Brilio.net - Kamu pernah naik pesawat Garuda Indonesia? Kepikiran nggak sih kenapa ya warna seragam pramugarinya berbeda-beda? Ya, maskapai penerbangan

yang meraih penghargaan sebagai ‘Maskapai Bintang Lima’ atau ‘5-Star Airline’ oleh Skytrax ini memang terbilang berbeda dari maskapai lain. Pasalnya, selain pelayanannya terbaik, maskapai ini juga memiliki empat seragam warna yang berbeda.

Ternyata, empat warna itu menandakan jabatan atau peran seorang pramugari di dalam pesawat selama penerbangan. Riana, salah satu pramugari Garuda Indonesia mengungkapkan arti di balik warna seragam yang biasa dikenakan saat bekerja.

Garuda Indonesia  © 2016 brilio.net

foto: Instagram/@garuda.indonesia

Loading...

“Jadi di dalam cabin crew ada tiga tingkatan atau jenjang karier. Pertama pelaksana (junior dan senior), lalu Maitre d'cabin dan Purser atau Flight Service Manager. Kalau untuk tugas-tugasnya di setiap penerbangan itu berbeda-beda,” jelasnya saat ditemui brilio.net, di JCC, Senayan, baru-baru ini.

Untuk Pelaksana, seragamnya berwarna hijau toska dan oranye. Pramugari dengan seragam ini adalah yang paling sering kamu lihat kalau terbang naik Garuda Indonesia. Tugas mereka adalah melayani penumpang seperti menyediakan makanan dan sigap untuk membantu jika sewaktu-waktu ada permintaan dari penumpang.

Garuda Indonesia  © 2016 brilio.net

foto: Instagram/@garuda.indonesia

Sementara itu, untuk bagian Maitre d'cabin, warna seragamnya lila atau ungu. Ria menjelaskan, di setiap cabin Garuda Indonesia memiliki tiga kelas, ekonomi, bisnis, dan first class. Dalam setiap kelasnya itu memiliki koordinator sendiri dengan menggunakan baju berwarna lila atau ungu.

“Kemudian Purser yang memakai seragam berwarna biru, seperti seragam yang saya kenakan ini jabatannya paling tinggi di Cabin Crew, serta menjadi jembatan antara pramugari dengan kapten pilot,” tambahnya.

Garuda Indonesia  © 2016 brilio.net

foto: Instagram/@garuda.indonesia


Untuk setiap warna yang dikenakan memiliki makna yang berbeda. Warna ungu menggambarkan sikap elegan, kreatif, inspiratif. Sedangkan untuk seragam biru menggambarkan keandalan, kepercayaan, otoritas, dan ketenangan. Sementara itu, biru toska berarti kepuasan. Sedangkan oranye menggambarkan kehangatan, keramahan, dan energik.

Nah sudah tahu kan kenapa pramugari Garuda Indonesia pakai empat warna berbeda.

Related News