Brilio.net - Untuk mendapatkan kulit yang putih, bersih dan sehat tentu perlu melakukan perawatan wajah secara rutin. Kamu bisa menggunakan skincare untuk memiliki kulit yang sehat. Selain itu kamu pun dapat menggunakan bahan alami untuk merawat kulit.

Ada banyak bahan alami yang bagus untuk kulit. Salah satunya adalah aloe vera atau lidah buaya.

Lidah buaya kerap dijadikan sebagai alami untuk pembuatan skincare. Tentu saja kandungan di dalamnya sudah tidak diragukan lagi. Aloe vera mengandung berbagai nutrisi, seperti vitamin A, C, E, B12, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, dan zat besi.

Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat aloe vera untuk wajah seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (23/3).

1. Mengatasi masalah kulit kering.

Manfaat aloe vera untuk wajah ©

foto: Freepik/valuavitaly

Manfaat aloe vera untuk wajah yang pertama dapat mengatasi masalah kulit kering. Kulit kering merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Banyak penyebab kulit kering, seperti paparan sinar matahari, radikal bebas, hingga gaya hidup yang tidak sehat.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan lidah buaya yang mengandung vitamin A, C, dan E. Ada pula mineral, enzim, dan antioksidan. Semua kandungan tersebut dapat menjadikan lidah buaya sebagai bahan pelembap alami untuk wajah.

Cara mengaplikasikannya pun sangat mudah. Oleskan gel lidah buaya ke wajah, lalu diamkan selama 15 menit. Setelah meresap, bilas dengan air biasa.

2. Samarkan mata panda.

Manfaat aloe vera untuk wajah ©

foto: Freepik/kamranaydinov

Mata panda jadi masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Munculnya mata panda disebabkan oleh kurangnya waktu tidur dan juga stres. Memiliki mata panda pastinya sangat menurunkan kepercayaan diri karena penampilan jadi terlihat lesu.

Namun tidak perlu khawatir, kamu bisa mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan gel lidah buaya. Kandungan vitamin C di dalamnya mampu membantu menyamarkan mata panda. Selain itu, area mata jadi lebih lembap. Kamu cukup oleskan gel lidah buaya ke area mata setiap malam saat akan tidur, lalu bilas keesokan harinya.

3. Menenangkan kulit setelah cukur.

Manfaat aloe vera untuk wajah ©

foto: Freepik/drobotdean

Mencukur kumis dan jenggot kerap dilakukan oleh para pria. Sebagian orang mencukur rambut di area wajah menyebabkan luka, sebab dalam alat cukur terdapat mata pisau yang cukup tajam. Gesekan alat cukur juga bisa membuat iritasi kulit.

Manfaat aloe vera untuk wajah yang lainnya adalah dapat menenangkan kulit setelah cukur. Caranya dengan mengoleskan gel lidah buaya ke area wajah yang telah dicukur, diamkan hingga meresap. Sifat menenangkan dari aloe vera ini sangat bagus untuk kulit.

4. Mengatasi sunburn.

Manfaat aloe vera untuk wajah ©

foto: Freepik/wayhometsudio

Paparan sinar matahari sangat membahayakan kulit. Efeknya bisa membuat kulit terbakar dan paling fatal bisa menyebabkan kanker kulit. Kulit yang terbakar sinar matahari menyebabkan kemerahan dan menimbulkan rasa perih.

Bagi kamu yang mengalami masalah tersebut, bisa menggunakan lidah buaya. Lidah buaya memiliki sifat menenangkan dan bagus untuk kamu yang memiliki masalah kulit terbakar. Gel lidah buaya ini akan memberi sensasi dingin. Caranya cukup oleskan gel aloe vera ke wajah secara merata dan diamkan hingga meresap ke kulit.

5. Melembapkan wajah.

Manfaat aloe vera untuk wajah ©

foto: Freepik/benzoix

Manfaat aloe vera untuk wajah selanjutnya adalah dapat membantu melembapkan wajah. Aloe vera memiliki kandungan bahan aktif yang bagus untuk menjaga kelembapan kulit. Rutin menggunakan lidah buaya, kulit akan terasa halus dan lembut.

Caranya cukup oleskan gel lidah buaya ke wajah secara merata. Lalu diamkan hingga merasap dan lanjutkan dengan penggunaan skincare lainnya.

6. Mencerahkan kulit.

Manfaat aloe vera untuk wajah ©

foto: Freepik/master1305

Memiliki kulit cerah merupakan dambaan setiap orang. Sebab wajah merupakan bagian tubuh yang paling banyak dilihat orang. Tak heran banyak orang yang selalu ingin tampil sempurna dengan wajah yang cerah.

Untuk mendapatkan kulit yang seperti itu, kamu bisa menggunakan aloe vera. Aloe vera memiliki kandungan zat aktif yang dapat membantu mencerahkan wajah secara maksimal. Lidah buaya juga mampu menyamarkan noda hitam bekas jerawat. Wajah pun akan kembali bersih, cerah dan mulus.

Caranya cukup oleskan gel lidah buaya ke wajah secara rutin setiap malam sebagai masker, lalu bilas dengan air biasa. Perawatan ini bisa kamu lakukan secara rutin saat malam hari.

7. Meratakan warna kulit.

Manfaat aloe vera untuk wajah ©

foto: Freepik/benzoix

Manfaat aloe vera untuk wajah berikutnya adalah dapat meratakan warna kulit. Paparan sinar matahari membuat kulit menjadi belang dan mengganggu penampilan. Namun tak perlu khawatir, kamu bisa mengatasinya dengan lidah buaya.

Di dalam aloe vera terdapat kandungan zat aloin yang berfungsi menghambat pembentukan melanin penyebab kulit menjadi gelap. Selain itu, aloe vera juga dapat membantu meregenerasi kulit.

Caranya, kamu bisa ambil batang lidah buaya dan gunakan gelnya, kemudian oleskan ke wajah. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air biasa.

8. Mencegah penuaan dini.

Manfaat aloe vera untuk wajah ©

foto: Freepik/diana.grytsku

Masalah penuaan dini di wajah ditandai dengan munculnya garis halus dan kerutan. Kondisi tersebut dapat membuat kamu merasa tidak percaya diri. Penuaan dini bisa kamu atasi dengan aloe vera.

Aloe vera mengandung vitamin C, vitamin E, dan beta karoten pada lidah buaya dapat membantu mengencangkan kulit dan menjaga kulit tetap terhidrasi. Selain itu, gel lidah buaya juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen untuk mencegah garis halus dan kerutan. Dengan begitu kulit akan kencang dan sehat.

9. Mengatasi jerawat.

Manfaat aloe vera untuk wajah ©

foto: Freepik/wayhomestudio

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang umum dialami oleh banyak orang. Munculnya jerawat disebabkan oleh sebum yang tersumbat di pori-pori sehingga menyebabkan peradangan dan menimbulkan jerawat. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan lidah buaya.

Gel lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, antivirus, dan antiseptik. Selain itu, kandungan asam salisilat di dalam lidah buaya dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya ke wajah yang memiliki jerawat, kemudian diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air biasa.

10. Menghaluskan kulit.

Manfaat aloe vera untuk wajah ©

foto: Freepik/drobotdean

Aloe vera mengandung zat polisakarida dan sterol yang dapat membantu menghaluskan kulit di wajah. Lidah buaya juga dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan digantikan dengan sel kulit baru yang sehat dan kuat.

Caranya, oleskan produk gel lidah buaya yang terjual di pasaran ke wajah sebagai pelembap. Diamkan hingga meresap dan lanjutkan dengan perawatan skincare lainnya.

11. Membantu membersihkan make up.

Manfaat aloe vera untuk wajah ©

foto: Freepik/lookstudio

Make up merupakan salah satu produk kecantikan yang sering digunakan oleh kaum hawa untuk menunjang penampilan. Dengan make up, wajah kamu akan terlihat lebih cerah, glowing, dan kekurangan di area wajah akan tertutupi.

Setelah menggunakan make up seharian, penting untuk kamu melakukan pembersihan wajah. Gunanya agar kesehatan kulit tetap terjaga. Sebab selama seharian pori-pori di wajah tertutup make up.

Kamu bisa menggunakan manfaat aloe vera untuk wajah sebagai pembersih make up. Caranya, ambil gel lidah buaya dan oleskan ke wajah sambil dipijat-pijat, kemudian usap dengan kapas secara lembut. Lakukan cara ini hingga tak ada make up yang tersisa di wajah. Aloe vera tak hanya dapat membersihkan wajah, tapi juga membuat wajah lembap secara alami.

(brl/red)

Related News

(brl/red)