7 Cara menghilangkan noda hitam di wajah menggunakan teknologi canggih

7 Cara menghilangkan noda hitam di wajah menggunakan teknologi canggih

Brilio.net - Memiliki kulit wajah putih, bersih, dan mulus tanpa noda hitam menjadi impian bagi para wanita. Noda hitam atau flek hitam yang biasa muncul pada area wajah terkadang membuat kita kesal dan stres karena noda hitam pada wajah cukup susah untuk dihilangkan. Nah, bagi kamu yang kesulitan menghilangkan noda hitam, jangan khawatir. Terdapat beberapa cara menghilangkan noda hitam di wajah yang membandel dengan menggunakan teknologi canggih.

Noda hitam yang biasanya muncul pada area wajah disebabkan beberapa faktor. Dilansir brilio.net dari Healthline, Minggu (27/3), penyebab munculnya noda hitam yaitu karena luka bekas jerawat, paparan sinar matahari, dan perubahan hormon.

Selain itu, penyebab lain dari munculnya noda hitam disebabkan oleh produksi melanin yang berlebih pada bagian melanosit.

"Flek hitam atau hiperpigmentasi disebabkan oleh produksi melanin yang berlebih di kulit oleh melanosit," jelas ahli bedah plastik Melissa Doff, MD, dikutip brilio.net dari Self, Minggu (27/3).

Ia pun menambahkan, melanin ekstra di dalam kulit dapat dipicu oleh hormon estrogen maupun progesteron yang dapat meningkatkan melanin. Paparan sinar matahari dapat meningkatkan kadar melanin, dan bertambahnya usia dapat meningkatkan ukuran melanosit.

Nah, untuk menghilangkan noda hitam yang muncul pada wajah, kamu dapat menggunakan berbagai cara. Salah satunya memanfaatkan teknologi canggih yang terdapat di sejumlah klinik kecantikan. Lantas, bagaimana cara menghilangkan noda hitam dengan menggunakan teknologi canggih? Berikut ulasannya sebagaimana brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Minggu (27/3).

1. Laser.

Cara menghilangkan noda hitam di wajah menggunakan teknologi Freepik.com

foto: freepik.com

Cara menghilangkan noda hitam di wajah kamu bisa menggunakan teknologi kecantikan seperti laser wajah. Cara ini diklaim menjadi perawatan untuk menghilangkan noda hitam paling mahal. Laser wajah bekerja dengan cara menembakkan sinar laser pada noda hitam dan menghilangkan lapisan kulit noda secara bertahap.

"Perawatan wajah ini menggunakan berkas cahaya yang fokus pada target kromofor untuk menghilangkan partikel pigmen pada kulit," jelas Dr.Cook Bolden, dikutip dari Self, Minggu (27/3).

2. Peeling.

Cara menghilangkan noda hitam di wajah menggunakan teknologi Freepik.com

foto: freepik.com

Peeling merupakan perawatan dengan cara pengelupasan kulit mati pada wajah. Peeling selain membantu untuk menghilangkan noda hitam, juga memberikan manfaat lain seperti membuat kulit kusam menjadi bercahaya dan bersinar.

"Seiring dengan berjalannya waktu, perawatan ini dapat merangsang produksi kolagen sehingga dapat meningkatkan pergantian sel dan mengurangi bintik hitam," jelas Dr. Jamal dikutip brilio.net dari Self.

Terdapat hal penting yang harus kamu ketahui mengenai perawatan peeling. Peeling atau pengelupasan kimia dapat berubah menjadi efek buruk bagi kamu yang memiliki jenis kulit sensitif. Maka dari itu, bagi kamu yang memiliki jenis kulit sensitif, lebih baik berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya.

3. Pico laser.

Cara menghilangkan noda hitam di wajah menggunakan teknologi Freepik.com

foto: freepik.com

Cara menghilangkan noda hitam selanjutnya yaitu dengan menggunakan perawatan pico laser atau yang biasa dikenal dengan picosure laser, yakni perawatan wajah menggunakan sinar laser non-ablatif yang dapat membantu menghilangkan pigmentasi, bekas jerawat, meremajakan kulit, mencerahkan kulit, dan menghilangkan tato.

Perawatan pico laser ini menggunakan teknologi laser ultrashort picosecond yang memiliki durasi getaran 100x lebih pendek jika dibandingkan dengan laser pada umumnya. Dengan menggunakan durasi yang tidak begitu panjang dapat mengurangi hiperpigmentasi pada kulit.

4. Cryosurgery.

Cara menghilangkan noda hitam di wajah menggunakan teknologi Freepik.com

foto: freepik.com

Cryosurgery bisa dijadikan sebagai salah satu perawatan dengan teknologi yang dapat mengatasi noda hitam pada wajah. Dilansir brilio.net dari Verywellhealth, perawatan ini dapat menghilangkan noda hitam akibat penuaan dengan cara membekukan dengan larutan nitrogen cair. Cairan ini dapat dapat menyebabkan sel kulit gelap terkelupas dari kulit dan digantikan dengan sel kulit baru.

5. Microneedling.

Cara menghilangkan noda hitam di wajah menggunakan teknologi Freepik.com

foto: freepik.com

Microneedling merupakan cara menghilangkan noda hitam pada wajah dengan menggunakan alat seperti roller berbahan baja yang di sampingnya terdapat ratusan jarum halus. Penggunaan alat ini bertujuan untuk menciptakan pijatan mikro sehingga dapat mempengaruhi produksi kolagen pada kulit dan mempengaruhi elastisitas.

Microneedling akan memberikan manfaat optimal bagi wajah, jika dikombinasikan dengan bahan-bahan yang bisa menutrisi kulit dengan baik salah satunya yaitu dengan memasukkan vitamin C untuk mengatasi hiperpigmentasi pada kulit.

"Pada saat penghalang kulit dibuka, kemungkinan untuk memasukkan bahan-bahan yang dapat digunakan untuk mencerahkan kulit seperti vitamin C," jelas Doft dikutip dari Self.

6. Yellow laser.

Cara menghilangkan noda hitam di wajah menggunakan teknologi Freepik.com

foto: freepik.com

Cara menghilangkan noda hitam di wajah dengan menggunakan teknologi canggih selanjutnya yaitu dengan menggunakan yellow laser, perawatan wajah yang menggunakan laser berwarna kuning. Laser ini memiliki panjang gelombang yakni 577 nm dan mempunyai efektivitas tinggi. Manfaat dari kegunaan yellow laser yaitu untuk mengatasi iritasi pada wajah karena melebarnya pembuluh darah, menghilangkan jerawat dan bekas jerawat, bahkan bisa lho mengatasi noda hitam pada wajah.

7. Mikrodermabrasi.

Cara menghilangkan noda hitam di wajah menggunakan teknologi Freepik.com

foto: freepik.com

Mikrodermabrasi bisa dijadikan salah satu alternatif untuk menghilangkan noda hitam pada wajah. Mikrodermabrasi merupakan perawatan yang menggunakan partikel kecil yang digunakan untuk mengangkat sel kulit mati. Mikrodermabrasi ini berguna untuk mengatasi hiperpigmentasi ringan sehingga dapat memperbaiki warna kulit.

(brl/tin)

tags

Advertising
Advertising
STORIES