Ini alasan kenapa jeans cewek tidak punya saku seperti jeans cowok

Ini alasan kenapa jeans cewek tidak punya saku seperti jeans cowok

Brilio.net - Saku pada pakaian sebenarnya punya fungsi yang penting. Selain menambah daya tarik, saku juga berguna untuk menyimpan barang berharga seperti ponsel atau kunci.

Namun seiring dengan berkembangnya tren fashion, saku pada pakaian wanita sengaja ditiadakan. Bahkan sejumlah produsen jeans hanya menambahkan saku palsu atau sekadar saku mini yang muat untuk wadah permen. Bisa dibilang, saku tersebut cuma aksesori belaka.

Namun tahukah kamu bahwa minimnya saku pada jeans wanita bukan hanya karena alasan fashion, tapi juga memiliki sejarah panjang.

Dilansir brilio.net dari Scoopwhoop, Rabu (5/7), pada zaman Victoria, kaum hawa tidak diperbolehkan memiliki saku seperti pada pria. Jika kantong atau saku untuk pria dijahit ke dalam celana, seperti sekarang, wanita harus menyembunyikannya di dalam gaun besar mereka. Penampakannya pun lebih mirip tas.

jeans  2017 brilio.net

Seiring dengan kemajuan zaman, celana jeans tidak hanya dipakai oleh kaum lelaki. Nah, untuk membedakan lelaki dan wanita, saku pada jeans wanita sengaja dihilangkan. Kala itu, saku dianggap terlalu maskulin bagi kaum wanita.

Sejak saat itu, wanita diizinkan memakai jeans asalkan tidak ada sakunya. Ada anggapan bahwa jika seorang wanita meletakkan sesuatu di saku celananya, itu akan menonjol dan merusak penampilan, membuatnya terlihat besar dan tidak menarik.

Rupanya, tren tersebut tidak hanya berlaku pada celana jeans dan hampir berlaku untuk semua item fashion. Dan aturan tak tertulis tersebut sepertinya diamini oleh masyarakat luas.

jeans  2017 brilio.net

Kendati demikian, ada sejumlah desainer yang menyematkan saku di karya-karya mereka. Apalagi kini dengan kenyataan bahwa ukuran ponsel yang semakin besar, maka keberadaan saku tentu sangat dibutuhkan.

(brl/ton)

tags

Advertising
Advertising
STORIES