Brilio.net - Bawang putih atau disebut Allium Sativum, pada umumnya dimanfaatkan oleh masyarakat di seluruh dunia untuk memasak. Harga bawang juga tidak mahal. Bahkan bawang putih juga bisa didapat di mana saja, baik itu di supermarket hingga pasar tradisional.

Selain untuk menyedapkan dan menambah rasa enak pada masakan, ternyata bawang putih juga memiliki manfaat dan khasiat yang penting untuk tubuh.

Meskipun mengandung zat kimia Allin, yang menyebabkan bawang putih mentah terasa getir, namun jangan dihindari lho. Alasannya jika dikonsumsi dalam jumlah tertentu dan secara rutin. Bawang putih ternyata bisa membantu untuk menyingkirkan banyak infeksi dan penyakit.

Para ahli juga menyarankan makan bawang untuk membantu melawan pertumbuhan berbagai jenis tumor. Bawang putih dapat meningkatkan fungsi hormon dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Nah, kali ini brilio.net akan berbagi beberapa manfaat nggak biasa dari bawang putih. Jika kamu sedang dalam keadaan tidak sehat dan mencari pengobatan untuk penyembuhan, maka bawang putih adalah pilihan terbaik. Berikut deretan manfaat tak biasa bawang putih yang dilansir dari Boldsky, Minggu (4/11).

1. Meningkatkan kadar insulin

Kalau kalian memiliki bentuk tubuh yang sedikit tambun, dan tidak ingin terserang penyakit diabetes.
Nggak usah repot-repot ke dokter dan mengeluarkan uang banyak, alternatifnya bisa menggunakan bawang putih. Karena zat-zat yang terkandung dalam bawang putih bisa membantu peningkatan kadar insulin dalam tubuh dan membantu mengendalikan kadar gula dalam darah.

2. Mengobati demam

Bila kamu atau orang-orang terdekatmu sedang mengalami demam, jangan diabaikan lho. Solusi yang paling mudah adalah menggunakan bawang putih. Caranya gampang banget kok, ambil beberapa potong kentang cincang dan bawang merah, kemudian campur dengan bawang putih cincang lalu bubuhkan campuran ini pada kaki kamu dengan menggunakan sepasang kaus kaki.

3. Menghilangkan iritasi pada mata

Pasti kebanyakan orang berpikiran jika bawang bisa membuat pedih dimata? Nah ternyata dengan cara itulah bawang bisa menyembuhkan iritasi pada mata. Caranya gampang banget kok, jika kamu memiliki gangguan mata, potonglah bawang untuk mendapatkan air mata mengalir. Hal ini membantu untuk meringankan iritasi pada mata. Pastikan kamu tidak menggosok mata karena akan memperburuk kondisi iritasi.

4. Mengobati batuk

Nah bila kalian merasa lelah karena batuk tak kunjung sembuh, gunakan obat sederhana dan alami ini dengan membuat campuran madu dan jus bawang. Madu akan menenangkan batuk, sedangkan bawang putih memiliki sifat antibiotik yang kuat dalam melawan bakteri.

5. Menyembuhkan luka bakar

Tidak ada orang yang ingin terluka bukan? Apalagi luka bakar, pastinya hal itu menyakitkan.
Namun bila ada yang terkena luka bakar, salah satu alternatif penyembuhannya dengan menggunkan bawang putih. Caranya mudah, cukup dengan mengiris bawang dan mengaplikasikannya langsung ke luka bakar. Ini membantu untuk menyembuhkan luka bakar secara langsung. Bagian terbaik dari obat menggunakan bawang ini adalah tidak meninggalkan bekas luka.

6. Berkhasiat sebagai antioksidan

Antioksidan diketahui sebagai zat yang penting untuk melindungi tubuh kita dari radikal bebas.
Pada umumnya radikal bebas dapat berasal dari pola makan yang tidak sehat, sering terkena polusi udara, dan radiasi dari penggunaan gadget yang berlebih.

Nah pastinya kalian tidak ingin kekurangan zat antioksidan kan? Kalian bisa mengonsumsi bawang secara rutin, caranya potong bawang dan rendam bawang putih pada air hangat dan tunggu beberapa saat, setelah itu minum rendaman air tersebut. Pasalnya di dalam bawang putih terdapat kalium, vitamin c, B6, fosfor dan seng yang tinggi.

7. Mencegah kanker

Penyakit kanker memang dianggap penyakit yang paling tidak bisa desembuhkan dan belum ada obatnya. Meskipun pernah ada beberapa orang dari berbagai belahan dunia pernah dikabarkan sembuh dari penyakit kanker.

Namun ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa lebih baik mencegah dari pada mengobati. Nah bawang putih inilah solusinya. Kandungan sulfur bioaktif yang terdapat pada bawang putih, bisa mencegah pembentukan sel kanker pada tubuh kita lho.

8. Mengobati infeksi paru-paru

Infeksi paru-paru bisa diakibatkan oleh berbagai macam hal. Beberapa di antaranya adalah kuman, bakteri atau virus yang bersarang pada paru-paru. Pasalnya sifat anti mikroba dan anti bakteri yang terkandung dalam bawang putih bisa mempercepat menyembuhkan penyakit infeksi paru-paru. Disarankan untuk hasil yang lebih maksimal dan lebih cepat sembuh, setidaknya mengonsumsi 2 siung bawang putih dalam satu hari.

9. Mengobati keputihan

Kaum wanita pasti merasa risih saat mengalami keputihan, dan pastinya mencari cara untuk menyembuhkan keputihan pada organ intim kewanitaan. Salah satunya bisa menggunakan bawang putih. Kandungan zat antijamur, antimikroba, dan antibakteri yang terkandung dalam salah satu jenis umbi tersebut bisa menyembuhkan keputihan tersebut. Caranya sangat mudah, bawang putih dapat diolah dengan berbagai cara, asalkan dikonsumsi secara rutin.

10. Mencegah alzheimer dan demensia

Alzheimer dan demensia merupakan istilah untuk menyebutkan penyakit otak, dimana sel-sel yang ada di dalam otak itu mati. Zat-zat yang terkandung dalam bawang putih ini ternyata bisa meningkatkan antioksidan pada tubuh dan kekebalan tubuh. Oleh karena itu, bawang putih bisa di gunakan untuk menyembuhkan penyakit alzheimer dan demensia.

11. Mengatasi sinusitis

Bawang putih juga bisa menyembuhkan penyakit sinusitis. Itu adalah pembengkakan pada sinus, dan bila dibiarkan bisa menjadi semakin parah. Kandungan antibakteri yang terkandung dalam bawang putih, bisa meredakan bahkan menyembuhkan radang pada rongga hidung tersebut.

12. Meningkatkan imunitas

Salah satu vitamin yang terkandung dalam bawang putih adalah vitamin c. Vitamin c dikenal mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak perlu lagi membeli vitamin c di apotek, gunakan bawang putih sebagai obat herbal yang lebih murah meriah dan mudah didapatkan.

13. Mengobati jamur kaki

Sifat anti inflamasi yang terkandung dalam bawang putih, ternyata terbukti ampuh lho untuk menyembuahkan jamur yang bersarang di kaki. Tidak hanya menyembuhkan jamur kaki saja, bawang putih juga bisa menyamarkan bekas luka yang disebabkan oleh jamur kaki.

14. Menyuburkan rambut

Berpenampilan cantik dan memiliki rambut bagus, merupakan impian setiap wanita. Sekarang tidak perlu ke salon lagi untuk melakukan perawatan rambut lho. Kalian bisa menggunakan bawang putih sebagai masker rambut herbal yang dijamin aman. Caranya juga mudah kok, tumbuk halus bawang putih dan oleskan di seluruh rambut serta kulit kepala sebagai masker rambut. Setelah itu bilas dengan air, kemudian keramas menggunakan sampo seperti biasa.

15. Meredakan sakit gigi

Sakit gigi bisa disebabkan oleh banyak hal, beberapa di antaranya kebiasaan tidak menggosok gigi setelah mengonsumsi makanan pada malam hari. Kemudian bakteri yang bersarang di mulut masuk ke dalam rongga-rongga gigi. Kandungan analgesik pada bawang putih, ternyata ampuh untuk mengurangi rasa sakit pada gigi.

16. Menurunkan berat badan

Setiap orang pasti mendambakan bentuk tubuh yang ideal. Nah zat-zat dan kandungan vitamin yang ada dalam bawang putih bisa membantu melancarkan metabolisme tubuh. Bila kalian rajin mengonsumsi bawang putih secara rutin, tentunya membuat metabolisme dalam tubuh kalian bisa semakin lancar. Apabila metabolisme lancar lemak-lemak jahat yang menumpuk dalam tubuh pastinya akan berkurang dan terbakar dengan sendirinya.

17. Menyembuhkan jerawat

Setiap orang pastinya mendambakan wajah yang mulus dan tidak ada jerawat. Namun bagaimana jika jerawat itu tetap muncul meskipun telah melakukan perawatan wajah? Gunakan bawang putih sebagai obat herbal, meskipun aromanya tidak enak. Tetapi dengan mengonsumsi satu hingga dua siung bawang tiap harinya, mampu menyembuhkan jerawat dari dalam bahkan sampai akar-akarnya.

18. Mengobati psoriaris

Penyakit psoriaris merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang menimbulkan gatal-gatal disertai rasa panas, nyeri dan sangat mengganggu. Hal tersebut bisa diatasi dengan mengonsumsi bawang putih. Pasalnya bawang putih mengandung anti inflamasi yang bisa membunuh bakteri jahat. Caranya dengan mengoleskan bawang putih secara langsung di pusat gatalnya.

19. Menyembuhkan flu

Bila terserang flu, kondisi badan menjadi lemah, demam, dan kepala pusing. Penyakit tersebut bisa disembuhkan dengan bawang putih. Bawang putih tidak hanya bisa menyembuhkan penyakit sinusitis lho. Sifat anti bakteri-nya juga bisa menyembuhkan flu.

20. Menambah gairah seksual pada pria

Aliccin yang terkandung dalam bawang putih bisa melancarkan peredaran darah, terutama perederan darah pada organ intim. Oleh karena itu dianjurkan bagi para pria untuk mengonsumsi bawang putih secara teratur. Bagi para pria yang ingin meningkatkan gairah seks, bisa mengonsumsi bawang putih secara teratur. Tak cuma itu tambahkan jus bawang dengan telur ayam, aduk, dan minum secara teratur.

Reporter: mgg/Vaulika Rinjani