Brilio.net - Berbicara mengenai kain tradisonal di Indonesia pastinya sangat beragam. Mulai dari Sabang hingga Marauke memiliki jenis kain yang berbeda-beda dan memiliki keunikan serta histori tersendiri.

Hal itu yang membuat kain tradisonal Indonesia sangat diminati oleh para desainer baik di dalam maupun luar negeri. Seperti halnya rumah mode Christian Dior yang menjadikan kain Endek sebagai koleksi Spring Summer 2021. Kain Endek Bali hadir dalam Paris Fashion Week pada sore hari 29 September 2020 di Jardin de Tuileries, Paris.

Loading...

Duta Besar Republik Indonesia untuk Paris, Arrmanatha Nasir merupakan rasa bangganya atas pengakuan yang tinggi terhadap keindahan dan kualitas kain Endek Bali dan berkontribusi positif terhadap dunia fashion internasional.

"Semoga ini menjadi penyemangat bagi masyarakat di Bali ditengah tantangan Covid-19," ujar Arrmanatha dalam siaran pers yang brilio.net terima, Kamis (1/10).

Kain endek bali © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@dior

Sementara itu, Artistic Director Christian Dior Couture, Maria Grazua Chiuri mengatakan pihaknya menggunakan kain Endek Bali tak hanya untuk baju tapi juga tas.

"Dari sekitar 86 desain koleksi terbaru, ada sekitar 9 motif kain Endek Bali yang digunakan dalam koleksi terbaru Christian Dior, ucapnya.

Dalam diskusi dengan Dubes RI Paris, Artistic Director Dior menyatakan bahwa inspirasi Christian Dior untuk menggunakan kain Endek Bali karena ingin mengangkat nilai dari kebudayaan serta memberi apresiasi kepada para penenun perempuan.

Kain endek bali © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@dior

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh tim Christian Dior, kain Endek Bali merupakan nilai kebudayaan yang sangat sesuai dengan hasil karya yang ingin diangkat oleh Christian Dior. Sebagai bentuk recognisi kepada para penenun di Bali, Christian Dior berencana untuk mencantumkan daerah asal kain Endek tersebut pada label pakaian nantinya.

Related News