Nggak asal jepret, 8 trik ini bikin foto OOTD banjir love di Instagram

Nggak asal jepret, 8 trik ini bikin foto OOTD banjir love di Instagram

Brilio.net - Hobi foto-foto memang semakin marak, apalagi dengan perkembangan media sosial seperti Instagram. Hal itu juga didukung oleh inovasi teknologi komunikasi yang ditawarkan oleh produsen gadget maupun smartphone. Masyarakat terutama generasi millenial sekarang bisa mengambil gambar dengan mudah kemudian diunggah ke media sosial mereka.

Salah satu tren yang hingga saat ini masih menjadi favorit adalah foto ala-ala OOTD atau Outfit of The Day. Spot-spot tertentu seperti pintu lucu, tembok yang berwarna polos, hingga tembok yang ditumbuhi dedaunan seringkali dijadikan sebagai background untuk berfoto seperti model. Itulah mengapa sekarang banyak selebgram bermunculan di feed Instagram.

Eits, nggak perlu jadi selebgram dulu buat bisa mengunggah foto OOTD. Kamu juga bisa kok! Tapi jangan sampai asal jepret lho, karena ada trik biar hasil jepretan OOTD-mu banjir love di Instagram.

Yuk cek delapan triknya sebagaimana dilansir brilio.net lansir dari Lifewithme, Kamis (30/3). Seperti apa? Let's check them out!

1. Cari lokasi yang menarik.

tips foto ootd istimewa

foto: Instagram/brightbazaar

Cari lokasi yang sekiranya unik dan menarik. Nggak perlu jauh-jauh harus nunggu ke tempat wisata atau lokasi yang terkenal. Coba eksplor tempat-tempat yang ada di sekitar kamu. Tembok pagar rumah tetangga yang unik, arsitektur yang unik, kolong jembatan, tangga, mural yang cerah, zebra cross dan lain sebagainya.

2. Lighting yang mendukung.

tips foto ootd istimewa

foto: pinterest.com

Meski kamu sudah merencanakan dari jauh-jauh untuk mengambil foto seperti apa, cahaya atau lighting bisa menyukseskan atau justru menghancurkan foto OOTD-mu. Cahaya natural adalah lighting terbaik untuk OOTD. Sebisa mungkin kamu menghadap cahaya dan menghindari bayangan di wajah. Untuk mendapatkan cahaya natural bisa pada pagi hari atau sore hari atau disebut juga dengan golden hours.

Nah, pada waktu itu, cahaya alami dari sinar matahari tidak terlalu kuat sehingga foto yang dihasilkan lebih bagus. Untuk menambah atau mengatur pencahayaan, kamu bisa memakai flash jika memang diperlukan.

3. Tetap konsisten dengan "square" picture.

tips foto ootd istimewa

foto: Instagram/@justinliv

Sekali kamu sudah meng-upload foto OOTD di Instagram akun milikmu, pakai opsi "square" di setiap postinganmu. Komposisi frame harus pas saat kamu mau foto OOTD untuk menjaga agar feed-mu tetap indah dipandang.

4. Ambil foto sebanyak-banyaknya.

tips foto ootd istimewa

foto: britcdn.com

Jangan mudah puas dengan hanya satu jepretan foto. Agar kamu bisa mendapat pilihan yang banyak dalam tiap foto OOTD-mu nanti, seperti macam-macam pose yang kamu tampilkan.

5. Filter or no filter?

tips foto ootd istimewa

foto: lifewithme.com

Mengatur gelap terang foto secukupnya saja sehingga hasil fotomu bisa enak dilihat. Kalau pencahayaan sudah cukup, kamu sebetulnya nggak terlalu membutuhkan itu. Sebaiknya jangan berlebihan agar tidak mengurangi keindahan asli dari fotomu.

6. Coba angle-angle yang berbeda.

tips foto ootd istimewa

foto: britcdn.com

Foto OOTD nggak harus selalu diambil lurus dan tampak dari depan. Kamu bisa mengambil foto dengan angle yang berbeda-beda, cobalah untuk bermain perspective, bisa dari atas dan juga dari samping. Hal ini dikarenakan ketika kita menampilkan foto dengan perspektif berbeda, itu bisa menghasilkan perbedaan yang besar juga.

7. Perhatikan style pakaianmu.

tips foto ootd istimewa

foto: Instagram/blaireadiebee

Kalau bicara OOTD memang nggak bakal jauh-jauh dengan style yang kamu kenakan untuk ber-OOTD. Meski modis dan fashionable, bukan berarti kamu harus memakai model pakaian terbaru yang mahal harganya. Memakai pakaian yang simple atau casual atau dandanan hipster pun bisa kamu lakukan, asal kamu punya kepercayaan diri saat di depan kamera.

8. Waktu untuk mengunggah fotomu.

tips foto ootd istimewa

foto: androidauthority.net

Hah? Waktu upload aja ditentuin? Yup, bener banget. Waktu yang tepat buat kamu untuk unggah foto OOTD-mu adalah saat prime time di mana orang-orang sedang ramai melihat timeline Instagram. Waktu-waktu itu adalah sekitar jam 7-9 pagi, kemudian jam 12-1 siang dan jam 7-10 malam. Mengunggah foto pada jam segitu bisa membuat fotomu lebih terekspose dan akhirnya bisa mendapat love dari followers-mu!

Gimana, setelah tahu trik-trik ini? Kamu nggak sabar buat langsung nerapin ini, kan? Kamu bebas buat menuangkan ide-ide kreatif kamu, tanpa perlu khawatir omongan orang lain. Nggak perlu takut untuk mengekspresikan diri kamu melalui OOTD ini. Saatnya untuk berani jadi diri sendiri dan tunjukkan gayamu. Nanti juga lo paham.

Mau tahu inspirasi lainnya? Kunjungi GoAheadPeople.id buat menemukan beragam inspirasi-inspirasi yang tanpa batas. Buruan guys, sebelum ketinggalan!

Nggak asal jepret, 8 trik ini bikin foto OOTD banjir love di Instagram

Nggak asal jepret, 8 trik ini bikin foto OOTD banjir love di Instagram

Nggak asal jepret, 8 trik ini bikin foto OOTD banjir love di Instagram

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES