Brilio.net - Jika kita pelajari lebih dalam, ternyata banyak sumber makanan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Apalagi di Indonesia, banyak bahan alami yang bisa diandalkan untuk menjaga kesehatan. Salah satunya adalah kunyit.

Kamu jangan menyepelekan jenis tanaman herbal yang satu ini. Dalam berbagai studi, kunyit ternyata mampu menghalau penyakit sebagaimana dikutip oleh brilio.net dari USNews, Jumat (18/9). Itulah mengapa kamu harus menambahkan jenis rempah-rempah ini dalam makananmu mulai sekarang karena alasan berikut ini.

1. Bisa mencegah kepikunan
Turunnya daya ingat atau kepikunan merupakan hal yang menakutkan seiring bertambahnya umur. Gangguan ini biasanya dikenal dengan Alzheimer. Untuk mencegahnya kamu bisa mengonsumsi kunyit. Kandungan curcumin pada rempah-rempah ini mampu membersihkan amyloid plaques yang terdapat pada Alzheimer.

Selain itu kandungan curcumin juga bisa mencegah microglia tetap sehat meski terlalu aktif. Microglia merupakan sel imun dari pusat saraf yang merespon stress pada tubuh. Jika microglia terlalu aktif hal ini bisa menyebabkan gangguan pada saraf susah diberhentikan. Untuk itulah cegalah dengan menambahkan kunyit pada makananmu.

Inilah alasan mengapa kamu harus tambahkan kunyit dalam makananmu


2. Bisa melawan kanker
Dalam studi tahun 2003, zat curcumin pada kunyit ternyata bisa mencegah sekaligus melawan sel kanker. Pada beberapa percobaan, kunyit ternyata mampu menurunkan dan juga melambatkan perkembangan kanker pada hewan. Bahkan, kunyit juga dianjurkan sebagai terapi pada kanker karena kandungan curcuminnya.

Jadi, mulai sekarang kamu bisa tambahkan kunyit pada menu makanan karena manfaatnya yang luar biasa. Kamu bisa menikmati menu kari dengan kuah yang menggoda. Atau tidak, kamu bisa mengonsumsi kunyit yang sudah dijadikan sebagai minuman.