Brilio.net - Smartphone memiliki banyak fungsi bagi penggunanya. Adanya smarphone memudahkan kamu untuk berkomunikasi dengan seseorang yang jauh di ujung dunia. Selain itu kamu juga bisa mengirim pesan hanya dalam beberapa detik dan berselancar di internet. Namun di balik keuntungan ini ada fitur dan trik lainnya yang sebenarnya mampu ponsel kamu lakukan.

Seperti 5 trik tersembunyi yang brilio.net kutip dari Brightside, Senin (19/12), yang mungkin jarang kamu ketahui padahal sangat berguna lho.

1. Mengunci ponsel yang dihilang atau dicuri.

trik smartphone © 2016 brightside.me



Jika smartphone kamu hilang atau dicuri dan kamu ingin mengamankan data pribadi, trik ini bisa sangat berguna. Setiap ponsel di seluruh dunia memiliki 15 digit angka unik yang disebut IMEI (International Mobile Station Equipment Identity). Saat smartphone hilang, kamu bisa menghubungi perusahaan telepon seluler dan meminta mereka memblokir perangkatmu menggunakan nomor IMEI. Nah, kamu bisa mengecak IMEI ponsel kamu dengan menekan kombinasi *#06# pada tombol panggil.

2. Menjadikan ponsel sebagai mikroskop.

trik smartphone © 2016 brightside.me



Trik ini mungkin terdengar luar biasa, tapi benar-benar bisa kamu lakukan dan tak perlu berbelanja peralatan mahal untuk bisa melihat objek mikroskopis dengan mata telanjang. Cukup gunakan lensa kecil, kamu bisa membuat mikroskop digital portabel yang sempurna untuk mengambil gambar benda-benda terkecil sekalipun. Atau kamu bisa juga membeli sebuah mikroskop sebesar kartu kredit yang terhubung wireless dengan smartphone.

 



3. Mengambil foto underwater.

trik smartphone © 2016 brightside.me



Tak semua smartphone yang diproduksi saat ini memiliki fitur anti-air. Namun, hanya karena kamu memiliki smartphone yang tak dilengkapi dengan fitur tersebut, bukan berarti kamu nggak bisa mengambil foto di bawah air. Cukup gunakan casing anti air yang sebaiknya transparan supaya smartphone kamu tak tertutup seluruhnya dan kamu bisa mengambil foto dengan jelas selama kurang dari 2 menit.

4. Menggunakan Face Unlock.

trik smartphone © 2016 brightside.me



Fitur Face Unlock bisa kamu gunakan kalau kamu memiliki smartphone Android dan memiliki kamera depan. Fitur pengenal wajah ini bertujuan untuk mencegah orang jahil yang ingin membuka ponsel kamu seenaknya. Jadi fitur ini diyakini lebih aman daripada menggunakan password untuk membuka ponsel. Kamu tinggal mengatur fitur ini di bagian Settings.

5. Memperpanjang usia smartphone.

trik smartphone © 2016 brightside.me



Colokan listrik ponsel cenderung menyimpan debu dan kotoran lainnya dari waktu ke waktu. Tapi hanya sedikit orang yang tahu bahwa debu bisa jadi salah satu penyebab 'kematian' ponsel. Untuk menghindari hal ini, bersihkan ponsel kamu secara rutin. Apalagi kini sudah banyak perangkat untuk membersihkan dan menyedot debu pada gadget bukan?