Brilio.net - Fashion selalu mengikuti perkembangan zaman. Bukan nggak mungkin tren masa lalu hadir kembali sekarang dan di masa depan. Contohnya gaya vintage yang kini digandrungi kaum muda.

Nah, sebetulnya ada gaya berpenampilan untuk cewek yang nggak lekang oleh waktu, lho. Gaya berbusana ini adalah sesuai karaketer diri kamu sendiri tanpa menjiplak orang lain. Simak 10 tips gaya berpakaian yang bikin kamu jadi diri sendiri dan tetap cakep dengan penampilanmu, sebagaimana dikutip brilio.net dari youbeauty, Sabtu (11/6):

1.Percayalah penjahitmu.

foto: blissfullydomestic.com

Tips gaya berpenampilan yang pertama adalah percayalah pada penjahitmu, kalau kamu punya penjahit langganan. Soalnya dia paling tahu lekuk tubuhmu, sehingga bisa mengakali bagian tubuh mana yang perlu disembunyikan dan mana yang perlu ditonjolkan.

2. Usir kekhawatiran ukuran yang ada di tag baju.

foto: nametapesandlabels.com

Kalau kamu mau beli baju, nggak perlu pusing soal ukuran yang terpampang di tag-nya. Tag itu nggak berarti apa-apa kalau menurut celebrity stylist, Erin Walsh dari New York, Amerika Serikat.

"Pakaian itu soal tentang dirimu, bukan ukuran yang ada di tag. Itu juga terkait gimana perasaanmu, kepercayaan diri yang kamu miliki, dan kesan penampilan yang ingin kamu tunjukkan ke orang lain," ujar wanita satu ini.

3. Menyesuaikan panjang celana biar cocok sama sepatu.

foto: jeans.about.com

Maksud poin ini adalah saat kamu membeli atau menjahitkan celana, pastikan nggak terlalu panjang atau kependekan baik ketika pakai sepatu flat atau hak tinggi.

4. Pakai pakaian dalam yang tepat dan nyaman.

foto: dailymail.co.uk

Semua bermula dari dalam. Kalau dari dalam oke, maka luarnya juga oke. Sering mendengar kata-kata begini nggak, sih? Nah, kaitannya dalam berpakaian adalah kamu wajib pakai pakaian dalam yang nyaman. Dengan begitu ketika memakai pakaian luar juga nggak merasa risih.

5. Imbangi antara pakaian atas dan bawah.

foto: makeupandbeauty.com

Istilah yang dapat mewakili tips satu ini adalah proporsionalitas. Jadi, apa yang kamu gunakan di tubuh bagian atas dan bawah itu seimbang. Misalnya saja, kalau bajumu longgar, pakaian celana atau rok yang lebih ramping atau menyempit. Sebaliknya, kalau bajumu pas badan, pakailah bawahan yang agak longgar.

Kamu baru tahu kan? KLIK NEXT untuk melanjutkan.

2 dari 2 halaman

6. Kalung atau syal bisa jadi pilihan.

foto: alreadypretty.com

Aksesori kalung atau syal bisa menyemarakkan dan bikin kamu lebih cantik, lho. Misalnya kalau biasanya kamu cuma pakai kaus polos dan jins, bisa kamu tambahin tuh syal atau kalung yang match dengan penampilanmu.

7. Memahami lekuk tubuhmu sendiri.

foto: luckybboutique.blogspot.com

Kebanyakan orang ribet sama tubuh yang gemuk atau ada bagian tubuh yang dirasa nggak ideal. Nah, daripada capek-capek begitu, mending pilih pakaian yang pas untuk menonjolkan kelebihan dan menutupi kekurangan. Misalnya aja kamu gemuk dan nggak terlalu tinggi, ya jangan gunakan baju bergaris horizontal. Justru kamu patut menjajal baju bergaris vertikal untuk memberi kesan ramping dan tinggi.

8. Sepatu nude pumps untuk banyak kesempatan.

foto: jesselynch.com

Sepatu hak tinggi ini punya warna cokelat muda cenderung krem. Warna ini terbilang mendekati warna kulit cewek pada umumnya. Walsh mengatakan bahwa nude pumps ini bisa digunakan untuk banyak kesempatan. Tapi juga harus menyesuaikan warna kaki juga, sih. Kalau memang warna kakimu gelap bisa pilih warna sepatu lain supaya nggak terkesan jomplang.

9. Pakai tas yang lebih besar.

foto: elleapparelblog.com

Tujuan menggunakan tas lebih besar adalah supaya semua kebutuhan dasarmu bisa masuk ke situ. Misalnya bedak, lip balm, lipstik, sisir, handphone, buku catatan, earphone, dompet, passpor, dan kebutuhan dasar lain bisa muat. Tentu saja menghindari tasmu tertinggal karena tasmu gede, terlihat mata banget. Siapa tahu juga kalau sewaktu-waktu kamu harus bertugas ke tempat yang agak jauh sehingga nggak pakai pusing ambil kebutuhan itu di rumah.

10. Kalau bingung pilih warna baju, pakai aja warna hitam.

foto: fashiongum.com

Warna hitam itu netral dan bisa jadi penolongmu kalau pusing milih warna baju apa buat suatu acara. Mau ke pesta, kondangan, acara resmi, nongkrong, maupun acara lain, pakaian warna hitam masih cocok. Tinggal kamu sesuaikan aja modelnya, ke kondangan ya pakai model batik atau gaun, kerja ya pakai kemeja hitam bunga-bunga, atau nongkrong bisa pakai kaus atau baju bahan sifon hitam bermotif bunga-bunga.

Jadi, masih bingung mau berpenampilan kayak gimana lagi di depan gebetan? Eh, maksudnya di depan orang lain.