Brilio.net - Sneakers kini bukan lagi sekadar alas kaki, tapi sudah menjadi salah satu item penunjang feysen. Sneakers kerap dijadikan bagian penting untuk gaya berpakaian. Bahkan bagi sebagian anak muda, sneakers malah sudah menjadi salah satu instrumen investasi.

Alas kaki yang awalnya dikenal sebagai sepatu olahraga ini, sekarang menjelma menjadi sepatu yang sering digunakan kaum muda untuk melengkapi penampilan sehari-hari mereka. Ada berbagai alasan mereka menggunakan sneakers. Mulai dari bahannya yang lebih nyaman dan ringan ketika dipakai, sesuai dengan gaya penampilan sehari-hari mulai dari yang casual hingga yang chic, lebih praktis, dan lainnya.

Sneakers sendiri awalnya lahir di akhir abad ke-18. Namun, sepatu yang dibuat dari sol karet ini menjadi bagian dari fashion statement dan ikut andil dalam budaya hip hop dan rock ‘n roll di Amerika Serikat sejak tahun 1970-an. Sejak saat itulah para musisi dan pesohor menjadi bagian dari strategi pemasaran.

Shoesmart © 2021 brilio.net

Loading...

Nah di Indonesia, dalam beberapa tahun terakhir, lahir berbagai brand sneakers lokal, seperti New Era, Aerostreet, Gearfourth, Ricosta, atau Bare Foot yang kualitasnya tidak kalah dengan sneakers luar negeri yang beredar di pasaran. Selain itu, sneakers dalam negeri ini menawarkan model yang beragam dengan harga yang terjangkau.

Sayangnya, masih banyak anak muda yang belum mengenal sneakers lokal karena minimnya akses informasi. Selain itu masih ada sebagian pemilik brand sneakers yang kesulitan dalam mengenalkan dan memasarkan produknya.

Permasalahan inilah yang ditangkap sebagai peluang oleh Andrew Daniel Tanuwijaya untuk mendirikan Shoesmart, sebuah e-commerce khusus sepatu asal Indonesia sebagai ekosistem antara penjual dan pembeli sepatu dalam satu wadah online terpadu pada 2019 lalu di Surabaya. Tidak hanya sneakers, berbagai jenis sepatu untuk wanita, pria, dan anak-anak dapat ditemukan di Shoesmart yang sesuai dengan kebutuhan.

Shoesmart © 2021 brilio.net

Saat ini antusiasme anak muda dengan sepatu lokal, khususnya sneakers brand lokal cukup tinggi. Hal ini terlihat dari munculnya komunitas sneakers di media sosial yang didirikan para Sneakershead.

“Selain itu sekarang muncul berbagai sneakers brand lokal dengan desain yang menarik dan harga yang terjangkau. Kualitasnya pun juga bagus-bagus karena pabrik sepatu Indonesia sendiri sebenarnya mampu menghasilkan sneakers berkualitas,”  ujar Andrew.

Shoesmart saat ini telah bekerja sama dengan lebih dari 200 brand sepatu di Indonesia, termasuk puluhan brand lokal khusus sneakers seperti Aerostreet, Gear Fourth, Bare Foot, Trekkers dan sebagainya. Seiring berjalannya waktu, angka ini bertambah. Akhir tahun ini Shoesmart menargetkan akan menggandeng 500 brand sepatu demi memudahkan konsumen untuk menemukan sepatu yang tepat sesuai kebutuhan dan pelengkap penampilan mereka.

Shoesmart © 2021 brilio.net

Hal ini sejalan dengan tagline Shoesmart Belanja Sepatu Sesukamu yang ingin penggunanya dapat berbelanja jenis sepatu apapun sesuai kebutuhan pengguna tanpa perlu repot ke luar rumah. Demi meningkatkan pengalaman belanja yang aman, mudah, dan nyaman, Shoesmart kini tidak hanya dapat diakses melalui website, tapi juga bisa melalui aplikasi yang dapat di-download di Play Store Android atau App Store iOS.

“Sneakers akan selalu menjadi jenis sepatu yang banyak dicari karena nyaman dan bisa dipakai untuk berbagai macam situasi. Kami ingin menjadi andalan para Sneakershead untuk melengkapi kebutuhan mereka akan sneakers keren, berkualitas, dan sesuai dengan kebutuhan,” tutup Andrew.

Related News