9 Cara menghilangkan kapalan di tangan dan kaki, gunakan bawang putih

9 Cara menghilangkan kapalan di tangan dan kaki, gunakan bawang putih

Brilio.net - Kaki dan tangan adalah bagian tubuh yang sering digunakan untuk beraktivitas sehingga lebih sering bergesekan dengan benda lainnya. Karena itu, biasanya bagian tangan dan kaki yang sering mengalami gesekan akan mengalami penebalan kulit yang mengeras.

Penebalan kulit ini biasa disebut dengan kapalan. Kapalan adalah penebalan kulit akibat gesekan atau tekanan pada area kulit tertentu. Dilansir dari Healthline, tumbuhnya lapisan ekstra di kulit karena kapalan sebenarnya reaksi alami tubuh. Tubuh sengaja melakukannya untuk melindungi kulit dari paparan iritan dan mencegah kerusakan.

Penyebab munculnya kapalan yaitu akibat tekanan maupun gesekan yang berlebihan. Meski tak menyebabkan keluhan rasa sakit, namun kapalan dirasa mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri.

Jika area kapalan disentuh, maka akan terasa tebal dan membuat warna kulit jadi berubah warna menjadi pucat. Selain terasa menebal saat disentuh, kapalan juga membuat warna kulit berubah jadi kuning kepucatan. Kondisi ini tidak hanya menimbulkan kaki terasa tidak nyaman ketika bergesekan dengan alas kaki atau lantai, melainkan juga muncul rasa nyeri.

Walaupun bukan penyakit kulit yang serius, cara menghilangkan kapalan di kaki dan tangan tetap perlu dilakukan. Terlebih, bila disertai dengan rasa nyeri.

Tapi, kini kamu tak perlu khawatir karena kapalan dapat di atasi dengan beberapa bahan alami. Seperti sembilan cara menghilangkan kapalan di tangan dan kaki berikut ini yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/4).

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES