Brilio.net - Apakah kamu sadar makanan yang kamu konsumsi itu berasal dari mana? Atau paling tidak berasal dari bahasa apa? Kita memang jarang melakukan hal ini dalam ritual saat makan. Yang penting adalah perut kenyang, semuanya sudah beres.

Padahal, banyak kok makanan yang kita jumpai itu berasal dari Bahasa Arab. Hayo sadar nggak? Hal ini terjadi karena banyak orang Eropa yang menyerap bahasa Arab pada masa kolonial dulu.

Berikut adalah nama-nama makanan dan minuman yang berasal dari Bahasa Arab sebagaimana dihimpun oleh brilio.net.


1. Alkohol.

makanan bahasa arab  Mental Floss

Kata alkohol dalam Bahasa Arab adalah al-kuhl, semacam bubuk hitam yang berfungsi sebagai eyeliner. Memang awalnya adalah untuk keperluan kosmetik bukan minuman. Baru pada 1700an, alkohol menjadi bahan untuk wine dan juga beer. Fungsi utama dari bahan ini adalah sebagai menghias mata, bukan minuman.

2. Aprikot.

makanan bahasa arab  Mental Floss

Dalam Bahasa Arab, aprikot disebut dengan al-borcoque. Kata ini masuk ke dalam Bahasa Inggris pada abad ke-16 yang dipinjam dari Bahasa Portugis, albricoque. Kemudian dalam bahasa Prancis diubah menjadi abricot.

3. Kopi.

makanan bahasa arab  Mental Floss

Kopi berasal dari Bahasa Arab, qahwah. Artinya adalah hal yang gelap. Kopi menjadi bahasa yang kita kenal karena berasal dari Turki, kahve. Kemudian kopi menyeberang ke Inggris, Italia, dan Belanda yang berganti dengan kopi seperti sekarang.

4. Lemon.

makanan bahasa arab  Mental Floss

Limun artinya adalah lemon dalam Bahasa Arab. Kemudian, kata ini diserap menjadi limon dalam Bahasa Prancis klasik. Kemudian kita mengenalnya dengan lemon.

5. Sirup.

makanan bahasa arab  Mental Floss


Kata sirup masuk dalam Bahasa Inggris pada abad 14. Kata ini berasal dari Prancis, sirop. Dalam Bahasa Arab, sirup disebut dengan sharab.

6. Tamarind/asam.

makanan bahasa arab  Mental Floss

Dalam Bahasa Arab, asam dikenal dengan dikenal dengan tmr hindi. Kemudian kata ini diserap dalam Bahasa Latin menjadi tamarindus. Kemudian dalam Bahasa Inggris menjadi tamarind.

7. Sorbet (semacam es krim).

makanan bahasa arab  Mental Floss

Kata asli dari sorbet adalah sharbah dalam Bahasa Arabnya. Kemudian dalam Bahasa Prancis diserap menjadi sorbet. Hingga kini, orang mengenalnya dengan sorbet, termasuk di Indonesia.