Brilio.net - Kimono adalah pakaian tradisional Jepang. Arti harfiah kimono adalah baju atau sesuatu yang dikenakan (ki berarti pakai, dan mono berarti barang).

Pada zaman sekarang, kimono berbentuk seperti huruf "T", mirip mantel berlengan panjang dan berkerah. Panjang kimono dibuat hingga ke pergelangan kaki. Wanita mengenakan kimono berbentuk baju terusan, sementara pria mengenakan kimono berbentuk setelan. Kerah bagian kanan harus berada di bawah kerah bagian kiri. Sabuk kain yang disebut obi dililitkan di bagian perut atau pinggang, dan diikat di bagian punggung.

Sementara itu, Yukata adalah jenis kimono yang dibuat dari bahan kain katun tipis tanpa pelapis. Dibuat dari kain yang mudah dilewati angin. Yukata dipakai agar badan menjadi sejuk di sore hari atau sesudah mandi malam berendam dengan air panas.

Kalau dilihat sekilas, hampir tak ada beda antara Kimono ataupun Yukata. Namun, meskipun serupa rupanya dua pakaian asala Jepang ini tak sama, lho. Apa saja sih yang membedakannya?

Loading...

Seperti yang dilansir brilio.net dari wasa-bi.com, Senin (13/3), berikut adalah perbedaan Kimono dan Yukata yang wajib banget kamu ketahui.

1. Yukata dikenakan tanpa menggunakan kaus, sementara kimono menggunakan kaus.

Beda Kimono dan Yukata © 2017 brilio.net
foto: pinterest.com


Karena orang-orang di Jepang biasanya memakai Yukata setelah mandi atau setelah keluar dari kamar mandi, maka biasanya mereka tidak menggunakan kaus sebelumnya. Sementara, saat memakai kimono mereka menggunakan kaus terlebih dahulu.

2. Orang-orang Jepang menggunakan Kimono hampir di setiap musim, sementara Yukata hanya di saat musim panas saja.

Beda Kimono dan Yukata © 2017 brilio.net
foto: galeryhip.com


Di Jepang, orang-orang bisa menggunakan Kimono hampir di semua musim, sementara mereka tidak bisa mengenakan Yukata di semua musim, dan biasanya mereka mengenakan Yukata saat musim panas saja. Yukata tidak memiliki lapisan kain di dalamnya, sehingga bila di pakai di musim dingin akan terasa sangat dingin.

3. Kimono lebih mahal dari Yukata.

Beda Kimono dan Yukata © 2017 brilio.net
foto: aminoapps.com


Mengapa demikian? Sebab, bahan-bahan yang dipakai untuk membuat Kimono dan Yukata pun berbeda. Kimono terbuat dari wol dan beberapa bahan kimia. Sementara itu, Yukata dibuat hanya dari kapas.

4. Yukata berfungsi sebagai pakaian, sementara itu, Kimono adalah kain tradisional dan formal.

Beda Kimono dan Yukata © 2017 brilio.net
foto: jpninfo.com


Orang Jepang memakai Yukata di festival musim panas. Namun, mereka mengenakan Kimono di acara-acara penting dan formal.

Related News