Brilio.net - Warna kulit memang tidak dapat menjadi patokan atau ukuran untuk mendefinisikan kecantikan seorang perempuan. Pasalnya setiap orang memiliki standar penilaian yang berbeda.

Namun, memiliki kulit cerah dan bersih tentunya menjadi idaman setiap orang. Untuk mendapatkan kulit cerah, sehat, dan bersih sebenarnya gampang lho.

Yang menarik, hal ini bisa didapatkan dengan biaya yang murah dan tidak akan berdampak buruk bagi kesehatan maupun kecantikan kulit. Cara ini adalah cara alami dengan memanfaatkan buah bengkoang.

Bengkoang sendiri mengandung protein, asam lemak, asam amino, serat, dan vitamin C. Bahkan, kini bergam produk kosmetik menggunakan bahan dasar dari buah bengkoang. Di antaranya digunakan untuk masker.

Loading...

Buat kamu yang ingin membuat masker bengkoang sendiri, bahan dan cara membuatnya tidaklah rumit. Manfaat yang bisa kamu dapatkan juga tak kalah dengan masker kemasan yang bisa dibeli di toko kecantikan.

Berikut ulasan cara membuat masker dari bengkoang beserta manfaatnya, seperti brilio.net himpun dari berbagai sumber, Selasa (15/12).

1. Cara membuat masker bengkoang alami.

membuat masker dari bengkoang  © 2020 brilio.net/freepik.com

foto: freepik.com

Untuk mendapatkan manfaat dari buah bengkoang kamu bisa kamu bisa membuat masker bengkoang tanpa campuran bahan lainnya. Siapkan 1 buah bengkoang, kupas hingga bersih dan cuci. Lalu parut bengkoang hingga habis. Kemudian peras airnya tanpa perlu menambahkan air. Diamkan perasan air bengkoang hingga mengendap.

Gunakan endapan air bengkoang untuk masker. Diamkan beberapa menit hingga wajah terasa kesat, bilas dengan air dingin.

Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu juga bisa mencampurkan masker dengan beberapa bahan yang tentu saja mempunyai manfaat untuk kecantikan wajah.

2. Cara membuat masker bengkoang dan madu.

membuat masker dari bengkoang  © 2020 brilio.net/freepik.com

foto: freepik.com

Madu cocok digunakan oleh semua jenis kulit. Bahan ini juga memiliki efek menghambat proses penuaan dini dan keriput serta melembabkan dan menghidrasi kulit dengan baik.

Siapkan satu buah bengkoang, kupas dan cuci bersih. Parut bengkoang hingga habis, lalu peras airnya. Diamkan perasan bengkoang hingga mengendap.

Gunakan endapan sari bengkoang menjadi masker. Tambahkan 3 sendok makan madu dalam endapan. Aduk hingga rata dan aplikasikan pada wajah. Diamkan beberapa saat hingga kering. Bilas dengan air bersih.

3. Cara membuat masker bengkoang dan putih telur.

membuat masker dari bengkoang  © 2020 brilio.net/freepik.com

foto: freepik.com

Kupas kulit bengkoang, kemudian cuci umbinya hingga bersih. Parut bengkoang hingga halus dan kemudian saring sehingga air dan ampasnya terpisah.

Diamkan air perasan hingga terlihat ada lapisan yang mengendap. Ambil sari patinya dan buang airnya. Campurkan dengan 1 putih telur ke dalam sari pati.

Aduk rata dan gunakan sebagai masker wajah. Diamkan 15-30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

4. Cara membuat masker bengkoang dan jeruk nipis.

membuat masker dari bengkoang  © 2020 brilio.net/freepik.com

foto: freepik.com

Sama seperti cara sebelumnya yakni parut bengkuang hingga halus, peras airnya. Diamkan hingga endapan terlihat, lalu buang airnya dan gunakan sari patinya. Jangan lupa tambahkan perasan jeruk nipis ke endapan. Oleskan pada wajah, diamkan 15-30 menit dan bilas dengan air bersih.

5. Cara membuat masker bengkoang dan air mawar.

membuat masker dari bengkoang  © 2020 brilio.net/freepik.com

foto: freepik.com

Seperti kita tahu air mawar memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, apalagi jika dipadukan dengan bengkoang. Penggunaan air mawar dipercaya dapat meningkatkan khasiat masker, sekaligus memberi efek harum dan menyegarkan pada kulit.

Ambil sari pati bengkoang kemudian campur dengan air mawar hingga konsistensi yang diinginkan. Aplikasikan pada wajah. Tunggu 15-30 menit lalu bilas dengan air bersih.

6. Cara membuat masker bengkoang dan minyak zaitun.

membuat masker dari bengkoang  © 2020 brilio.net/freepik.com

foto: freepik.com

Selanjutnya yakni menggunakan menggunakan campuran bahan sari pati bengkoang dengan minyak zaitun, untuk mendapatkan hasil maksimal. Ambil bengkoang, kupas dan parut, peras lalu endapkan.

Endapannya dapat dicampurkan dengan 2 sendok makan minyak zaitun. Lalu oleskan masker ini pada wajah dan dan diamkan 15-30 menit. Bilas dengan air dingin hingga bersih.

7. Cara membuat masker bengkoang dan beras.

membuat masker dari bengkoang  © 2020 brilio.net/freepik.com

foto: freepik.com

Beras rupanya juga memiliki manfaat untuk kecantikan kulit. Bahkan masker beras juga bisa memberikan efek mengencangkan kulit serta mencegah penuaan.

Ambil segenggam beras kemudian tumbuh halus hingga menjadi tepung. Siapkan buah bengkoang kupas dan cuci. Parut dan peras airnya. Diamkan untuk mendapatkan sari patinya.

Ambil tepung beras dan sari pati bengkoang 1:2 lalu aduk rata dan tambahkan minyak zaitun, oleskan pada wajah. Diamkan 15-30 menit lalu bilas.

Manfaat bengkoang untuk kecantikan

membuat masker dari bengkoang  © 2020 brilio.net/freepik.com

foto: freepik.com

1. Mencerahkan kulit wajah.

Bengkoang bermanfaat untuk kulit wajah dikarenakan kanduangnya yang kaya akan vitamin B1, C, dan zinc yang sangat berperan penting untuk mencerahkan kulit dan menjaga kulit agar tetap bersih bersinar. Vitamin C pada bengkoang memberikan rangsangan pada sel kulit untuk beregenerasi.

2. Menyamarkan dan menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam.

Pemakaian bengkoang secara teratur juga akan menyamarkan dan menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat. Cara untuk menyamarkan flek hitam tersebut, bisa dengan menghaluskan bengkoang dan dijadikan masker.

3. Mengecilkan pori-pori.

Nah, buat kamu yang memiliki masalah kulit dengan pori-pori, buah bengkoang yang dibuat masker mampu mengatasi masalah ini loh. Kotoran serta sel mati pada wajah yang menumpuk akan hilang seiring dengan penggunaan bengkoang pada wajah secara rutin. Dengan demikian maka pori-pori akan mengecil, serta kulit wajah akan terasa lebih segar dan memberi efek dingin.

4. Membuat kulit wajah menjadi lebih sehat.

Kandungan nutrisi pada bengkoang sangatlah banyak. Mulai dari air hingga vitamin di dalamnya dapat menjadikan kulit terlihat lebih sehat.

Kamu dapat mengonsumsinya secara langsung atau membuatnya sebagai jus. Selain itu, kamu juga dapat menggunakannya sebagai masker alami yang efektif.

Related News