Brilio.net - Tas dan sepatu merupakan fashion item yang digilai oleh banyak orang, tak hanya pria tapi juga wanita. Tak heran bila banyak orang yang menjadikan kedua barang itu sebagai fashion item favorit.

Tas dan sepatu sendiri memiliki harga yang beragam tergantung dari kualitas bahan dan juga tingkat kesulitan dalam membuat produk tersebut. Selain itu materialnya juga diperhatikan, ada yang menggunakan kulit ada juga yang suede.

Setiap bahan tas dan sepatu memiliki perawatan yang berbeda. Misalnya saja bahan suede yang memang paling sulit dibersihkan. Karena bahannya halus, perlu perawatan dan penyimpanan yang baik. Dengan perawatan yang tepat, kamu dapat menjaga kulit suede dalam kondisi yang baik dan juga membuatnya tahan lama.

Berikut tips membersihkan tas dan sepatu dengan bahan suede seperti dilansir brilio.net dari Times of India, Rabu (9/9).

Loading...

1. Bersihkan dengan sikat gigi.
Sikat gigi berfungsi untuk membersihkan debu atau pasir. Sikat bagian tas dan sepatu yang berbahan suede dalam keadaan kering. Kamu bisa menggunakan sikat gigi atau bahkan sikat kuku untuk membersihkan kotoran.

2. Gunakan penghapus khusus suede.
Untuk noda-noda tertentu, kamu juga bisa menggunakan penghapus berbahan suede, yang mudah didapat secara online. Tapi kamu juga bisa menggunakan penghapus pensil untuk membersihkan noda tersebut.

3. Gunakan cuka putih.
Untuk noda yang membandel, kamu bisa gunakan cuka putih. Oleskan sebagian cuka putih pada noda dan gosok dengan kain. Ulangi proses ini sampai noda hilang.

4. Gunakan bedak.
Jika kamu mengenai cairan pada aksesori suede, tepuk cepat dengan handuk atau tisu tebal. Lalu aplikasikan bedak pada noda dan simpan semalaman. Setelah bedak mengering, kamu bisa dengan mudah menyikatnya. Jangan pernah membersihkan suede dengan air karena dapat merusak tekstur dan warnanya.

5. Gunakan semprotan.
Untuk menjaga bahan suede tetap bagus dalam jangka waktu yang lebih lama, gunakan semprotan pelindung dari bahan suede. Ini akan membantu mencegah noda dan kotoran menempel di permukaan kulit.

Related News