Brilio.net - Manfaat totok wajah banyak sekali, terutama untuk kecantikan. Totok atau acupressure merupakan pengobatan tradisional yang dilakukan oleh masyarakat China untuk mengatasi masalah kesehatan. Namun semakin berkembangnya zaman, totok juga bisa untuk kecantikan dan hanya dilakukan di area wajah.

Metode totok ini ada dua macam, ada yang menggunakan jarum, ada juga yang menggunakan jari dengan menekan di titik-titik tertentu pada area wajah. Selain itu, totok wajah juga menggunakan metode pemijatan di area wajah dengan teknis khusus yang manfaatnya bisa langsung dirasakan. Metode totok wajah tergantung pada kondisi kulit, usia, serta tujuan perawatan kulit.

Metode totok wajah diketahui dapat merangsang aliran darah, sehingga membuat kulit tampak lebih segar dan bersinar. Dengan demikian, kamu akan terlihat lebih muda dan terhindar dari penuaan dini.

Dilansir brilio.net dari verrywellhealth, totok wajah ini tidak menimbulkan rasa sakit. Namun setelah melakukan perawatan tersebut, beberapa area wajah akan mengalami lebam, nyeri, dan pusing untuk sementara waktu. Namun hal itu wajar terjadi.

Loading...

Untuk melakukan totok wajah juga harus diperhatikan, sebab perawatan itu tidak bisa dilakukan pada luka terbuka, memar, varises, atau area yang memar atau bengkak.

Kali ini brilio.net merangkum manfaat dari totok wajah. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya seperti dirangkum dari berbagai Healthline.com dan Verywellhealth.com, Jumat (7/1).

1. Membuat wajah lebih rileks.

Manfaat totok wajah ©

foto: Freepik/senivpetro

Selama kita hidup pasti ada saja permasalahan yang dihadapi, baik di kantor, di rumah, atau dengan teman. Terkadang permasalahan itu yang bikin kamu jadi banyak pikiran dan stres. Masalah lain yang muncul adalah timbulnya keriput di wajah. Hal itu tentu sangat mengganggu dan menakutkan bagi sebagian orang. Untuk mengatasi masalah itu, kamu bisa melakukan totok wajah untuk membuat wajah lebih rileks dan segar.

2. Mencegah penuaan dini.

Manfaat totok wajah ©

foto: Freepik/racool_studio

Penuaan dini biasanya ditandai dengan munculnya flek hitam dan juga kerutan di wajah. Tanda penuaan dini sangat menakutkan bagi sebagian orang karena menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Untuk mengatasi masalah itu, kamu bisa melakukan totok wajah secara rutin. Pijatan di wajah itu dapat mengendurkan otot di wajah dan mengurangi kerutan. Penggunaan bahan-bahan alami dengan wangi rempah dan bunga juga bisa membuat kamu lebih rileks.

3. Melancarkan sirkulasi darah.

Manfaat totok wajah ©

foto: Freepik/senivpetro

Perawatan ini memiliki banyak sekali manfaat untuk wajah. Salah satunya adalah melancarkan sirkulasi darah yang dapat membuang kotoran dan juga sebagai detoksifikasi. Selain itu juga dapat membantu mengurangi bengkak dan mengecilkan pori-pori, sehingga kulit tampak lebih halus dan lembap.

Bonus lainnya dari melakukan perawatan ini, pengaplikasian makeup akan lebih mudah menyerap dan tahan lama karena wajah kamu dalam keadaan sehat dan rileks.

4. Kulit wajah lebih bercahaya alami.

Manfaat totok wajah ©

foto: Freepik/racool_studio

Otot-otot wajah dapat distimulasi dengan totok wajah sehingga dapat membawa oksigen ke area yang berisiko terkena penuaan dini. Aliran darah itu yang nantinya akan membantu wajah meningkatkan kolagen sehingga wajah kamu secara otomatis akan lebih bercahaya.

5. Mengurangi rasa sakit dan kelelahan.

Manfaat totok wajah ©

foto: Freepik/racool_studio

Dalam penelitian Pain Medicine, yang dilakukan pada orang-orang dengan nyeri punggung kronis, ditemukan bahwa fungsi totok wajah yang dilakukan sendiri ternyata juga bisa mengurangi rasa sakit dan kelelahan.

6. Memperbaiki tekstur wajah.

Manfaat totok wajah ©

foto: Freepik/racool_studio

Tekstur wajah yang tak rata dan mulus salah satunya disebabkan oleh bekas jerawat. Masalah ini sering dialami oleh beberapa orang. Untuk mengatasi masalah itu kamu bisa melakukan totok wajah. Dilansir dari Dermascape, titik 'mata ketiga' merupakan salah satu titik dalam totok wajah yang paling umum. Letaknya di antara alis, di mana pangkal hidung bertemu dengan dahi.

Melakukan tekanan ringan dan pijatan selama 60 detik dapat mengurangi peradangan serta akan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan saat ditekan. Sebab titik-titik tersebut berhubungan langsung dengan kelenjar endokrin atau hipofisis.

7. Mengencangkan pipi.

Manfaat totok wajah ©

foto: Freepik/senivpetro

Masalah pipi kendur pastinya sangat mengganggu penampilan wajah. Kamu bisa mengatasi permasalahan itu dengan melakukan totok wajah.

Gerakan memutar dari daun telinga turun ke bawah, tepat di bawah tulang rahang, dapat meningkatkan membentuk otot dan mencerahkan kulit. Pijatan tersebut juga dapat meningkatkan hormon endorfin kamu, lho.

8. Mengurangi stres.

Manfaat totok wajah ©

foto: Freepik/senivpetro

Manfaat totok wajah selanjutnya adalah dapat mengurangi stres. Meskipun penelitian tentang perawatan tersebut masih sangat terbatas, namun perawatan ini dipercaya mampu mengurangi sakit baik fisik maupun psikis.

Memberi tekanan di area leher bagian belakang tepat di bawah kepala, di bagian dasar tengkorak, tulang belakang merupakan titik terbaik mengurangi stres.

9. Membantu produksi kolagen.

Manfaat totok wajah ©

foto: Freepik/senivpetro

Menurunnya produksi kolagen pada wajah dapat membuat kamu mengalami masalah kulit seperti kulit kendur dan flek hitam. Hal itu biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebih, kurang tidur, serta pola makan yang tidak sehat.

Untuk mengatasi masalah itu kamu bisa melakukan totok wajah. Perawatan itu mampu meningkatkan aliran darah pada wajah sekaligus merangsang pembentukan kolagen dapat mencegah terjadinya penuaan dini.

Related News