Brilio.net - Memiliki kulit bersih, sehat, dan lembap memang menjadi idaman banyak orang. Namun, tidak bisa didapatkan begitu saja, tentunya kamu harus melakukan perawatan khusus.

Tenang saja, perawatan itu tidak melulu yang mahal kok. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami, salah satunya paduan kopi dan minyak kelapa.

Sejak lama kopi menjadi salah satu bahan alami yang dipercaya bisa menjaga kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan kuat seperti polifenol, asam klorogenik, asam quinic dan asam ferulic. Kandungan itu bisa memperbaiki garis-garis halus di wajah, keriput, hingga pigmentasi kulit.

Cara membuat masker kopi dan minyak kelapa freepik.com

Loading...

foto: freepik.com

Tidak hanya itu, kandungan kafein pada kopi juga sangat memberikan dampak positif pada kulit. Kafein pada kopi bisa melindungi kulit dari radiasi sinar UV dan memperlambat proses penuaan kulit.

Cara membuat masker kopi dan minyak kelapa freepik.com

foto: freepik.com

Masker akan semakin sempurna jika kamu memadukannya dengan minyak kelapa. Hal ini dikarenakan minyak kelapa memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba untuk membuat lapisan pelindung pada kulit terhadap polutan. Minyak kelapa juga bisa melembapkan kulit.

Cara membuat masker kopi dan minyak kelapa cukup mudah, berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (19/1).

1. Campurkan satu sendok makan bubuk kopi dengan satu sendok makan minyak kelapa untuk membuat pasta kental

2. Cuci muka dan keringkan dengan lembut

3. Oleskan masker secara merata di wajah

4. Diamkan selama 15 menit

5. Bilas dengan air hangat, menggunakan handuk lembut untuk menyeka sisa-sisa pasta

6. Untuk hasil maksimal, kamu bisa menggunakannya 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Khasiat minyak kelapa.

1. Pelembap rambut.
Karena minyak kelapa terdiri dari asam lemak, maka bisa menembus rambut secara mendalam dan cepat. Jika kamu menerapkan minyak kelapa dengan suhu setara suhu kamar atau ruangan ke ujung rambut basah, dia bisa menjadi pelembap sangat baik bagi rambutmu. Dengan begitu, rambutmu akan lebih mudah disisir.

2. Masker rambut.
Sedikit berbeda dengan pelembap rambut yang langsung diterapkan pada rambut, masker rambut ini perlu dicampur dengan madu dan cuka apel. Setelah itu, bisa kamu pakai sebagai masker rambut selama lima menit. Campuran minyak dan madu akan membuat rambutmu mudah diatur, sedangkan cuka apel membuat rambut lebih berkilau.

3. Pelembap tubuh.
Salah manfaat minyak kelapa adalah untuk melembapkan kulit tubuh yang kering. Hangatkan dulu minyak kelapa, kemudian oleskan pada bagian tubuh yang kering, atau bisa juga seluruh tubuh.

4. Pelembap kaki.
Minyak kelapa ampuh untuk kulit kaki kasar dan pecah-pecah. Caranya sama seperti kamu menerapkan minyak kelapa sebagai pelembap tubuh.

5. Pelembap bibir.
Ya, daripada kamu pakai lip balm yang dijual di pasaran dengan kandungan bahan kimia, mending pakai minyak kelapa. Cara ini bisa melembutkan bibir, menangkis kulit bibir pecah-pecah, dan tentu saja, rasanya lebih enak daripada lip balm berbahan kimia.

6. Pembersih wajah.
Minyak membersihkan minyak? Ternyata, minyak kelapa yang bersifat anti-bakteri memang mampu membersihkan minyak pada wajah.

Oleskan pada wajah dan pijat ringan, lantas biarkan beberapa menit. Usai itu, gunakanlah handuk basah hangat untuk menyeka minyak kelapa tersebut.

7. Pembersih makeup mata.
Minyak kelapa ternyata mampu memecah zat kedap air yang ada di maskara dan eye shadow, sehingga dia bisa menjadi makeup remover.

Caranya adalah gunakan satu sendok minyak kelapa dan tuangkan di telapak tangan. Gosok minyak di tangan supaya terasa hangat dan oleskan lembut di kulit kelopak matamu sebelum menyekanya dengan cotton bud.

Tindakan ini bisa meluruhkan make up dan membuat kulit area mata lembut. Tapi pastikan terhindar dari kontak mata ya.

8. Penyeka makeup keseluruhan.
Selain untuk membersihkan makeup di area mata, minyak kelapa juga bisa kamu gunakan membersihkan keseluruhan makeup yang ada di wajahmu.

Oleskan saja di wajah dan biarkan selama satu menit, kemudian seka dengan kapas dan cuci wajah seperti biasanya. Kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa bersamaan dengan produk kecantikan favoritmu, tapi tetap pastikan sesuai anjuran dokter kecantikan langgananmu.

9. Pelembap wajah.
Karena minyak kelapa mengandung antioksidan, diyakini bisa menghilangkan garis halus kerutan pertanda penuaan. Tapi kalau kulit wajah cenderung berminyak dan banyak komedo, minyak kelapa tak bisa kamu gunakan terlalu banyak.

Soalnya minyak kelapa bersifat comedogenic (bersifat menyebabkan komedo yang memblokir pori-pori kulit) level 4, sehingga kalau kamu menggunakannya rutin dan berlebihan, bisa memperbanyak komedo.

10. Pelembut kutikula.
Minyak kelapa membentuk kelembaban kulit tubuh, termasuk kutikula kuku yang retak. Cukup oleskan ke dasar kuku untuk menghaluskan kutikula. selain itu, minyak kelapa mampu melindungi manikur kamu sedikit lebih lama.

11. Krim cukur bulu.
Minyak kelapa bisa menjadi krim cukur bulu kaki ampuh. Selain itu, minyak kelapa bisa menjadi pelembab kulit kaki.

12. Perawatan jerawat.
Minyak kelapa diyakini menjadi obat jerawat yang efektif. Sebab minyak kelapa bersifat antiinflamasi, mengandung vitamin E, dan asam laurat dan kaprat, yang melawan infeksi mikroba (yang sering menyebabkan jerawat).

13. Penyingkir stretch mark tubuh.
Asam lemak dalam minyak kelapa mencegah dan mengatasi bahaya radikal bebas yang menyerang jaringan kulit dan mencegah regenerasi kulit. Dengan kata lain, minyak kelapa membantu mengatasi stretch mark di kulit tubuhmu.

14. Tabir surya.
Minyak kepala diduga memiliki kandungan SPF alami 4, sehingga direkomendasikan sebagai alternatif alami untuk krim tabir surya. Namun begitu, kalangan dokter belumlah mengamini gagasan ini sebab belum teruji klinis. Maka dari itu, tetap utamakan SPF rekomendasi dokter kulit atau pakar kecantikan untuk melindungi kulitmu dari sinar matahari berbahaya.

15. Mengatasi ketombe.
Hampir setiap orang bermasalah dengan ketombe, apa kamu juga? Ketombe adalah infeksi jamur dan sering dimulai dengan masalah kulit kepala kering.

Terapkan minyak rambut untuk mengatasinya. Oleskan di kulit kepala kemudian pihak perlahan. Minyak kelapa dipercaya sebagai pelembap yang bersifat antijamur.

Related News