Brilio.net - Baking soda biasa kita kenal sebagai salah satu bahan yang digunakan untuk membuat kue. Namun tahu kah kamu? bahwa baking soda ternyata bisa loh digunakan untuk perawatan wajah. Baking soda bisa dimanfaatkan sebagai perawatan wajah dengan cara menjadikannya sebagai masker wajah. Bakin soda dipecaya memiliki berbagai khasiat yang bisa mengatasi berbagai permasalahan wajah seperti halnya jerawat.

Baking soda atau yang biasa dikenal dengan natrium bikarbonat merupakan salah satu senyawa kimia yang memiliki sifat alkalinisasi yang masuk ke dalam kategori garam. Fungsi utamanya yaitu membantu untuk menetralkan zat asam. Maka dari itu bisa digunakan untuk perawatan kecantikan seperti ekfoliasi wajah.

Baking soda memiliki tekstur yang tidak begitu halus dan sedikit berpasir. Maka dari itu baking soda bisa dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai eksfoliator yang berguna untuk mengelupas kulit mati sehingga pori-pori wajah tidak tersumbat. Manfaat dari baking soda untuk wajah tidak hanya itu saja. Masih banyak manfaat baking soda untuk kecantikan. Berikut ini brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (4/3).

1. Menghilangkan jerawat

Manfaat baking soda untuk wajah Berbagai sumber

foto: Pixabay/kjerstin_michaela

Baking soda memiliki sifat pengelupasan, anti-bakteri, dan anti-inflamasi sehinga dapat membantu mencegah munculnya jerawat. Cara menggunakan soda kue untuk mengatasi jerawat yaitu dengan mencampurkan 1 sdt baking soda dengan air hangat. Lalu aduk hingga rata dan oleskan ke bagian wajah yang berjerawat. Diamkan 10 hingga 15 menit dan bilas dengan air hangat.

2. Mengencangkan pori-pori

Manfaat baking soda untuk wajah Berbagai sumber

foto: Freepik/benzoix

Manfaat lain dari soda kue yaitu bermanfaat membantu mengecilkan pori-pori yang membesar. Pori-pori wajah yang mengecil akan mencegah masuknya berbagai kotoran dan partikel yang bisa menyebabkan munculnya jerawat.

Cara menggunakan baking soda untuk mengencangkan pori-pori buatlah sebagai toner. Caranya yaitu dengan mencampurkan 1 sdm baking soda ke dalam wadah dan campurkan dengan air biasa. Setelah itu toner dari baking soda bisa langsung digunakan.

3. Mencerahkan wajah

Manfaat baking soda untuk wajah Berbagai sumber

foto: Freepik/drobotdean

Siapa sangka? ternyta baking soda bisa digunakan untuk mencerahkan wajah jika digunakan dengan tepat. Baking soda yang dicampurkan dengan jeruk bisa memberikan manfaat. Salah satunya yaitu meningkatkan kadar kolagen di dalam kulit.

Selain bisa dicampurkan dengan jeruk, baking soda juga bisa dicampur dengan lemon. Campuran lemon dan bakin soda dapat membantu menyamarkan noda hitam, dan bekas luka jerawat.

4. Membuat kulit berminyak menjadi halus

Manfaat baking soda untuk wajah Berbagai sumber

foto: Freepik/drobotdean

Kulit berminyak bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu karena ketidakseimbangan hormon. Nah, bagi kamu yang memiliki permasalahan wajah berminyak namun ingin memiliki kulit wajah halus. Kamu bisa menggunakan baking soda menjadi solusi utamanya.

5. Face exfoliator

Manfaat baking soda untuk wajah Berbagai sumber

foto: Pexels/polinakovaleva

Memiliki tekstur yang sedikit seperti pasir menjadikan baking soda bisa menjadi exfoliator. Caranya yaitu dengan mencampurkan sedikti baking soda ke dalam pembersih wajah. Jika sudah gunakan baking soda dan sabun pencuci muka seperti biasanya. Namun dalam penggunaan baking soda sebagai exfoliator harus berhati-hati jangan sampai terkena bagian mata. Untuk penggunaan kamu cukup menggunakan baking soda sebagai eksfoliator seminggu sekali.

6. Mengangkat sel kulit mati

Manfaat baking soda untuk wajah Berbagai sumber

foto: Pexels/polinakovaleva

Seperti yang telah dijelaskan bahwa baking soda bisa dijadikan sebagai exfoliator. Dengan menggunakan baking soda sebagai exfoliator maka dapat membantu untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati dan menggantikannya dengan sel kulit baru sehingga tekstur wajah kembali seperti semula.

7. Meredakan kulit wajah yang iritasi

Manfaat baking soda untuk wajah Berbagai sumber

foto: Pexels/ronlach

Baking soda memiliki sifat anti-bakteri sehingga ampuh untuk mengatasi ruam, iritasi, dan infeksi pada kulit. Cara penggunaannya yaitu dengan mencampurkan baking soda dengan minyak kelapa. Campuran kedua bahan tersebut memiliki kandungan antijamur, dan penyeimbang pH yang bisa mengobati infeksi kulit.

8. Menghilangkan komedo di wajah

Manfaat baking soda untuk wajah Berbagai sumber

foto: Pexels/ronlach

Permasahalan wajah yang menjengkelkan tidak hanya jerawat saja, namun komedo juga. Salah satu solusi yang bisa kamu gunakan yaitu baking soda. Campurkan baking soda dengan perasan lemon. Aduk hingga rata dan oleskan secara merata ke bagian wajah. Lalu diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air dingin.

9. Mengatasi bibir pecah-pecah

Manfaat baking soda untuk wajah Berbagai sumber

foto: Pexels/cottonbro

Manfaat baking soda selanjutnya yaitu dapat digunakan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Caranya dengan menjadikan baking soda sebagai scrub. Membuat scrub dari baking soda sangat mudah, kamu hanya perlu mencampurkan baking soda dengan gula. Kemudian oleskan dengan ke bibir secara perlahan dengan gerakan melingkar.

10. Mengatasi mata panda

Manfaat baking soda untuk wajah Berbagai sumber

foto: Pexels/ekaterinabolovtsova

Mata panda sering muncul disebabkan karena kurangnya jam tidur karena suatu kegiatan. Nah, bagi kamu yang memiliki mata panda jangan khawatir. Masalah mata panda bisa diatasi dengan menggunakan bakin soda. Namun dalam penggunaan bakin soda untuk mengatasi mata panda harus berhati-hati. Caranya yaitu dengan mencampurkan 3 sdm dengan air secukupnya. Aduk hingga memiliki tekstur seperti pasta. Lalu oleskan ke area mata panda secara hati-hati.

11. Menghilangkan flek hitam

Manfaat baking soda untuk wajah Berbagai sumber

foto: exels/ekaterinabolovtsova

Flek hitam yang muncul di wajah disebabkan karena bekas jerawat yang menghitam. Bekas jerawat yang menghitam ini tidak bisa dihilangkan dengan begitu saja. Butuh perawatan untuk menghilangkan bekas jerawat ini. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan baking soda. Hal ini dikarenakan baking soda memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur yang dapat membantu mengatasi hal tersebut.

12. Mencegah minyak berlebih di wajah

Manfaat baking soda untuk wajah Berbagai sumber

foto: Pexels/cottonbro

Memiliki wajah berminyak pastinya sangat mengganggu penampilan seperti wajah tampak kusam dan tidak bercahaya. Selain itu wajah berminyak riskan terkena permasalahan wajah seperti munculnya komedo dan jerawat. Dengan menggunakan baking soda, permasalahan wajah berminyak dapat teratasi. Caranya yaitu dengan mencuci wajah menggunakan baking soda yang sudah dicampur dengan air.


(brl/guf)

Related News

(brl/guf)