Brilio.net - Lidah buaya merupakan jenis tanaman yang memiliki banyak khasiat tak hanya untuk kesehatan tapi juga untuk kecantikan. Bahkan lidah buaya dijadikan sebagai ramuan mujarab dari tahun ke tahun.

Lidah buaya dipercaya sebagai bahan alami yang ampuh mengatasi permasalahan kulit di wajah, seperti kerutan, jerawat, kulit kering, dan masih banyak sekali. Dilansir brilio.net dari Healthline.com, lidah buaya dipakai Ratu Cleopatra dan Nefertiti untuk melakukan perawatan kecantikan.

Penasaran apa saja manfaat lidah buaya untuk wajah? Berikut ulasannya seperti dirangkum dari Healthline.com dan fashionandlook.com, Kamis (30/12).

1. Mengatasi kulit kering

Manfaat lidah buaya untuk wajah freepik

foto: freepik.com

Manfaat lidah buaya untuk wajah yang pertama adalah untuk mengatasi kulit kering. Gel pada lidah buaya mampu menyerap kulit lebih cepat.

Itulah mengapa lidah buaya cocok digunakan untuk orang-orang yang memiliki masalah kulit berminyak. Cara menggunakannya pun cukup mudah, kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya ke wajah setelah mandi rutin setiap hari.

 

2. Sebagai eksfoliasi kulit.

Manfaat lidah buaya untuk wajah freepik

foto: freepik.com

Eksfoliasi merupakan proses pengelupasan kulit untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan diganti dengan pertumbuhan sel kulit yang baru. Kandungan enzim pada lidah buaya dapat mengeksfoliasi kult.

Caranya campurkan gel lidah buata dengan minyak kelapa dan gula. Setelah tercampur seperti pasta, oleskan pada wajah dengan gerakan memutar sambil dipijit. Lakukan perawatan ini sekali satu kali dalam seminggu.

3. Mencegah penuaan dini

Manfaat lidah buaya untuk wajah freepik

foto: freepik.com

Masalah penuaan dini memang hal yang menakutkan bagi kebanyakan orang. Tak heran mereka rela mengeluarkan biaya besar untuk melakukan perawatan di klinik kecantikan.

Memang tidak salah, namun ada juga cara alami untuk mencegah penuaan diri lho. Salah satunya dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya dipercaya dapat merangsang fibroblas yang menghasilkan kolagen dan elastin, sehingga dapat membuat kulit lebih kencang dan elastis.

Namun, perlu digarisbahawi, bahwa lidah buaya hanya bisa mencegah penuaan dini bukan untuk menghilangkan kerutan yang sudah muncul. Kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya rutin setiap malam seperti menggunakan krim malam.

 

4. Mengatasi jerawat

Manfaat lidah buaya untuk wajah freepik

foto: freepik.com

Masalah jerawat masih sering membuat banyak orang merasa stres, sebab kemunculan jerawat membuat seseorang tidak percaya diri. Tak perlu khawatir, gel lidah buaya memiliki manfaat untuk mengatasi jerawat secara alami lho.

Kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya ke seluruh permukaan wajah dan leher. Ternyata kandungan anti inflamasi pada lidah buaya bisa mengobati peradangan yang disebabkan jerawat.

 

5. Menyegarkan wajah

Manfaat lidah buaya untuk wajah freepik

foto: freepik.com

Manfaat lidah buaya untuk wajah lainnya adalah sebagai bahan alami pencerah kulit. Kamu bisa mengoleskan lidah buaya yang dijadikan sebagai masker. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air biasa. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

 

6. Sebagai toner wajah

Manfaat lidah buaya untuk wajah freepik

foto: freepik.com

Gel lidah buaya juga bisa dijadikan sebagai toner. Bagi kamu yang rutin menggunakan skincare, bisa mengganti toner kamu dengan bahan alami.

Kamu juga bisa membuat sendiri di rumah. campurkan lidah buaya dan air dengan perbandingan 2 :1. Tuangkan ke dalam botol dan simpan di lemari pendingin agar lebih segar.

7. Masker wajah

Manfaat lidah buaya untuk wajah freepik

foto: freepik.com

Kandungan vitamin C pada lidah buaya sangat bagus untuk kulit wajah. Kamu bisa rutin menggunakan masker lidah buaya yang kamu buat sendiri di rumah. Caranya dengan mencampurkan gel lidah buaya dengan perasaan air lemon.

Oleskan pada wajah dan pijat secara lembut dengan gerakan memutar selama 20 menit. Kemudian diamkan 10 menit dan bilas dengan air bersih.

Namun harus diperhatikan bagi kamu yang memiliki kulit sensitif dan kering untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan ramuan ini karena justru akan menimbulkan iritasi.

8. Makeup remover

Manfaat lidah buaya untuk wajah freepik

foto: freepik.com

Makeup jadi salah satu item wajib yang digunakan oleh setiap wanita untuk menunjang penampilan. Setelah selesai beraktivitas, mereka juga wajb membersihkan wajah dengan makeup remover. Hal itu untuk memberi kesegaran pada wajah agar bisa mendapat oksigen setelah seharian tertutup makeup.

Ada banyak jenis makeup remover. Bagi kamu yang ingin menggunakan bahan alami, kamu bisa membuat sendiri makeup dari lidah buaya. Caranya campurkan gel lidah buaya dengan minyak kelapa atau minyak zaitun. Simpan campurab tersebut kemudian gunakan sebagai makeup remover.

9. Meredakan kulit terbakar

Manfaat lidah buaya untuk wajah freepik

foto: skincancer.org

Bagi kamu yang memiliki aktivitas outdoor, pasti tak lepas dari paparan sinar matahari. Menggunakan sunblock dianjurkan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Penggunaan sunblock yang tepat ternyata bisa menyebabkan luka terbakar. Apalagi bila berada di luar ruangan berjam-jam.

Bila kamu mengalami hal itu, kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya ke area kulit yang terbakar. Lakukan perawatan itu tiga kali dalam sehari untuk mengembalikan kondisi kulit wajah.

(brl/lea)

Related News

(brl/lea)