9 Cara menghilangkan bekas luka di wajah, aman dan mudah dibuat

9 Cara menghilangkan bekas luka di wajah, aman dan mudah dibuat

Brilio.net - Kemunculan luka di wajah ada berbagai macam faktor, misalnya luka bekas jerawat, luka tergores benda, luka tergores kuku, dan masih banyak lagi. Ada banyak cara menghilangkan bekas luka di wajah yang bisa dilakukan.


Munculnya luka di wajah tentu sangat mengganggu penampilan. Sebab wajah adalah bagian tubuh yang paling dilihat oleh banyak orang. Ketika ada masalah muncul di wajah, akan menghilangkan kepercayaan diri seseorang.


Cara menghilangkan bekas luka di wajah sebenarnya bisa dengan berbagai macam cara, misalnya menggunakan krim dari dokter atau menggunakan krim yang dijual bebas di pasaran. Namun produk yang dijual bebas di pasaran tentu memiliki efek samping. Alih-alih wajah ingin mulus, justru malah berdampak buruk bagi kesehatan.


Dilansir dari Healthline, American Academy of Dermatology menyebut kalau bekas luka yang muncul ini akibat jaringan parut di wajah yang rusak. Hal itu membuat wajah tak bisa mulus seperti semula. Selain itu juga karena jumlah kolagen dalam kulit yang sedikit membuat bekas luka yang dalam tak sembuh sempurna.


Daripada harus membeli produk yang belum jelas bahan-bahan yang digunakan, ada lho cara menghilangkan bekas luka dengan bahan alami. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya seperti dirangkum dari Healthline.com dan Mirror.co.uk, Rabu (5/1).


1. Minyak Habbatussauda

Cara menghilangkan bekas luka di wajah berbagai sumber

foto: Instagram/@kurma.ajwaa


Sejak zaman ke zaman, minyak Habbatussauda memang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Minyak biji hitam yang berasal dari Eropa Timur, Asia Barat, dan Timur tengah ini memang dikenal sebagai tanaman obat yang kaya akan kandungan vitamin.


Minyak ini mengandung antibakteri dan antivirus yang memiliki sifat anti inflamasi, untuk mencegah peradangan. Cara menggunakan minyak ini pun sangat mudah, kamu bisa mengoleskan kebagian wajah yang memiliki luka kemudian diamkan semalaman. Lakukan cara ini rutin setiap hari untuk hasil yang maksimal.


2. Minyak biji rosehip

Cara menghilangkan bekas luka di wajah berbagai sumber

foto: Instagram/@guluyeva


Di kalangan masyarakat, minyak biji rosehip memang terdengar asing. Dari namanya, pasti kamu membayangkan bahwa minyak ini berasal dari ekstrak bunga mawar. Padahal, seperti dilansir dari Healthline, minyak ini berasal dari buah rose hips atau buah yang tertinggal setelah mawar berbunga dan kelopaknya gugur.


Biasanya minyak ini digunakan untuk mengatasi masalah penuaan. Minyak ini juga sangat aman dioleskan langsung ke kulit wajah. Minyak biji rosehip ini mengandung asam lemak esensial dan antioksidan, yang mampu meregenerasi sel di kulit.


Tidak heran jika minyak ini telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk penyembuhan luka, serta mengurangi bekas luka dan garis halus. Kamu cukup mengoleskan ke wajah yang terdapat luka atau bisa juga ke seluruh wajah. Sebab minyak ini juga dapat melembapkan wajah.


3. Madu

Cara menghilangkan bekas luka di wajah berbagai sumber

foto: pixabay.com


Membahas soal madu, tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Sejak lama, madu dijadikan sebagai obat ampuh untuk mengatasi permasalahan kesehatan dan kecantikan. Madu juga digunakan sebagai bahan alami untuk menyembuhkan luka di wajah.


Kandungan anti-inflamasi pada madu dapat mempercepat penyembuhan luka. Kamu bisa mengoleskan madu secara merata ke area wajah yang memiliki luka. Madu juga bisa dijadikan sebagai antibakteri dan mengurangi potensi jaringan parut.


4. Lidah buaya

Cara menghilangkan bekas luka di wajah berbagai sumber

foto: pixabay.com


Sama seperti madu, lidah buaya juga obat rumahan yang umum digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan kecantikan. Salah satunya adalah untuk menyembuhkan luka di wajah.


Menurut sebuah penerialan di Annals of Plastic Surgery, mengoleskan gel lidah buaya langsung ke luka dapat mengurangi peradangan dan ukuran jaringan parut. Kamu bisa mendapatkan gel lidah buaya di toko kecantikan atau bisa juga menggunakan gel lidah buaya langsung dari batang pohonnya.


5. Lemon

Cara menghilangkan bekas luka di wajah berbagai sumber

foto: pixabay.com


Meskipun belum ada penelitian signifikan yang mengatakan bahwa lemon efektif menghilangkan bekas luka, namun banyak bukti yang sudah terlihat kalau lemon mampu menghilangkan bekas luka. Selain itu, lemon juga bisa meratakan warna kulit. Kamu bisa mengoleskan air lemon ke kulit yang memiliki luka, kemudian diamkan 5 menit dan bilas dengan air bersih.

Namun perlu diperhatikan kalau penggunaan air lemon ini saat luka sudah mengering, sebab bila luka masih basah kulit justru akan makin iritasi. Penggunaan air lemon ini juga tidak bisa dilakukan setiap hari, cukup dua kali dalam seminggu.


6. Minyak kelapa

Cara menghilangkan bekas luka di wajah berbagai sumber

foto: pixabay.com


Minyak kelapa atau virgin oil memiliki banyak kandungan vitamin yang yang bagus untuk kulit. Minyak kelapa kaya akan vitamin E dan asam lemak yang efektif membentuk kolagen dalam kulit. Minyak ini juga bagus untuk mengatasi luka di wajah.


Caranya kamu bisa oleskan minyak kelapa hangat ke kulit bekas luka. Diamkan selama lima sampai 10 menit kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan ini rutin setiap hari.


7. Teh Hijau

Cara menghilangkan bekas luka di wajah berbagai sumber

foto: pixabay.com


Cara menghilangkan bekas luka di wajah selanjutnya adalah dengan menggunakan teh hijau atau green tea. Menurut penelitian dari Medical College of Georgia pada 2003 menyatakan dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin efektif meningkatkan elastisitas kulit, mengatasi inflamasi, mendetoks racun dan bakteri secara alami, dan menghilangkan noda luka yang membekas pada kulit.


Selain itu ada juga studi dari Journal of Investigative Dermatology, yang mengungkapkan teh hijau mengandung epigallocatechin gallate (EGCG). Kandungan tersebut mampu untuk mengatasi noda bekas jerawat dan menghilangkan bekas luka. Selain diminum, kamu juga bisa menggosokan ampas teh hijau pada bekas luka secara rutin setiap hari.


8. Mengkudu

Cara menghilangkan bekas luka di wajah berbagai sumber

foto: pixabay.com


Mengkudu salah satu buah yang selalu dihindari oleh banyak orang karena baunya yang menyengat dan bikin mual. Namun di balik itu semua, mengkudu memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, salah satunya bisa mengatasi bekas luka di wajah.


Caranya kamu bisa menghaluskan mengkudu dan mentimun. Setelah itu oleskan pada wajah secara merata. Diamkan 15 sampai 20 menit, kemudian bersihkan dengan air. Perawatan ini juga bisa dijadikan sebagai masker malam. Lakukan secara rutin agar bekas luka segera tersamarkan.


9. Daun Sirih

Cara menghilangkan bekas luka di wajah berbagai sumber

foto: pixabay.com


Cara menghilangkan bekas luka di wajah yang terakhir adalah dengan daun sirih. Kandungan senyawa antioksidan, vitamin C, dan alkaloid pada daun sirih dapat membantu meredakan peradangan pada kulit.


Cara menggunakannya, kamu cukup menghaluskan tiga sampai lima lembar daun sirih, kemudian campurkan dengan dua sendok teh madu. Setelah itu oleskan pada wajah yang memiliki luka. Cara ini bisa dilakukan rutin dua kai sehari.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES