Brilio.net - Selain memiliki warna bunga yang indah, calendula juga memiliki beragam manfaat untuk kecantikan. Sejak zaman dulu, bunga calendula sudah dikenal sebagai bahan alami yang memiliki khasiat luar biasa untuk tubuh dan kulit. Bunga berkelopak lebar berwarna oranye ini berasal dari Mediterania, Eropa Selatan.

Nama calendula berasal dari bahasa latin 'kalendae' yang artinya kalender kecil atau hari pertama setiap bulan. Tak heran jika dari namanya tersebut banyak yang beranggapan bunga calendula mekar setiap awal bulan. Banyak yang sudah memanfaatkan tanaman ini biasa sebagai bahan produk herbal dan perawatan kulit.

Ekstrak bunga calendula telah teruji mengandung berbagai senyawa yang baik untuk kulit. Diantaranya ada senyawa asam Oleinic, Lupeol, Quercetin, α Amyrin dan β Amyrin. Senyawa berkhasiat ini dikenal memberikan perlindungan antioksidan, dan menenangkan kulit.

Berkat kandungan tersebut bunga cantik ini kerap dimanfaatkan untuk berbagai produk kecantikan, seperti lotion, sunscreen, dan lain sebagainya. Bunga calendula juga bersifat antiinflamasi yang mampu mengatasi berbagai masalah kulit, seperti mencegah breakout pada wajah.

Loading...

Lantas, apa saja manfaat bunga calendula untuk kecantikan lainnya? Berikut brilio.net rangkum 8 manfaat bunga calendula untuk kecantikan dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (21/7).

1. Menjaga kesehatan kulit.

Manfaat bunga calendula © b

foto: freepik.com

Krim yang mengandung ekstrak bunga calendula dapat mengencangkan kulit dan mencegah kulit mengalami dehidrasi. Bunga calendula mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas pada kulit, sehingga kulit akan tampak terjaga. Manfaat ini bisa dirasakan dengan mengoleskan minyak atau krim calendula di kulit setiap dua kali sehari.

2. Mengatasi jerawat.

Manfaat bunga calendula © b

foto: freepik.com

Bunga calendula juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat. Sebuah studi menyatakan bahwa ekstrak calendula mungkin berguna dalam mengobati dan mencegah jerawat. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mendukung temuan ini.

Cara penggunaannya cukup mudah, bersihkan wajah menggunakan pembersih calendula. Setelah itu, gunakan krim calendula, minyak, atau perawatan wajah yang mengandung calendula pada area yang berjerawat.

3. Bersifat antiinflamasi.

Manfaat bunga calendula © b

foto: freepik.com

Kandungan pada bunga calendula bersifat anti inflamasi. Dilansir dari ipsy.com, sifat anti inflamasi ini didapatkan dari dosis saponin, flavonoid, dan triterpenoid. Sejumlah kandungan tersebut memberi calendula kemampuan untuk mencegah pelepasan histamin tubuh, yang dapat menyebabkan kemerahan, nyeri, alergi, dan pembengkakan.

Selain itu, jika mengalami peradangan pada kulit calendula dapat dimanfaatkan untuk meredakan radang. Hal ini karena bunga calendula memberi efek menenangkan pada kulit.

4. Mencegah penuaan dini.

Manfaat bunga calendula © b

foto: freepik.com

Manfaat bunga calendula selanjutnya dapat mencegah penuaan dini. Dilansir dari herbaldynamicsbeauty.com, terdapat dua cara calendula mencegah tanda-tanda penuaan, yaitu mengencangkan kulit dengan memproduksi kolagen dan meningkatkan kemampuan kulit untuk menahan air. Sehingga, dengan dua cara ini kulit akan terasa lebih lembab dan terhindar dari kerutan atau garis halus di wajah.

5. Menutrisi kulit kering.

Manfaat bunga calendula © b

foto: freepik.com

Kandungan baik pada calendula berkhasiat untuk menutrisi kulit yang kering. Bunga calendula bersifat menenangkan kulit sehingga baik digunakan untuk mengatasi gejala eksim, dermatitis dan sejenisnya.

Dilansir dari allgoodproducts.com calendula juga dapat digunakan untuk meredakan berbagai jenis kondisi kulit yang dapat menyebabkan area kering, gatal, dan iritasi. Banyak memproduksi kolagen dan protein penting untuk kulit bercahaya, Calendula membantu dalam memelihara kulit agar lembut dan terhidrasi.

6. Melindungi kulit dari sinar UV.

Manfaat bunga calendula © b

foto: freepik.com

Selain menutrisi kulit, bunga calendula juga bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari yang merusak kulit. Berdasarkan hasil temuan studi Journal of Young Pharmacists, minyak calendula memiliki sifat SPF sebagai campuran krim yang baik untuk melindungi kulit dari radiasi sinar matahari.

Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan khasiat minyak calendula sebagai tabir surya.

7. Mencegah breakout di wajah.

Manfaat bunga calendula © b

foto: freepik.com

Saat wajah sedang breakout tentu sangat mengganggu penampilan. Pasalnya kondisi ini akan memunculkan iritasi dan jerawat di wajah. Masalah ini biasanya ditandai dengan kulit yang memerah akibat peradangan dan banyak muncul jerawat. Kini tak perlu cemas, karena bunga calendula juga dapat menyembuhkan peradangan dan mencegah breakout.

Caranya dengan mengoleskan minyak bunga calendula langsung ke noda kulit. Hal ini telah terbukti mempercepat proses penyembuhan. Cara kerja bunga ini dengan meningkatkan aliran darah ke area yang terluka, merangsang jaringan kulit, menghasilkan kolagen, dan mendorong pertumbuhan sel baru.

8. Sebagai antiseptik alami.

Manfaat bunga calendula © b

foto: freepik.com

Manfaat terakhir bunga calendula untuk kecantikan yaitu digunakan sebagai antiseptik alami. Hal ini disebabkan oleh senyawa antimikroba dan antivirus yang kuat. Kedua kandungan tersebut terbukti ampuh mempercepat proses penyembuhan jaringan kulit yang terluka atau terinfeksi akibat bakteri dan jamur.


Related News