Brilio.net - Olahraga kini menjadi salah satu aktivitas wajib yang harus dilakukan masyarakat. Terlebih di masa pandemi Covid-19, berolahraga menjadi satu keniscayaan. Maklum, dengan berolahraga kita bisa meningkatkan imunitas. Berolahraga secara teratur penting untuk kesehatan dan mental secara keseluruhan.

Tak heran jika saat ini berbagai jenis olahraga mulai dari yoga, jogging, hingga bersepeda menjadi tren, terutama di perkotaan. Namun ada yang menarik di balik aktivitas menguras keringat yang dilakukan masyarakat. Mereka tak hanya memperhatikan dari sisi kesehatan semata loh. Tapi soal perlengkapan termasuk outfit yang digunakan juga menjadi sorotan.

Selain ingin sehat, kebanyakan orang juga saat berolahraga ingin tampil style. Tapi sebenarnya, bukan cuma soal penampilan loh. Pemilihan perlengkapan yang tepat saat berolahraga ternyata memberikan manfaat yang cukup besar. Berikut tips memilih perlengkapan olahraga yang tepat.

1. Pilih bahan yang menyerap keringat

Loading...

6 Tips memilih perlengkapan olahraga © 2020 brilio.net

Karena kamu akan banyak berkeringat selama berolahraga, memilih pakaian yang sesuai akan sangat membantu. Pilihlah bahan yang dapat menyerap keringat sehingga kulit kamu dapat bernapas seperti kain khusus yang terdapat pada pakaian untuk atletik. Istilahnya bahan semacam ini bisa “bernapas” sehingga memberikan kenyamanan bagi pemakainya. Bahan jenis ini juga bisa menghilangkan kelembapan dan membuat tubuh kamu terasa sejuk dan kering.

Selain kemampuannya menghilangkan keringat, bahan semacam ini juga bagus karena tidak akan mendorong pertumbuhan bakteri. Lebih sedikit keringat dan pertumbuhan bakteri berarti tidak ada lagi pakaian olahraga yang bau. Selama ini mungkin banyak dari Sobat Brilio yang memilih pakaian berbahan katun untuk olahraga. Memang sih katun bisa menyerap keringat, tapi ingat bahan ini menjadi berat dan kotor setelah kamu berkeringat.

2. Pilih outfit yang melindungi kamu dari dampak lingkungan

6 Tips memilih perlengkapan olahraga © 2020 brilio.net

Pemilihan pakaian olahraga yang tepat juga dapat melindungi kamu dari dampak lingkungan sekitar. Jika kamu berencana berolahraga di luar rumah saat cuaca panas, pakaian olahraga yang longgar dengan bahan kain yang dapat bernapas sangat penting. Ini akan membantu menjaga tubuh kamu tetap dingin sehingga tidak kepanasan. Selain itu, kamu sebaiknya memilih warna yang lebih terang untuk memantulkan sinar matahari dari tubuh.

Nah untuk kondisi dingin, kamu bisa melapisi pakaian agar tetap hangat terhadap cuaca. Namun, sebaiknya pilih juga lapisan luar yang memberikan ventilasi, yang memungkinkan pengaturan suhu tubuh dengan mudah. Kamu dapat melepasnya jika merasa terlalu panas.

3. Kenyamanan sangat penting loh

6 Tips memilih perlengkapan olahraga © 2020 brilio.net

Salah satu manfaat utama memakai perlengkapan olahraga yang tepat adalah kenyamanan. Misalnya ketika kamu ingin pergi ke gym, pemilihan sepatu yang salah bisa berakibat fatal. Sepatu yang salah akan membuat kaki kamu melepuh. Bra olahraga yang terlalu ketat akan berpengaruh pada punggung. Begitu juga dengan celana pendek yang salah hanya akan menggesek dan mengiritasi paha kamu. Karena itu pilihlah perlengkapan olahraga  yang membuat kamu nyaman sekaligus tampil gaya, sehingga kamu merasa percaya diri sehingga kamu bisa fokus latihan (berolahraga).

4. Pilih pakaian yang tidak menghalangi rentang gerak

6 Tips memilih perlengkapan olahraga © 2020 brilio.net

Satu hal yang nggak kalah penting, memilih pakaian olahraga yang tidak menghalangi rentang gerak kamu. Kan nggak mungkin kamu lari dengan menggunakan celana jeans ketat. Karena itu memilih pakaian yang tepat tidak akan menghalangi gerakan kamu saat berolahraga, termasuk kamu yang menggunakan hijab. Saat ini banyak kok outfit olahraga yang diperuntukan bagi pengguna hijab.

Intinya pakaian olahraga yang salah akan menghambat kamu. Untuk performa yang lebih baik, pilihlah pakaian fleksibel yang memungkinkan tubuh kamu bebas bergerak. Jangan menggunakan pakaian yang terlalu ketat atau pas jika itu justru membuat kamu tidak bebas berolahraga.

5. Tahan lama

6 Tips memilih perlengkapan olahraga © 2020 brilio.net

Memang sih untuk pakaian olahraga yang bagus, kamu harus mengeluarkan kocek lebih mahal. Tapi hal itu sebanding dengan daya tahannnya. Perlengkapan olahraga yang tepat biasanya akan ekstra tahan lama. Karena itu disarankan kamu memilih pakaian olahraga dari toko-toko yang khusus menjual sportswear.

Saat ini banyak sportswear station yang menawarkan perlengkapan olahraga. Salah satunya Decathlon yang baru-baru ini mengumumkan akan segera membuka outlet terbaru di Mall of Indonesia (MOI), Jakarta Utara, setelah memiliki empat cabang di Indonesia seperti Bandung, Mal Taman Anggrek, Bekasi dan Alam Sutra.

“Masyarakat sekarang sudah semakin melek dengan olahraga. Yang digemari masyarakat juga semakin beragam mulai dari bersepeda sampai golf. Kami bekerja sama dengan Decathlon berusaha memenuhi kebutuhan yang semakin beragam tersebut,” ujar COO Agung Sedayu Realestat Indonesia David Hilman kepada media baru-baru ini.

6. Konsultasi sebelum membeli

6 Tips memilih perlengkapan olahraga © 2020 brilio.net

Tidak seperti toko pada umumnya, outlet sportswear biasanya menyediakan layanan konsultasi kepada calon pembeli. Hal ini memungkinkan pengguna bisa mendapatkan perlengkapan olahraga yang tepat. Karena itu nggak ada salahnya sebelum memilih kamu konsultasikan dulu perlengkapan yang dibutuhkan.

“Kalau biasanya belanja peralatan olahraga cuma datang terus beli, di Decathlon yang areanya luas dan produknya lengkap ini pengunjung bisa lebih leluasa dan nyaman, bisa konsultasi pilih peralatan nyang cocok,” lanjut David.

6 Tips memilih perlengkapan olahraga © 2020 brilio.net

Decathlon MOI akan menjadi toko olahraga terbesar di Indonesia, karena luas area outlet tersebut mencapai 3.115 meter persegi. Dengan luas tersebut, Decathlon mengklaim menjual kebutuhan perlengkapan lebih lengkap dari semua cabang olahraga.

Related News