Brilio.net -
Soal urusan makeup, perempuan memang ahlinya. Meskipun tidak semuanya senang merias diri, mayoritas perempuan tahu tentang prinsip-prinsip dasar makeup. Sehingga dimomen-momen istimewa seperti acara kumpul keluarga atau acara kantor, perempuan bisa tampak memesona dengan makeup yang tepat.

Tapi sayangnya, masih banyak perempuan yang melakukan kesalahan saat bermake up. Biasanya kejadian ini dilakukan oleh perempuan yang baru mengenal makeup.

Nah, berikut brilio.net lansir dari getglammedup.com, Selasa (22/11) kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh orang yang baru mengenakan makeup.

1. Salah memilih shade foundation.

kesalahan makeup © 2016 brilio.net



Setiap perempuan pasti ingin wajahnya terlihat cerah. Meski begitu hindari menggunakan foundation yang warnanya tidak sesuai dengan warna kulit dan undertone kamu. Karena jika menggunakan foundation yang tidak sesuai dengan warna kulit justru akan terlihat belang di bagian leher dan berbeda dengan warna kulit tangan.

Agar tak terjadi hal tersebut, terlebih dahulu coba foundation yang ingin kamu gunakan dengan cara usapkan di bagian samping dagu hingga leher dan pilih warna foundation yang hampir mendekati warna kulit di bagian wajah hingga leher kamu.

2. Mengenakan foundation berlebihan.

kesalahan makeup © 2016 brilio.net



Foundation memang bertujuan untuk membuat wajah kelihatan lebih mulus tapi tetap memiliki tekstur alami. Nah ternyata menggunakan alas bedak secara berlebihan hanya akan membuat wajah tampak tua dan kurang natural.

3. Menyamakan warna alis dengan warna rambut.

kesalahan makeup © 2016 brilio.net







Yang boleh menyamakan warna alis dengan rambut hanya perempuan dengan rambut gelap. Untuk kamu yang mempunyai warna rambut coklat dengan highlight, harus mewarnai alis dengan warna yang sama dengan highlight rambut yang paling terang. Dengan mewarnai alis dengan warna yang lebih terang, mata akan lebih terlihat. Bila rambutmu berwarna terang seperti pirang, maka warna alis harus lebih gelap sedikit.

4. Alis terlalu tebal.

kesalahan makeup © 2016 brilio.net







Pasti kita tidak ingin alis terlihat berlebihan dan tampak tidak alami kan. Untuk mendapatkan alis yang sempurna, terlebih dahulu rapikan rambut-rambut alis yang berantakan untuk memudahkan saat menggambar alis. Sesuaikan dengan bentuk wajah dan selalu sisir rambut alis sebelum dan sesudah digambar agar terlihat rapi dan natural.

Untuk warna alis kamu bisa menyesuaikannya dengan warna rambut kamu. Selalu ikuti bentuk alami alis, dan hindari menggambar alis lebih panjang atau lebih lebar dibandingkan bentuk alisnya.

5. Warna eyeshadow yang tidak membaur.

kesalahan makeup © 2016 brilio.net



Jika kamu termasuk yang belum terlalu mahir dalam menggunakan eyeshadow, lebih baik gunakan dua warna eyeshadow dengan tone warna yang sama dan tidak mencolok. Jika menggunakan eyeshadow dan tidak dibaurkan secara sempurna hasilnya akan terlihat menor. Setelah menggradasikan dua warna, pastikan eyeshadow selalu kamu baurkan di pertemuannya agar hasilnya terlihat soft.

6. Contouring yang kurang pas.

kesalahan makeup © 2016 brilio.net



Contouring sangat penting untuk kamu yang ingin terlihat lebih tirus dan mepertegas wajah. Tapi hati-hati dalam memilih warna produk contouring karena pemilihan warna yang terlalu gelap justru akan membuat terlihat kusam.

Selain itu, cukup mengcontour bagian-bagian yang di perlukan saja agar hasilnya tidak berlebihan. Pilihlah produk contouring yang halus dan jangan lupa diblend agar terlihat menyatu dengan warna kulit.

7. Terlalu banyak memakai highlighter.

kesalahan makeup © 2016 brilio.net



Ingin terlihat glowy dengan menggunakan highlighter? Boleh saja, tapi pastikan jangan sampai berlebihan dalam menggunakan highlighter, apalagi jika kamu memiliki wajah yang berminyak.

Cukup gunakan di bagian yang ingin kamu tonjolkan dan terkena cahaya saja, seperti di hidung, bawah alis, dan tulang pipi secukupnya saja.

8. Merias mata dan bibir secara berlebihan.

kesalahan makeup © 2016 brilio.net



Merias mata dan bibir secara berlebihan adalah kesalahan besar dalam bermakeup, karena justru akan membuat penampilanmu tampak tua dan kurang wajar. Sebenarnya, kamu hanya perlu memilih salah satu antara mata atau bibir. Jika riasan mata sudah terkesan glamor, maka sebaiknya riasan bibir dibuat lebih natural begitu pun sebaliknya.

Related News