mempercantik kulit wajah. Alasannya adalah madu dapat menghambat terjadinya kerut pada wajah, memiliki sifat antiaging, dan mencegah terjadinya infeksi pada kulit wajah yang dapat mempercepat proses penuaan.

8. Mengatasi kanker kulit.

Manfaat madu untuk kulit © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Ternyata madu memiliki efek antiproliferatif, antikanker, dan antimetastasis yang baik untuk proses pengobatan kanker kulit. Selain itu, madu dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker. Meskipun terbukti dapat mengatasi kanker kulit, dokter tidak menyarankan untuk semata-mata memberikan madu bagi pasien kanker kulit. Pasien tetap harus menjalani perawatan sesuai prosedur dan boleh mengonsumsi madu di samping perawatan medis.

9. Menangani psoriasis.

Manfaat madu untuk kulit © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Psoriasis merupakan gangguan autoimun yang menyebabkan adanya pertumbuhan sel kulit yang berlebihan. Akibatnya, orang yang mengalami gangguan tersebut akan mengalami gatal-gatal pada bagian sel-sel kulit yang menumpuk. Gejala psoriasis ini pun dapat dialami di bagian tubuh mana saja, salah satunya di wajah.

Dikutip dari Medical News Today, madu dapat mengatasi psoriasis dengan efektif sama seperti krim yang biasanya digunakan untuk mengatasi masalah kulit tersebut.

10. Bisa jadi eksfoliator.

Manfaat madu untuk kulit © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Sebagaimana disinggung sebelumnya, madu memang bisa menjadi media eksfoliasi bagi kulit wajah. Eksfoliator fisik yang dijual bebas di pasaran sering kali memiliki tekstur yang kasar dan menimbulkan iritasi pada kulit. Bagi orang yang menginginkan eksfoliasi dengan lembut dan alami, madu dapat dijadikan pilihan karena mampu menghilangkan kotoran dan sel-sel kulit mati pada wajah yang membuat kulit terlihat kusam.

Related News