Brilio.net -  

Bagi sebagian orang mengungkapkan rasa kasih sayang itu susah-susah gampang. Ada yang canggung atau malu. Menurut Psikolog Klinik Terpadu Universitas Indonesia (UI), Bona Sardo Mpsi, hal ini disebabkan orang Indonesia belum membiasakan punya budaya mengekspresikan kasih sayang.

ekspresikan rasa cinta © 2017 brilio.net

Padahal menurut dia, kasih sayang itu ibarat tanki, harus diisi setiap hari. Semangat itulah yang harus dipahami. Isi sebuah tanki akan habis jika tak pernah diisi.

“Kita bisa terus membiasakan budaya ini, pasti kita juga akan lebih baik, dan tanki itu harus diisi sebanyak-banyaknya dan sesering-seringnya,” ujarnya kepada media dalam acara kampanye Dove Chocolate, di Jakarta belum lama ini.

Bona juga memberikan tips bagaimana mengekspresikan cinta. Apa saja ya? Berikut lima cara mengungkapkan rasa kasih sayang menurut psikolog UI ini.


1. Bahasa cinta.

ekspresikan rasa cinta © 2017 brilio.net

foto: illustradolife.com

Usahakan selalu mengungkapkan rasa cinta dalam bentuk kata-kata. Sebab, kata-kata terkadang memiliki kekuatan sebagai bentuk perasaan kasih sayang terhadap seseorang.

2. Kualitas waktu.

ekspresikan rasa cinta © 2017 brilio.net

foto: forevermylady.com

Banyak orang ingin memiliki waktu yang banyak bersama seseorang yang benar-benar ia cintai. Padahal yang penting bukan soal kuantitas waktu tapi bagaimana dia memanfaatkan waktu secara berkualitas.

3. Sentuhan.

ekspresikan rasa cinta © 2017 brilio.net

foto: newhdwallpaper.in

Bukan rahasia lagi banyak orang ingin merasakan pelukan pasangan sebagai bentuk ungkapan rasa kasih sayang.

4. Perlakuan spesial.

ekspresikan rasa cinta © 2017 brilio.net

foto: cook-incollege.com

Perlakuan khusus kepada orang yang kita cintai nggak harus dengan sesuatu yang mewah. Cukup dengan kebiasaan keseharian juga dapat mewakili rasa kasih sayang lho. Misalnya memasak untuk orang tercinta atau sekadar membukakan pintu saat si dia pulang.

5. Memberi hadiah.

ekspresikan rasa cinta © 2017 brilio.net

foto: ranker.com

Dengan memberi hadiah, biasanya orang merasa diperhatikan. Tapi nggak harus mahal kok hadiah yang ingin diberikan. Yang penting adalah ketulusan saat memberikannya. Memberikan bunga yang dipetik dari kebun sendiri juga oke kok.