Brilio.net - Kebutuhan wanita yang selalu ingin tampil cantik membuat pasar kosmetik sangat menjanjikan. Tak heran jika banyak beredar produk kecantikan dengan berbagai varian dan merek di pasaran. Namun, para wanita harus berhati-hati saat memilih kosmetik.

Faktor harga yang lebih murah kerap menjadi pertimbangan utama bagi kaum Hawa untuk memilih produk kecantikan. Tapi seperti kata peribahasa, ada rupa, ada harga. Bukan tidak mungkin, produk murah menggunakan bahan dan kandungan yang kurang terjamin kualitasnya. Parahnya lagi saat ini juga banyak beredar kosmetik abal-abal yang menggunakan nama merek tertentu yang sudah dikenal.

Produk palsu bukan hanya membahayakan bagi penggunanya tapi juga merugikan orang lain hingga miliaran rupiah. Peristiwa inilah yang dialami pemilik izin edar Klinskin Adev, Akbar Tanjung. Ia akhirnya angkat bicara terkait usaha yang digelutinya itu dimanfaatkan orang lain tanpa seizinnya. Dirinya dirugikan tiga orang yang memproduksi dan memperdagangkan produk sabun kecantikan dengan merek Klinskin tanpa Izin edar.

Waspada sabun palsu © 2021 brilio.net

Loading...

Perbedaan Sabun Klinskin asli (kanan) dan palsu (kiri)

“Intinya saya ingin melakukan pemulihan nama baik terhadap produk Sabun Klinskin. Selama ini, pelaku yang memproduksi dan memperdagangkan produk Sabun Klinskin tanpa izin mengakibatkan kami mengalami kerugian miliran rupiah,” kata Akbar di Saung Pak Ewok di kawasan Bogor Jawa Barat, belum lama ini.

Akbar memaparkan produksi dan perdagangan, produk tanpa izin edar itu dketahui berawal dari para pelanggan setia yang komplain terkait sabun yang dibelinya dengan cara online. Awalnya Akbar belum menyadari jika ada pihak-pihak yang telah memproduksi produk tanpa izin edar. Barulah setelah tambah banyak jumlah pelanggan yang komplain, ia mulai melakukan investigasi ke lapangan bersama timnya.

“Kebanyakan konsumen mengeluhkan sabun yang dibelinya ada yang aneh. Mulai dari harga yang lebih murah, berbeda aroma dan warnanya. Malah, ada konsumen yang mengaku setelah memakai sabun palsu rasanya bed ke badan. Nah, dari situlah kita selaku manajemen jadi curiga,” paparnya.

Waspada sabun palsu © 2021 brilio.net
Founder Klinskin Adev, Akbar Tanjung

Mirisnya lagi, sabun tanpa izin edar itu dilakukan seorang Youtuber sekaligus dokter yang sudah disaksikan 2 jutaan penonton. Karena itu Akbar pun meminta agar Youtuber tersebut menyampaikan klarifikasi atas fakta yang sebenarnya yaitu Sabun Klinskin yang memiliki izin edar ternyata telah disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Padahal sebelum Sabun Klinskin dipalsukan, menurut Akbar produknya itu laku keras dan diminati konsumen.

Kendati demikian, Akbar bersyukur karena pelaku, kini telah berhasil diamankan pihak Bareskrim Mabes Polri. Setelah dilakukan penggerebekan di sebuah gudang di kawasan Jelambar, Jakarta Barat.

Akbar pun memberikan tips cara mudah mengenali produk asli dan palsu. Dari segi warna, produk asli terlihat lebih transparan sementara yang palsu pekat dan gelap. Lalu tulisan pada sabun, yang asli lebih rapi dan tipis sementara yang palsu bold dan glossy.

Waspada sabun palsu © 2021 brilio.net
Produk Sabun Klinskin asli

Begitu juga dengan aroma yang berbeda, produk asli memiliki wangi soft seperti sakura sementara yang palsu memiliki wangi seperti parfum melati. Selain itu jika masih kurang yakin, bisa mengecek Kode Produk, Kode Aktivasi, dan Nomor Produk di cek.adevnatural.co.id.

Nah buat Sobat Brilio, berhati-hati saat memilih produk kosmetik. Jangan hanya berpikir soal harga yang murah jika yang dipertaruhkan adalah kesehatan kulit kamu.

Nih cara membedakan yang asli dan abal-abal

 

Related News