Brilio.net - Kunyit merupakan salah satu bahan alami yang dipercaya dapat meningkatkan kecantikan seseorang. Bahkan kunyit dijadikan salah satu masker alami yang bisa mengatasi berbagai masalah kulit. Kunyit memiliki jumlah antioksidan yang sangat kaya, sifat antiinflamasi, antibakteri, dan antijamur, membuatnya bekerja lebih baik dari kebanyakan obat yang dijual bebas.

Kunyit memiliki komponen bioaktif yang disebut kurkumin. Kurkumin memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang baik untuk kulit. Karena itulah, kunyit sangat sering dijadikan masker.

Namun, menggunakan masker kunyit sebagai produk perawatan wajah juga tak boleh sembarangan. Kamu juga perlu memperhatikan jenis kulit. Tiap jenis kulit pastinya memerlukan perawatannya sendiri.

Kira-kira apa saja manfaat kunyit untuk kulit? Berikut beberapa manfaat kunyit seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (24/8).

1. Mencerahkan kulit.

Manfaat kunyit untuk kulit © 2020 brilio.net

foto: freepik.com



Siapa sih, yang tak ingin memiliki kulit bersih dan cerah? Sekarang ini untuk memilikinya, orang harus berjuang untuk melakukan berbagai perawatan.

Kamu bisa menggunakan kunyit untuk mencerahkan kulit. Pasalnya kandungan antioksidan dan komponen antiinflamasi. Karakteristik ini dapat memberikan cahaya dan kilau pada kulit. Kunyit juga dapat menghidupkan kembali kulit dengan mengeluarkan cahaya alami.

Berikut cara penggunaannya:
1. Campur kunyit dan tepung jagung. Setelah dibuat menjadi pasta, tambahkan madu
2. Oleskan masker ke wajah dan leher
3. Biarkan selama 15-20 menit
4. Gunakan kain basah hangat untuk menghapus masker. Gunakan seminggu sekali

2. Mengatasi kulit wajah berminyak.

Manfaat kunyit untuk kulit © 2020 brilio.net

foto: freepik.com



Kulit berminyak bisa menjadi munculnya masalah kulit lainnya, seperti komedo dan jerawat. Kunyit dikenal untuk mengatur produksi sebum yang berlebihan. Kamu bisa menjadi kunyit sebagai masker wajah.

Kamu bisa memadukan kunyit dengan bubuk cendana, karena untuk kulit berminyak dua paduan ini bekerja dengan sangat baik. Berikut cara menggunakan masker kunyit untuk kulit berminyak:

1. Tambahkan bubuk cendana dan sejumput bubuk kunyit dalam mangkuk
2. Campurkan semuanya dan buat pasta dengan menambahkan air mawar
3. Oleskan dan simpan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air dingin
4. Gunakan ini beberapa kali seminggu

3. Menyamarkan bekas jerawat.

Manfaat kunyit untuk kulit © 2020 brilio.net

foto: freepik.com



Salah satu masalah wajah adalah jerawat dan juga bekasnya. Kamu nggak perlu khawatir, karena kunyit bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi masalah jerawat kamu. Tak hanya itu saja, kualitas anti-inflamasi kunyit dapat membersihkan pori-pori dan menenangkan kulit.

Kamu bisa mengombinasikan kunyit dan yogurt untuk menghilangkan bekas jerawat, luka dan sebagainya. Cara pemakaiannya:

1. Campur yogurt, air mawar dan sejumput kunyit
2. Aduk rata hingga membentuk pasta yang lembut. Oleskan ke seluruh wajah
3. Biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin. Gunakan seminggu sekali

4. Mengurangi kerutan wajah.

Manfaat kunyit untuk kulit © 2020 brilio.net

foto: freepik.com



Garis-garis halus di area wajah mulai terlihat? Tidak perlu khawatir, karena kandungan aktif yang terdapat pada kunyit diyakini bisa memperbaiki tekstur kulit secara menyeluruh, termasuk mengurangi munculnya kerutan.

Tak hanya itu, kunyit juga dipercaya efektif meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh yang dapat menjaga elastisitas kulit sehingga kulit akan tetap kencang.

Kamu bisa mencampurkan susu dan bubuk almond dengan kunyit untuk mendapatkan manfaat masker kunyit untuk wajah dalam mengatasi kulit kering dan kerutan.

Susu dapat membantu untuk menghidupkan kembali kulit kering dan meningkatkan pertumbuhan jaringan, yang mengurangi kemungkinan penuaan dini. Sementara almond menambah kelembapan pada kulit dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

Cara menggunakannya:
1. Campurkan susu, bubuk almond, dan sedikit kunyit sampai menghasilkan pasta. Jika terlalu tebal, kamu dapat menambahkan susu lagi
2. Oleskan secara merata pada kulit bersih di seluruh wajah dan biarkan selama 15-20 menit
3. Bersihkan dengan kain bersih dan hangat. Akhiri dengan percikan air dingin. Lembapkan dengan krim pelembap setelahnya
4. Ulangi seminggu sekali secara rutin

5. Cocok untuk kulit sensitif.

Manfaat kunyit untuk kulit © 2020 brilio.net

foto: freepik.com



Ada beberapa orang tak bisa menggunakan produk kecantikan yang mengandung kimia. Biasanya mereka akan mengalami kemerahan pada kulit, peradangan, dan gatal-gatal. Untuk mengatasi itu, kamu bisa menggunakan campuran kunyit dan lidah buaya.

Lidah buaya mengandung sifat antioksidan yang membantu menghaluskan kulit. Kandungan ini sangat membantu untuk mengatasi ruam, bekas luka dan juga kulit kemerahan karena alergi.

Cara pakai:
1. Campur yogurt, gel lidah buaya segar, dan sejumput bubuk kunyit hingga membentuk pasta
2. Oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 20 menit
3. Gunakan beberapa kali seminggu, atau setiap kali terjadi iritasi