Brilio.net - Memilih cincin pernikahan seringkali menjadi “pekerjaan rumah” yang memusingkan, terlebih bagi si calon pengantin pria. Maklum, banyak pria yang kerap kurang sreg dengan cincin pernikahan pilihan pasangannya.

Nggak heran jika memilih cincin pernikahan untuk pria terkadang membutuhkan waktu yang tak sebentar. Seringkali juga membuat para pria stres. Karena itu memilih cincin nikah untuk pria bukan hal yang mudah.

Hal terpenting saat memilih cincin nikah adalah memutuskan dengan bijak dan teliti sehingga tidak menyesal dikemudian hari mengingat cincin nikah adalah simbol bersatunya dua individu dan sudah selayaknya dikenakan hingga akhir hayat nanti. Pastikan kualitas bahannya bagus, desainnya sesuai dengan karakteristik si pemakai.

Berikut tips memilih cincin pernikahan untuk kaum pria agar pas dengan suasana hati dan nyaman digunakan.

1. Sesuaikan model cincin dengan gaya dan hobi

3 Tips memilih cincin nikah © 2022 brilio.net

Saat memilih cincin nikah untuk pria, sebaiknya menyesuaikan model cincin dengan gaya dari pria tersebut. Kamu pun bisa mencocokkan model cincin dengan hobi atau pekerjaan yang mereka lakukan. Misalnya saja, jika pria tersebut termasuk orang yang menyukai olahraga alam yang ekstrim ataupun memiliki perkerjaan kasar di luar ruangan, ada baiknya untuk tidak menggunakan batu permata. Hal ini bisa menyebabkan batu permata hilang ataupun rusak.

2. Cocokkan dengan kepribadian si pria

3 Tips memilih cincin nikah © 2022 brilio.net

Perlu juga untuk mencocokkan model atau desain cincin dengan kepribadian seseorang pun bisa menjadi salah satu pilihan. Misalnya saja, pria yang memiliki kepribadian sederhana dan lebih menyukai sesuatu yang tradisional akan lebih cocok menggunakan desain cincin polos sehingga lebih terlihat sederhana dan klasik.

3. Bukan berbahan emas juga oke lho

3 Tips memilih cincin nikah © 2022 brilio.net

Nah pada sebagian pria muslim, ada pandangan mereka tidak diperkenankan menggunakan logam emas. Solusinya, bisa mengunakan cincin berbahan Paladium. Apalagi di Indonesia ada sebuah brand jewelry bernama Spilla, yang tidak hanya menyediakan logam emas sebagai bahan baku perhiasan, tetapi juga logam lain seperti Paladium yang bisa digunakan pria muslim.

Meski bukan emas, Paladium masuk ke dalam golongan logam mulia yang anti korosi. Logam ini juga memiliki daya tahan yang baik serta anti alergi. Berdasarkan sifat logamnya, ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai bahan cincin nikah pria.

Berbeda dengan emas yang cenderung lunak, paladium memiliki sifat yang lebih keras sehingga lebih sulit untuk dibentuk. Sehingga desain cincin yang dibuat dari bahan Paladium biasanya lebih sederhana dan simpel. Ada dua pilihan kadar untuk logam paladium yaitu kadar maksimal 50% dan kadar 25%. Pemilihan kadar bisa didasarkan dengan budget yang dimiliki. Sehingga tak perlu takut untuk over budget dalam penentuan cincin nikah ini.

(brl/red)

Related News

(brl/red)