Brilio.net - Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Salah satu jenis kulit yang menjadi tantangan tersendiri bagi pemiliknya adalah kulit kombinasi. Merawat kulit yang kombinasi memang gampang-gampang susah. Pemilik kulit kombinasi harus bisa menyeimbangkan antara kulit kering dan berminyak, terutama dalam hal skincare seperti pelembap wajah.

Umumnya, pelembap dapat mengunci kelembapan kulit, sehingga kulit menjadi lebih terhidrasi. Selain itu, pelembap juga dapat memberi nutrisi pada kulit dengan mencerahkan kulit, menambah elastisitas kulit, serta mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit. Semua jenis kulit wajah wajib menggunakan pelembap dalam rutinitas perawatan kulit hariannya, begitu juga dengan pemilik kulit kombinasi.

Menurut dokter ahli kecantikan, Kavita Mariwalla, MD, FAAD, sebagaimana dilansir dari Healthline, kulit kombinasi merupakan kulit yang sama dengan lainnya. Yang membedakan adalah kulit kombinasi terdapat beberapa spot yang berminyak dan kering dan biasanya untuk kulit kombinasi berada di daerah T-zone berminyak, sedangkan pipi cenderung kering.

Tipe kulit ini memang umum dimiliki kebanyakan orang. Untuk membuat kulit wajah tetap mulus dan sehat, perawatan menggunakan produk skincare adalah sebuah keharusan.

Untuk memilih pelembap yang tepat bagi kulit kombinasi memang sedikit tricky, karena jika menggunakan pelembap untuk kulit berminyak, maka beberapa area di wajah akan terasa kering. Sedangkan, jika memakai pelembap untuk kulit kering, area t-zone akan semakin berminyak. Tipe kulit kombinasi lebih mudah mengalami masalah yang sering dialami kulit berminyak dan kulit kering, seperti masalah kerutan dan garis halus bersamaan dengan pori besar, jerawat, atau komedo.

Kondisi kulit seperti ini memang membutuhkan perawatan yang lebih rumit. Oleh karena itu, kulit kombinasi membutuhkan produk yang bisa mengontrol minyak sekaligus menghidrasi di waktu bersamaan.

Tak sedikit yang memilih untuk memakai dua produk pelembap sekaligus, yang bisa mengontrol minyak sekaligus menghidrasi di waktu bersamaan. Padahal, sekarang sudah banyak tersedia pelembap untuk kulit kombinasi sehingga kamu hanya perlu memakai satu produk saja.

Kamu bisa memilih produk pelembap berbahan dasar air, oil-free, atau dengan tekstur lotion atau gel. Seperti 11 rekomendasi pelembap untuk kulit kombinasi berikut ini, yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (4/8).

(brl/pep)

Related News