Brilio.net - Fashion terus berubah dari waktu ke waktu, mengikuti fungsi dan perubahan zaman. Tak mudah untuk memprediksi dunia fashion. Tiap dekade, tiap tahun, tiap generasi bahkan tiap musim memiliki ciri khas dan karakter yang berbeda.

Namun, selalu menarik untuk melihat perkembangan tren fashion dari masa ke masa karena lewat pakaian bisa memberitahu kita banyak hal tentang kehidupan masyarakat di satu masa. Nah, berikut ini perbedaan tren fashion dari masa ke masa, seperti dilansir brilio.net dari Brightside, Rabu (13/4).


1. 1916-1926

tren fashion dari masa ke masa © 2016 brilio.net foto: © IgorGolovniov/Shitterstock/© Oleg Golovnev/Shutterstock


Selama periode ini, parfum diciptakan, little black dress mulai muncul, rok menjadi lebih pendek, ikat pinggang mengganti korset, dan tuksedo punya fungsi yang sama seperti jaket.
 
 
2. 1926-1936

tren fashion dari masa ke masa © 2016 brilio.net foto: © ullstein bild/Gettyimages/© Mikhail Pogosov/Shutterstock/© Science & Society Picture Library/Gettyimages


Rok menjadi sedikit lebih pendek. Wanita diperbolehkan untuk memakai celana panjang. Hal ini membuat penampilan wanita tampak modis dengan memberikan aksen pada payudara, pinggang, paha.


3. 1936-1946

tren fashion dari masa ke masa © 2016 brilio.net foto: © Galyamin Sergej/Shutterstock/© artnana/Shutterstock


Saat masa peperangan membuat kita lupa tentang fashion. Gaya berpakaian para pria cenderung bergaya mengikuti elemen dari seragam militer. Sementara perempuan di seluruh dunia memilih untuk mengenakan pakaian senyaman dan sesederhana mungkin.


4. 1946-1956

tren fashion dari masa ke masa © 2016 brilio.net foto: © Chaloner Woods/Gettyimages/© ullstein bild/Gettyimages/© Mondadori Portfolio/Gettyimages


Sepatu jenis baru mulai muncul, yaitu ballet flats. Dibarengi dengan tren makeup cerah dan siluet feminin yang mengambil alih dunia fashion saat itu.


5. 1956-1966

tren fashion dari masa ke masa © 2016 brilio.net foto: © Brzostowska/Shutterstock/© Galyamin Sergej/Shutterstock


Topi dan gaya rambut airy menjadi populer di seluruh dunia. Sementara rok wanita menjadi sedikit lebih pendek lagi.


6. 1966-1976

tren fashion dari masa ke masa © 2016 brilio.net

foto: © Mondadori Portfolio/Gettyimages/© GRAGNON Francois/Gettyimages/© KUCO/Shutterstock


Mode 70-an adalah yang paling liberal. Setiap orang bisa mengenakan pakaian sesuai yang mereka inginkan. Celana jeans berada di puncak ketenaran fashion dan perempuan mulai mengenakan kemeja.


7. 1976-1986

tren fashion dari masa ke masa © 2016 brilio.net foto: © Universalimagesgroup/Gettyimages/© ullstein bild/Gettyimages/© Anthony Barboza/Gettyimages


80-an adalah waktunya tren celana cavaricci, sandal gladiator, kaos dan celana jeans stonewash.


8. 1986-1996

tren fashion dari masa ke masa © 2016 brilio.net foto: © Pictorial Parade/Gettyimages/© Leon Morris/Gettyimages/© Larry Ellis Collection /Gettyimages


Gaya punk memiliki pengaruh yang kuat pada tren fashion di masa ini. Legging, rambut pirang, jaket dan coats menjadi populer.


9. 1996-2006

tren fashion dari masa ke masa © 2016 brilio.net foto: © andersphoto/Shutterstock/© TonyV3112/Shutterstock/© Xavi Torrent/Gettyimages


Unisex menjadi aturan dalam dunia fashion pada masa ini. Orang di seluruh dunia menjadi lebih berani dan berpakaian bebas sebisa mungkin.


10. 2006-2016

tren fashion dari masa ke masa © 2016 brilio.net foto: © Kirstin Sinclair/Gettyimages/© PYMCA/Gettyimages


Beberapa orang berusaha untuk mengikuti perkembangan tren fashion tapi tak sedikit juga yang jadi korban mode. Selalu punya keinginan untuk membeli baju baru setiap tahun, ya nggak?