1. HOME
  2. »
  3. Tips
13 Cara alami mengatasi ketiak hitam dalam waktu singkat

Ketiak hitam sangat mengganggu penampilan saat ingin memakai pakaian tanpa lengan.

foto: skincare.com  

Lola Lolita, 17 Februari 2019 23:01

Brilio.net - Bagi kamu yang kerap menggunakan baju terbuka pastinya sangat risih bukan jika ketiakmu berwarna gelap? Permasalahan seperti ini memang kerap dialami oleh banyak wanita. Warna gelap di area tersebut membuat kaum wanita tidak leluasa memakai busana tanpa lengan. Ada beberapa hal yang menyebabkan kulit ketiak menghitam. Dari berbagai sumber kecantikan mengatakan bahwa kulit ketiak yang menghitam disebabkan penumpukan sel kulit mati.

Hal ini pun ditambah dari penggunaan deodoran yang terlalu sering. Sisa-sisa deodoran yang menumpuk dapat menyebabkan perubahan warna pada kulit. Jika kamu sering mencukur bulu ketiak juga bisa menjadi salah satu penyebab dari ketiak menghitam. Dokter menyarankan, ada baiknya kamu tidak mencukur ketiak dengan alat cukur instan, apa lagi jika dilakukan dengan cara yang tidak benar.

Ketiak merupakan bagian yang sensitif dan rentan terhadap iritasi. Tak hanya itu saja, yang dapat menyebabkan ketiak gelap karena ada sel kulit mati yang menumpuk. Kulit ketiak sama halnya dengan kulit wajah serta bagian tubuh yang lain, di mana membutuhkan membutuhkan eksfoliasi. Ada baiknya kamu untuk selalu menjaga kebersihan badan.

Jika hal-hal kecil sepeti itu tidak dijaga maka akan berdampak buruk untuk kedepannya, di mana akan mudah terinfeksi bakteri. Jika ketiak sudah terinfeksi bakteri, tidak hanya membuat ketiak menghitam, malainkan juga bisa menimbulkan bau badan. Nah kamu tidak perlu khawatir, gunakan beberapa bahan alami berikut ini untuk membantu mencerahkan kulit ketiakmu.

Dilansir dari berbagai sumber, Minggu (16/2) berikut cara alami mengatasi ketiak hitam.

1. Kentang.

Cara alami mengatasi ketiak hitam istimewa

foto: nomnompaleo.com

Kentang memang sangat terkenal di dunuia kecantikan. Kentang dipercaya dapat membantu membersihkan sekaligus memutihkan kulit. Cara penggunaannya cukup mudah, kamu cukup menggosokkan potongan kentang pada bagian ketiak. Jika kamu ingin menjadikannya masker juga bisa, kamu tinggal memblender kentang tersebut, kemudian oleskan pada ketiakmu.

2. Mentimun.

Cara alami mengatasi ketiak hitam istimewa

foto: mrswages.com

Mentimun dikenal sangat ampuh dalam mengatasi permasalahan di dunia kecantikan. Tak hanya ampuh menghilangkan kantung mata, masalah kulit ketiak yang menghitam juga bisa kamu atasi dengan menggunakan mentimun. Cara penggunaan cukup mudah, kamu cukup menggosokkan potongan mentimun pada ketiak. Gunakan secara rutin agar warna kulit ketiak menjadi lebih cerah dan lembab, sehingga lebih halus.

3. Kunyit.

Cara alami mengatasi ketiak hitam istimewa

foto: consciouslifestylemag.com

Kunyit memiliki kemampuan dalam mengatasi kulit iritasi, menyamarkan noda dan pigmentasi. Masalahmu akan bisa diatasi oleh kunyit dengan cara yang cukup mudah. Kamu bisa menggunakan bubuk kunyit atau kunyit batangan yang sudah diparut lalu campurkan dengan dua sendok makan lotion. Setelah tercampur, kamu tingga mengoleskan pada kedua ketiakmu. Lakukan secara rutin dua kali dalam seminggu.

4. Apel.

Cara alami mengatasi ketiak hitam istimewa

foto: arditor.com

Kamu bisa menggunakan apel untuk menyamarkan kulit hitam pada ketiak dan juga bisa menghilangkan bau. Pasalnya apel mengandung tingkat keasaman dan AHA yang dipercaya dapat membantu membunuh bakteri. Jika kamu gunakan secara rutin, maka dengan mudah kamu bisa mengatasi kulit ketiak yang hitam.

5. Minyak kelapa.

Cara alami mengatasi ketiak hitam istimewa

foto: foodandwine.com

Minyak kelapa kerap digunakan sebagai bahan alami untuk ekcantikan dan kesehatan. Meski prosesnya tidak cepat, namun minyak kelapa cukup membantu. Kamu menggunakan minyak kelapa tersebut secara rutin, selama 10-15 menit sehari sebelum mandi. Maka dengan sendirinya kamu akan melihat perubahan dari warna kulit ketiakmu.

6. Tomat.

Cara alami mengatasi ketiak hitam istimewa

foto: bonnieplants.com

Toman mengandung pencerah yang cukup baik untuk kulit. Jadi kamu bisa mengaplikasikan tomat untuk mencerahkan kulit ketiakmu. Cara penggunaannya cukup mudah, kamu cukup menggosokkan potongan tomat ke bagian ketiakmu. Gunakan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

7. Susu.

Cara alami mengatasi ketiak hitam istimewa

foto: hindustantimes.com

Susu memang memiliki fungsi yang cukup baik untuk tubuh. Hal ini disebabkan oleh asam lemak dan vitamin yang terdapat dalam susu. Untuk membantu mencerahkan kulit ketiak, kamu cukup mengoleskan langsung pada ketiak atau jika kamu ingin sedikit repot, campur 1 sendok makan susu, 1 sendok makan tepungdan 1 sendok makan plain yogurt. Diamkan selama 15 menit dan bilas hingga bersih.

8. Kulit jeruk.

Cara alami mengatasi ketiak hitam istimewa

foto: cupcakeproject.com

Kulit jeruk dapat mencerahkan kulit ketiak yang hitam. Namun jeruk yang dimaksud adalah kulit jeruk kering. Kamu tinggal menghaluskan kulit jeruk kering tersebut kemudian simpan di tempat yang tertutup. Jika kamu ingin menggunakannya, kamu tinggal larutkan secukupnya dengan air dan oleskan pada ketiak. Tunggu hingga 10 menit, kemudian bilas dengan air. Lakukan secara rutin 2-3 kali dalam seminggu.

9. Lemon.

Cara alami mengatasi ketiak hitam istimewa

foto: mnn.com

Lemon dikenal sebagai bahan alami yang dapat mencerahkan kulit. Lemon juga berfungsi sebagai sebagai bahan antiseptik yang dapat menghilangkan bau pada ketiak. Namun jika kamu menggunakan lemon, maka efek samping yang akan kamu rasakan adalah kulit ketiak akan terasa kering. Jika ingin menggunakannya, kamu bisa mencampurkan bubuk kunyit, yogurt tanpa rasa (plain), madu, dan jus lemon, diamkan selama 10 menit, lalu bilas.

10. Cuka.

Cara alami mengatasi ketiak hitam istimewa

foto: indiamart.com

Cuka juga bisa kamu gunakan untuk mencerahkan kulit ketiak yang menghitam. Caranya cukup mudah, gosok cuka pada ketiak dan diamkan selama 10 menit. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa mencampurkan cuka dengan tepung beras. Hal ini sangat membantu membunuh bakteri.

11. Baking soda.

Cara alami mengatasi ketiak hitam istimewa

foto: medicalnewstoday.com

Baking soda kerap dijadikan bahan pemutih alami. Kamu bisa mengaplikasikannya pada ketiak dengan cara mencampurkan baking soda dan air. Oleskan pada ketiak yang hitam, diamkan hingga mengering. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

12. Madu.

Cara alami mengatasi ketiak hitam istimewa

foto: medicalnewstoday.com

Madu memang sangat terkenal di dunia kecantikan. Bahan alami ini akan sangat membantu jika kamu ingin menyamarkan warna kulit ketiak. Selain menggunakan madu murni, kamu bisa mencampurnya dengan bahan lain misalnya susu, lidah buaya, dan minyak kelapa supaya lebih efektif.

13. Gula.

Cara alami mengatasi ketiak hitam istimewa

foto: kinder.com

Kamu bisa menggunakan gula sebagai scrub. Caranya cukup mudah, campur satu sendok teh gula dengan sedikit minyak kelapa dan gosokkan perlahan di bawah lengan selama beberapa menit. 

Related News

(brl/pep)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

13 Cara alami mengatasi ketiak hitam dalam waktu singkat.
Ketiak hitam sangat mengganggu penampilan saat ingin memakai pakaian tanpa lengan.
https://brilistyle.brilio.net/tips/13-cara-alami-mengatasi-ketiak-hitam-dalam-waktu-singkat-1902157.html
SEND


What Do You Think

Up Next: 3 Beauty vlogger Indonesia gemar bagikan tips kulit berminyak

Next
TOP