Brilio.net - Kamu pasti familier dengan yang namanya pomade. Atau kamu ternyata sudah memakainya sehari-hari untuk menunjang penampilanmu? Pomade adalah produk yang digunakan untuk membuat rambut tetap stylish dan gaya.

Buat kamu para cowok pasti sudah tak asing dengan benda yang satu ini, kan? Bentuknya padat mirip dengan wax. Pomade sendiri sudah ada sejak tahun 1800-an tapi mulai dikenal sejak tahun 1990-an. Nah, pomade ini dibuat dari bahan-bahan seperti minyak kelapa, wax, lanolin, dan wewangian untuk memberikan aroma khas.

Lalu, seperti apa sih awal mula dan evolusi pomade itu hingga bisa seperti sekarang? Yuk, intip evolusi pomade berikut ini yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (28/10) khusus buat kamu. Check this out!

1. Lahir abad ke-18

evolusi pomade Istimewa

foto: InspirationSeek.com

Pomade ini sudah ada sejak tahun 1800-an, tapi baru terkenal tahun 1990-an. Nama pomade berasal dari bahasa Prancis, pommade, yang artinya salep. Selama abad ke-18 ini, lemak beruang adalah item yang paling umum digunakan. Kamu pasti tak menyangka, pomade dulunya lebih populer daripada saat ini, lho. Seiring berjalannya waktu, untuk menciptakan model rambut klimis pada laki-laki, beragam produk dan merek pomade pun akhirnya banyak yang dipasarkan. Barulah di pertengahan abad ke-20 tren pomade kembali populer.

2. Dipopulerkan banyak artis 90-an.

evolusi pomade Istimewa

foto: elvis.com

Nggak cuma Elvis Presley saja yang sering banget pakai pomade dan justru menjadi ciri khasnya. Aktor kenamaan seperti Cary Grant hingga pentolan grup band Arctic Monkeys, Alex Turner, keduanya rupanya juga sangat menggemari pomade dan kerap terlihat menggunakan pomade di rambutnya, lho. Cocok deh jadi ikon pomade.

3. Bahan pembuat pomade.

evolusi pomade Istimewa

foto: gatsby.co.id

Awalnya pomade ini dibuat dari lemak beruang. Namun, di awal abad ke-20, bahan lainnya seperti petroleum jelly, lilin lebah, dan lemak babi akhirnya digunakan untuk kemudian menggantikan lemak beruang.

4. Gaya rambut terbaik yang bisa dibuat dengan menggunakan pomade.

evolusi pomade Istimewa

foto: lifeofablogger.com

Nggak melulu gaya itu-itu saja, rupanya Pomade bisa diaplikasikan dan bisa membentuk banyak gaya rambut. Salah satu gaya yang populer adalah pompadour, yakni rambut tersapu tinggi ke atas seperti gaya rambut Madame de Pompadour istri King Lous XV. Model rambut lain yang pas dengan Pomade adalah quiff, yang menggabungkan model pompadour pada 1950-an dan gaya mohawk. Ada juga model duck tail yang populer di era 50-an dengan gaya rambut disisir ke belakang. Model lainnya adalah spike seperti paku yang berdiri kaku di kepala.

5. Orang sering salah kaprah dan tak bisa bedakan Pomade dengan gel, dan wax.

evolusi pomade Istimewa

foto: lifeofablogger.com

Nah, orang sering salah kaprah dan nggak bisa bedain mana Pomade, gel, wax, dan hairspray.

Biar kamu nggak ikutan bingung, yuk simak perbedaannya berikut ini:

- Pomade: Seperti yang disampaikan di atas, pomade itu terbuat dari bahan minyak dan mengandung lemak. Pomade memberikan efek selalu basah atau berkilau, klimis, dan mudah diatur untuk rambut, tapi nggak kaku.

- Gel: Sementara itu, gel terbuat dari bahan berbasis air. Bahkan ada pula yang bercampur resin dan alcohol sehingga daya rekatnya semakin kuat. Tak heran rambut akan kaku dan susah diatur kala gel mengering.

- Wax: Kalau wax atau pasta rambut terbuat dari bahan minyak wax atau lilin. Sedikit berbeda dengan pomade, wax ini akan mengering beberapa jam setelah digunakan, tak seperti pomade yang selalu memberikan efek mengkilap.

Pomade memang menjadi salah satu fashion item pria khusus rambut yang nggak bisa ditinggalkan karena bisa bikin kamu makin ganteng dengan tatanan rambut yang rapi dan keren. Kamu bisa coba dengan lengkapin #GantengKit kamu pakai GATSBY yang menyajikan rangkaian men's grooming dengan produk-produk lengkap khusus buat cowok untuk melengkapi penampilanmu sehari-hari.

Salah satunya adalah GATSBY Styling Pomade yang membantu merapikan dan mengkilatkan rambut dengan mantap serta dapat mengatur rambut kaku. Tentunya #SemuaBisaGanteng dengan rajin merawat diri dan ditunjang penampilan rambut yang oke. Selengkapnya, bisa cek di tautan ini, Sob!