Brilio.net - Menjaga kesehatan kulit dapat dilakukan dengan berbagai cara. Selain merawat kulit dari dalam dengan mengonsumsi makanan bergizi yang baik untuk kulit, kaum hawa biasanya menjaga kesehatan dan kecantikan kulitnya dengan menggunakan beberapa produk kecantikan seperti sabun, handbody, atau pun lulur.

Kulit yang sangat diperhatikan yaitu wajah. Biasanya para wanita akan menggunakan berbagai macam perawatan wajah, dari mulai sabun cuci muka, toner, serum, essence, pelembap dan lain sebagainya. Bagi sebagian orang membersihkan wajah dengan sabun sudah cukup, padahal cuci muka belum cukup untuk membuat kulit wajah bersih dari kotoran. Dengan itu, kamu perlu face scrub sebagai rangkaian perawatan wajah.

Scrub wajah merupakan salah satu produk perawatan wajah yang ampuh membantu menghilangkan sel kulit mati. Scrub wajah juga bisa membantu mengatasi kulit wajah yang kusam. Penggunaan scrub bisa dilakukan 1-2 kali dalam satu minggu secara rutin.

Menurut American Academy of Dermatology, eksfoliasi (pengelupasan kulit mati) dapat membuat kulit tampak lebih cerah karena menghilangkan lapisan atas sel kulit mati. Hal ini juga dapat merangsang produksi kolagen, yang dapat membantu kulitmu agar tetap kencang dan bercahaya.

Loading...

Ada banyak cara untuk mengeksfoliasi kulit secara alami. Ada beberapa bahan alami yang bagus untuk digunakan sebagai face scrub. Face scrub dari bahan alami ini dapat mencerahkan kulit kusam dan melawan tanda-tanda penuaan.

Face scrub mengangkat sel kulit mati dan penumpukan permukaan untuk mengungkap kulit baru yang lebih sehat dan mempercepat proses pembaruan kulit.

Untuk membuat face scrub alami, kamu dapat menggunakan buah-buahan, atau pun bahan makanan lainnya sebagai scrub yang membuat kulit wajah nampak bersih, sehat serta glowing.

Berikut delapan cara membuat face scrub dari bahan alami, dirangkum brilio.net dari good house keeping pada Kamis (27/8).

1. Stroberi.

Face scrub alami © 2020 brilio.net

foto: freepik

Cegah dan obati jerawat dengan scrub wajah yang mampu melawan jerawat sekaligus menenangkan seperti stroberi. Jika kamu terganggu oleh jerawat yang terus-menerus, atau kulit kusam dan berminyak, scrub ini akan membantu mencerahkan, membersihkan, dan mengurangi bakteri di permukaan kulit.

Bahan scrub stroberi:
- 1 cangkir yoghurt plain
- 1/2 cangkir stroberi yang telah ditumbuk
- 1/2 cangkir tepung almond
- Sedikit cuka apel

Cara membuat:
Campur semua bahan dan gosok lembut campuran tersebut pada kulit. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

2. Madu.

Face scrub alami © 2020 brilio.net

foto: freepik

Face scrub dari madu bermanfaat untuk melembabkan kulit. Gunakan scrub wajah madu ini setiap kali kulitmu membutuhkan tambahan nutrisi dan pengelupasan pada saat yang bersamaan.

Bahan scrub madu:
- 5 buah ceri
- 1 sdm bubuk almond
- 1/4 cangkir madu
- 1 sdm gula merah
- 3 sdm yoghurt

Cara membuat:
Campur dan gosok perlahan pada kulit selama 30 detik, lalu bilas dengan air hangat.

3. Lemon.

Face scrub alami © 2020 brilio.net

foto: freepik

Air lemon memiliki sifat antiseptik yang membantu membunuh bakteri, sehingga bagus untuk mengurangi sebum dan peradangan pada kulit wajah. Menggunakan lemon sebagai face scrub diperlukan takaran yang pas supaya tidak mengiritasi kulit.

Bahan scrub lemon:
- 1/2 sdt lemon
- 1 sdm garam
- 1 sdt air

Cara membuat:
Campur semua bahan hingga tercampur rata, kemudian gosokkan pasta ke kulit dengan gerakan melingkar. Gosok perlahan selama dua sampai tiga menit, hati-hati jangan sampai menggosok terlalu keras. Bilas dengan air hangat dan lanjutkan rutinitas perawatan kulitmu.

4. Mawar.

Face scrub alami © 2020 brilio.net

foto: freepik

Minyak bunga mawar dipercaya dapat mencegah penuaan diri, menghidrasi kulit, mengencangkan pori-pori, mengurangi peradangan, serta membuat kulitmu terasa lebih cerah.

Bahan scrub mawar:
- 2 sdm minyak biji anggur
- 5 sdt kacang almond bubuk
- 1 sdt madu hangat
- 2 tetes minyak mawar

Cara membuat:
Haluskan semua bahan menjadi satu dalam mangkuk kecil, lalu oleskan ke wajah. Bilas dengan air hangat.

5. Kiwi.

Face scrub alami © 2020 brilio.net

foto: freepik

Kiwi kaya akan asam amino dan vitamin C, sehingga kandungan keduanya membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit.

Bahan scrub kiwi:
- 1 buah kiwi utuh (kupas dan tumbuk)
- 2 sdt gula merah
- Beberapa tetes minyak zaitun

Cara membuat:
Aduk semua bahan, aduk rata. Gosok face scrub dengan lembut ke kulit dengan gerakan melingkar selama tiga hingga lima menit. Angkat dengan air hangat.

6. Oatmeal.

Face scrub alami © 2020 brilio.net

foto: freepik

Face scrub yang terbuat dari oatmeal ini sangat cocok untuk kulit kusam dan lelah, karena melembutkan, menenangkan kemerahan pada kulit, dan memberikan dorongan nutrisi yang sangat dibutuhkan kulit.

Bahan scrub oatmeal:
- 1/4 cangkir madu
- 1/2 sendok makan gula merah
- 1/4 cangkir susu
- 1/2 cangkir oatmeal matang

Cara membuat:
Gabungkan semua bahan dan aduk hingga mendapatkan tekstur yang kental namun berbutir. Gosok wajah, lalu bilas dengan air.

7. Kopi.

Face scrub alami © 2020 brilio.net

foto: freepik

Kopi memiliki banyak manfaat mencerahkan dan peremajaan untuk kulit. Sehingga kopi sangat bagus digunakan sebagai bahan scrub alami karena juga dapat mengeksfoliasi kulit dengan lembut.

Bahan scrub kopi:
- 1/2 cangkir kopi yang baru digiling
- 1/2 cangkir yogurt atau susu
- 1 sdm madu

Cara membuat:
Campur bahan bersama-sama dan usapkan dengan lembut ke kulit. Bilas dengan air hangat.

8. Gula kelapa.

Face scrub alami © 2020 brilio.net

foto: freepik

Gula membantu menghaluskan kulit tanpa membuatnya kering seperti garam. Face scrub yang mengandung minyak dan gula kelapa ini membantu menenangkan dan melembabkan kulit berkat asam lemak omega-3 di dalam kelapa.

Bahan scrub gula kelapa:
- 1/3 cangkir minyak kelapa
- 1 cangkir gula aren
- 1 sendok makan bubuk matcha organik
- 1 sdt madu organik

Cara membuat:
Campur semua bahan dan gosok wajah dengan lembut, lalu bilas hingga bersih. Face scrub ini harus digunakan dua atau tiga kali seminggu.

Related News