11 Cara menghilangkan flek hitam dengan bahan alami yang ampuh

11 Cara menghilangkan flek hitam dengan bahan alami yang ampuh

Brilio.net - Wajah menjadi salah satu bagian tubuh yang selalu menjadi perhatian, terutama bagi wanita. Mereka kerap menggunakan berbagai produk kecantikan untuk merawat wajahnya. Namun tak semua orang beruntung bisa mengatasi berbagai permasalahan di wajah. Permasalahan yang kerap menimpa wajah di antaranya jerawat, kulit kusam, kulit kering hingga flek hitam. Semua itu sangat menganggu dan pastinya merusak penampilan.

Flek hitam menjadi gangguan kesehatan kulit wajah yang kerap dikeluhkan wanita. Flek hitam sendiri merupakan bercak, bintik, atau noda berwarna kegelapan yang disebabkan pigmentasi kulit secara berlebihan. Dalam dunia medis flek hitam dikenal dengan ephelis.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan munculnya flek hitam, di antaranya faktor genetik, bekas jerawat, polusi, penggunaan kosmetik, dan paparan sinar ultraviolet (UV).

Mungkin saat ini para wanita bisa menyamarkan noda hitam di wajah dengan menggunakan foundation yang di dalamnya terdapat kandungan SPF. Namun apakah kamu akan terus menggunakan itu setiap saat? Rasanya sangat repot. Setiap hari harus memoles diri untuk menutupi flek hitam tersebut.

Untuk mengatasi permasalahan itu, ada bahan alami yang dapat menghilangkan flek hitam dengan ampuh. Apa saja itu? Berikut ulasannya dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (20/2).

1. Lidah buaya

 Cara menghilangkan flek hitam istimewa

foto: pixabay.com

Bahan alami pertama yang bisa kamu gunakan adalah lidah buaya. Gel pada lidah buaya sangat terkenal di dunia kecantikan. Di mana kandungan polisakarida yang berkhasiat untuk merangsang pertumbuhan sel kulit baru serta dapat menyamarkan flek hitam. Cara penggunaannya cukup cuci bersih lidah buaya, kemudian potong bagian sisi lidah dan ambil gelnya. Lalu oleskan gel tersebut ke wajah yang terdapat bintik hitam. Diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan dengan rutin dan wajah kamu bakal bersih dari flek hitam.

2. Putih telur

 Cara menghilangkan flek hitam istimewa

foto: pixabay.com

Putih telur dipercaya dapat menghilangkan bekas jerawat. Namun ternyata putih telur juga dapat menghilangkan flek hitam di wajah. Penggunaannya cukup mudah, siapkan putih telur, lalu oleskan ke wajah yang terdapat flek hitam, diamkan selama 10-15 menit, lalu cuci muka dengan air bersih. Jika tidak menyukai bau amis dari telur, kamu bisa menambahkan sedikit madu atau jeruk nipis.

3. Kentang

 Cara menghilangkan flek hitam istimewa

foto: pixabay.com

Kentang memang kerap digunakan untuk masker agar wajah lebih cerah. Namun ternyata, kentang juga bisa menghilangkan flek hitam. Kandungan zat tepung dan enzim di dalamnya berfungsi untuk mengurangi pigmentasi pada kulit. Cara penggunaannya cukup mudah, potong tipis-tipis kentang, kemudian letakkan potongan tersebut dipermukaan kulit yang terdapat flek hitam. Diamkan beberapa menit, kemudian cuci muka dengan air bersih.

4. Madu

 Cara menghilangkan flek hitam istimewa

foto: pixabay.com

Siapa yang tak tahu jika madu merupakan bahan alami yang begitu terkenal di dunia kecantikan. Madu ini bisa kamu gunakan untuk menghilangkan flek hitam. Caranya, kamu gunakan madu sebagai masker wajah diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Jika kamu rutin menggunakannya, maka akan sangat membantu untuk membersihkan wajahmu dari flek hitam.

5. Kunyit

 Cara menghilangkan flek hitam istimewa

foto: pixabay.com

Kunyit merupakan salah satu bahan alami yang cukup ampuh mengilangkan flek hitam. Kunyit sendiri memang cukup populer di dunia kecantikan, karena dapat mengatasi kerusakan kulit akibat radikal bebas dan mengurangi pigmentasi kulit. Bahkan kunyit dikenal sangat cepat dalam menghilangkan flek hitam. Cara penggunaannya cukup mudah, ambil dua sendok kunyit bubuk, tambahkan sedikit susu dan perasan air jeruk, aduk hingga merata, kemudian oleskan pada wajah yang terdapat flek hitam. Diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat.

6. Pepaya

 Cara menghilangkan flek hitam istimewa

foto: pixabay.com

Pepaya dikenal mampu mencerahkan kulit karena adanya kandungan enzim papain. Jika ingin menghilangkan flek hitam, kamu juga bisa menggunakan pepaya. Selain itu pepaya juga membantu membersihkan wajah dari kotoran dan mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat terpapar sinar matahari. Cara penggunaannya cukup mudah, haluskan pepaya, kemudian oleskan pada wajah yang terdapat flek hitam. Diamkan selama 20 menit lalu basuh muka dengan air bersih. Lakukan secara rutin, 3 atau 4 kali dalam seminggu.

7. Bawang merah

 Cara menghilangkan flek hitam istimewa

foto: pixabay.com

Bahan dapur satu ini juga dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan kulit, termasuk menghilangkan flek hitam. Caranya haluskan terlebih dahulu bawang merah, kemudian tambahkan satu sendok makan madu, lalu oleskan pada wajahmu. Diamkan selama 20 menit, setelah itu bilas hingga bersih.

8. Kayu cendana

 Cara menghilangkan flek hitam istimewa

foto: brambleberry.com

Kayu cendana sangat ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam pada wajah. Kandungan minyak yang terdapat pada kayu cendana mampu membersihkan flek hitam secara keseluruhan. Tak hanya itu saja, wajah kamu juga jadi lebih berseri-seri. Cara penggunaannya cukup mudah. Larutkan bubuk cendana dengan campuran 1 sendok makan gliserin dan 3 sendok madu. Lalu campuran tersebut diaduk dan oleskan pada wajah yang terdapat flek hitam. Diamkan beberapa menit, kemudian bilas dengan air bersih.

9. Jus lemon

 Cara menghilangkan flek hitam istimewa

foto: pixabay.com

Lemon mengandung vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Untuk menghilangkan flek hitam, ada dua cara yang bisa dilakukan dengan lemon, yakni sebagai masker wajah atau mengkonsumsi jusnya setiap hari.

Jika kamu ingin menggunakannya sebagai masker, maka oleskan perasan lemon pada wajah yang terdapat flek hitam. Diamkan beberapa saat dan bilas dengan air bersih. Gunakanlah secara rutin untuk hasil yang maksimal.

10. Soda kue

 Cara menghilangkan flek hitam istimewa

foto: medicalnewstoday.com

Kemunculan flek hitam, bisa disebabkan oleh bekas jerawat. Nah untuk menghilangkan bekas jerawat ini bukan hal mudah. Salah satunya kamu bisa menggunakan soda kue untuk menghilangkannya. Carannya cukup mudah. Campurkan soda kue dengan sedikit air sehingga menjadi pasta masker, lalu oleskan pada wajah yang terdapat flek hitam. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air hangat.

11. Oatmeal

 Cara menghilangkan flek hitam istimewa

foto: pixabay.com

Oatmeal yang biasanya dipakai untuk sarapan ternyata bisa menghilangkan flek hitam pada wajah. Kandungan sapoin yang terdapat dalam oatmeal berfungsi membuang sel kulit mati sekaligus mempercerah kulit wajah dengan cepat. Cara penggunaannya cukup mudah. Haluskan oatmeal, kemudian campurkan dengan perasan jeruk lemon atau madu. Kemudian oleskan pada wajah yang terdapat flek hitam. Diamkan hingga kering, lalu bilas dengan air bersih.

(brl/fen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES