5 Cara membuat masker baking soda untuk wajah, mampu atasi jerawat

5 Cara membuat masker baking soda untuk wajah, mampu atasi jerawat

Brilio.net - Baking soda merupakan nama lain dari natrium bikarbonat yang juga dikenal sebagai soda bikarbonat. Produk ini merupakan salah satu bahan yang sering digunakan untuk campuran dalam pembuatan kue. Selain harganya yang murah, karena komposisi basa dan sifat antimikroba yang dimilikinya, baking soda juga memiliki banyak kegunaan, termasuk untuk kecantikan kulit.

Beberapa orang menggunakan baking soda sebagai bahan yang dapat menetralkan peradangan dan membunuh bakteri pada kulit wajah. Tak hanya itu, baking soda juga dianggap bisa mengobati jerawat. Baking soda juga bisa digunakan untuk membersihkan, menyegarkan, serta mencerahkan kulit. Kamu bisa memanfaatkan baking soda ini yang dikombinasikan dengan beberapa bahan alami lain untuk membuat masker wajah.

Penggunaan masker wajah yang terbuat dari baking soda sudah banyak dilakukan untuk merawat dan mengatasi berbagai masalah kulit wajah. Seperti yang dilansir dari jurnal Antibacterial Activity of Baking Soda, soda kue adalah antiinflamasi dan antimikroba yang dapat membantu mengatasi peradangan pada wajah akibat radikal bebas.

Masker untuk perawatan wajah ini membantu meminimalkan komedo hitam dan putih, kulit berminyak, jerawat bahkan masalah hiperpigmentasi. Selain itu, baking soda juga dapat membantu untuk menyeimbangkan pH agar kelembapan kulit tetap terjaga dan juga melindungi dari bakteri dan polusi.

Karena baking memiliki pH sekitar 9, maka dapat mengganggu tingkah pH alami yang ada pada kulit dengan menghilangkan minyak alami secara berlebihan. Oleh karena itu, terlalu sering menggunakan baking soda sebagai masker dapat membuat kulit menjadi kering dan iritasi. Baking soda memang memiliki kemampuan untuk mengatasi jerawat, tetapi harus digunakan secukupnya dan tidak berlebihan agar minyak alami pada kulit tidak banyak menghilang.

Lantas bagaimana cara membuat maskernya? Berikut lima cara membuat masker baking soda untuk wajah seperti yang telahbrilio.netrangkum dari berbagai sumber, Rabu (6/4).

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES