1. HOME
  2. »
  3. Tips
7 Cara menghilangkan ketombe dengan soda kue, mudah dan efektif

Bahan-bahan dapur ternyata ampuh mengatasi masalah ketombe.

 

Dwiyana Pangesthi, 08 Oktober 2019 22:02

Brilio.net - Serpihan kulit mati berwarna putih di rambut dan bahu sering menjadi masalah umum bagi orang-orang. Ya, masalah ini karena kulit kepala kering dan terkelupas hingga menyebabkan ketombe. Ketombe jadi masalah hampir semua kalangan, baik laki-laki maupun perempuan.

Ketombe akan menjadi tidak terkendali ketika kulit rambut juga berminyak. Produksi minyak berlebih menyebabkan kulit kepala menjadi gatal. Pemakaian produk sampo yang tidak cocok juga bisa jadi salah satu penyebabnya. Kondisi ini menyebabkan kulit kepala menjadi kering, rambut jadi rontok, dan infeksi.

Masalah ketombe membuat dampak negatif seperti mengganggu penampilan dan kepercayaan diri. Oleh karena itu dibutuhkan sampo yang mampu mengatasi ketombe menyesuaikan kondisi kulit kepala. Biasanya banyak orang rela mengeluarkan biaya yang ekstra untuk mengatasi ketombe dengan perawatan di salon. Hal ini tentunya akan mengeluarkan biaya yang mahal serta memakan waktu sendiri.

Sebenarnya ada cara mudah dan sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi ketombe. Kamu bisa mengatasi ketombe dengan memanfaatkan bahan-bahan alami, salah satunya baking soda.

Baking soda yang terkenal menjadi salah satu bahan makanan ini memiliki sifat antiseptik. Baking soda mampu mengatasi infeksi jamur yang menyebabkan ketombe. Selain itu baking soda dipercaya bisa membantu menjaga keseimbangan PH kulit kepala.

Cara menggunakan baking soda untuk menghilangkan ketombe pun mudah. Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber pada Selasa (8/10), ini lima cara menghilangkan ketombe dengan menggunakan soda kue. Mudah dan efektif!

1. Baking soda dan minyak zaitun.

5 Cara menghilangkan ketombe dengan menggunakan soda kue freepic.com

foto: pixabay

Cara pertama menghilangkan ketombe pada kulit kepala dengan menggunakan campuran baking soda dan minyak zaitun. Nutrisi yang terkadung dalam minyak zaitun bisa membantu memperbaiki sel kulit mati dan rusak. Minyak zaitun bisa menjadi mengatasi penyebab awal munculnya ketombe. Minyak zaitun juga membantu melembapkan kulit rambut agar memiliki PH seimbang.

Cara penggunaan baking soda dan minyak zaitun cukup mudah. Pertama siapkan 5 sdm minyak zaitun dan 2 sdm baking soda. Campurkan kedua bahan tersebut dan oleskan pada kulit kepala hingga ke ujung rambut kamu. Diamkan selama satu malam sambil dibungkus menggunakan kain atau handuk hangat. Keesokan harinya bilas dengan air dingin bersih. Lakukan beberapa kali untuk hasil yang efektif.

2. Baking soda dan jeruk nipis.

5 Cara menghilangkan ketombe dengan menggunakan soda kue freepic.com

foto: freepik

Jeruk nipis dipercaya dapat mengatasi ketombe. Kandungan pada jeruk nipis tak hanya terdapat kandungan vitamin C, namun juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat serat, lemak protein, zat besi, dan masih banyak lainnya. Kandungan vitamin C pada jeruk dapat berfungsi mendorong pertumbuhan rambut.

Cara menggunakan baking soda dan jeruk nipis untuk menghilangkan ketombe, yakni siapkan 2 sdm baking soda dan siapkan 2 sdm perasan jeruk nipis. Aduk kedua bahan tersebut hingga tercampur rata menjadi pasta.

Gunakan bahan campuran untuk masker bagian kulit kepala hingga bagian dekat akar rambut. Diamkan selama satu jam sebelum keramas. Bilas rambut dengan menggunakan air hangat lalu keramas seperti biasa.

3. Baking soda dan minyak kelapa.

5 Cara menghilangkan ketombe dengan menggunakan soda kue freepic.com

foto: pixabay

Minyak kelapa dikenal ampuh mengatasi ketombe. Kandungan vitamin E pada minyak kelapa dapat menutrisi dan menjaga kesehatan rambut. Cara pengaplikasian bahan ini mudah, siapkan 1 sdt baking soda, 1 sdm minyak kelapa dan 1 adm madu. Campurkan ketiga bahan tersebut hingga rata.

Selanjutnya, oleskan pada kulit kepala kamu dan biarkan selama 30 menit. Kemudian bilas dengan air dingin. Untuk hasil maksimal gunakan masker baking soda dan minyak kelapa dua kali seminggu.

4. Baking soda dan garam.

5 Cara menghilangkan ketombe dengan menggunakan soda kue freepic.com

foto: freepik

Bumbu dapur yang memiliki rasa asin ini ternyata dapat menghilangkan ketombe. Sifat scrub dari perpaduan baking soda dan garam dapat mengangkat kulit mati pada kepala. Serta dapat menghilangkan rasa gatal yang mengganggu kulit kepala kamu.

Cara pembuatan kedua bahan ini yaitu, menyiapkan 3 sdm garam dapur yang halus dan sediakan 3 sdm baking soda yang sudah dicampur dengan 50 ml air suling. Pertama oleskan baking soda pada kulit kepala dan rambut hingga ujung. Tunggu beberapa saat lalu oleskan garam. Sisir rambut perlahan sembari dipijat. Terakhir bilas dengan air bersih.

5. Baking soda dan cuka apel.

5 Cara menghilangkan ketombe dengan menggunakan soda kue freepic.com

foto: pixabay

Cuka apel dapat menghilangkan ketombe dengan ampuh. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa cuka apel dapat mengatasi ketombe. Sifat asam pada larutan cuka apel dapat mengubah PH kulit kepala. Perubahan PH ini mampu menangkal jamur penyebab ketombe.

Penggunaan baking soda dan cuka apel harus teratur dan tidak berlebihan. Caranya siapkan 2 sdm baking soda dan 3 sdm cuka sari apel. Oleskan pada kulit kepala, biarkan selama 10 menit. Kemudian bilas dengan air dingin.

6. Baking soda dan tea tree oil.

5 Cara menghilangkan ketombe dengan menggunakan soda kue freepic.com

foto: shutterstock

Tea tree oli mengandung antiseptik yang dapat membantu kulit kepala tetap bersih. Campuran baking soda dan tea tree oil bekerja lebih optimal mengatasi kulit kepala yang berketombe.

Caranya sediakan 2 sdm baking soda dan 2 tetes minyak pohon teh. Campurkan kedua bahan tersebut, oleskan dan pijit pada rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin. Gunakan obat ini seminggu sekali.

7. Baking soda dan lidah buaya.

5 Cara menghilangkan ketombe dengan menggunakan soda kue freepic.com

foto: pixabay

Lidah buaya dapat menjaga kecantikan termasuk untuk mengatasi ketombe. Jel lidah buaya dapat mengangkat sel kulit mati pada kepala serta membunuh jamur penyebab ketombe.

Caranya campurkan 3 sdm baking soda dengan 2 batang jel lidah buaya yang sudah ditumbuk. Campur hingga menjadi pasta. Gunakan pasta untuk masker rambut sebelum keramas. Pijat perlahan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih. Setelah itu keramas seperti biasa.

Related News

(brl/vin)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

7 Cara menghilangkan ketombe dengan soda kue, mudah dan efektif.
Bahan-bahan dapur ternyata ampuh mengatasi masalah ketombe.
https://brilistyle.brilio.net/tips/7-cara-menghilangkan-ketombe-dengan-soda-kue-mudah-dan-efektif-191008t.html
SEND
Loading...


What Do You Think

Up Next: 24 Cara mengatasi kulit wajah berminyak secara alami dan ampuh

Next
TOP