5 Cara mengecilkan pori-pori wajah pakai masker buah dan sayur

5 Cara mengecilkan pori-pori wajah pakai masker buah dan sayur

Brilio.net - Memiliki pori-pori besar merupakan salah satu alasan yang membuat banyak orang tidak percaya diri. Permasalahan kulit ini memang tampak sepele. Namun apabila dibiarkan, permasalahan ini dapat menjadi akar munculnya permasalahan baru.

Sebum yang menumpuk, debu, dan kotoran yang menempel pada wajah akan bersarang di pori-pori.Hal ini dapat menyumbat produksi minyak hingga akhirnya menimbulkan jerawat. Bukan cuma itu, pori-pori yang besar juga merupakan salah satu penyebab penuaan dini. Kulit bisa cepat kendur dan garis-garis keriput akan muncul pada wajah.

Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan membesarnya pori-pori kulit wajah. Facial yang dilakukan oleh terapis kurang berpengalaman pun dapat menjadi salah satu penyebab pori-pori kulit wajah semakin besar. Menurut Ahli Kulit dan Konsultan Kulit asal Lancome, New York, Macrene Alexiades Amernakas, M.D., Ph.D., setiap hendak facial lebih baik memilih terapis yang tepat agar tidak mengalami trauma kulit dan berdampak pada pembesaran pori-pori kulit wajah.

Pori-pori kulit wajah yang besar berdampak pada kulit wajah yang semakin kusam, pucat, serta tidak halus. Selain itu, pori-pori besar juga dapat disebabkan karena malas membersihkan wajah, suka memencet jerawat dan komedo sendiri, sering mengonsumsi makanan berlemak, terpapar sinar matahari tanpa perlindungan sunscreen, dan juga malas menggunakan pelembap.

Tapi bagi kamu yang memiliki pori-pori besar kini tak perlu khawatir, karena kamu bisa mengatasinya dengan masker alami yang terbuat dari buah dan sayur. Buah dan sayur kerap menjadi pilihan untuk merawat kesehatan kulit wajah. Salah satunya untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah. Setiap wanita dapat menggunakan masker buah ataupun sayur untuk mengatasi berbagai masalah pada wajah.

Seperti yang diketahui bahwa buah dan sayur kaya akan antioksidan dan berbagai vitamin yang bermanfaat untuk menutrisi dan mengatasi segala permasalahan kulit. Buah dan sayur dikemas dengan vitamin, mineral, dan semua nutrisi yang dibutuhkan, semua itu bisa menyehatkan tubuh serta menghasilkan tampilan kulit menjadi lebih bersih dan bercahaya.

Buah dan sayur apabila dikombinasikan dengan bahan lain bahkan bisa mengatasi masalah pori-pori wajah hingga jerawat pada wajahmu. Ingin mencobanya? Berikut lima cara mengecilkan pori-pori wajah pakai masker buah dan sayur yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (16/3).

1. Masker jeruk nipis.

Cara mengecilkan pori-pori wajah pakai masker buah dan sayur freepik.com

foto: freepik.com

Jeruk nipis adalah buah yang kaya akan vitamin C. Vitamin ini terkenal memiliki banyak khasiat untuk wajah. Kandungan vitamin C didalamnya mampu melawan penuaan, mencerahkan wajah, menangkal radikal bebas, hingga merawat kerusakan kulit akibat sinar matahari, menghilangkan flek hitam dan mengecilkan pori-pori.

Selain dikonsumsi, jeruk nipis juga dapat digunakan sebagai perawatan wajah. Studi dalam Journal of Endourology menerangkan bahwa terdapat kandungan asam sitrat sebanyak 48 g/L dalam jeruk nipis. Ketika dioleskan ke kulit, asam sitrat mengelupas lapisan atas kulit dan meregenerasi sel-sel kulit mati, sehingga sebum dan kotoran yang menumpuk pada pori-pori akan terangkat. Asam sitrat juga mendorong pertumbuhan kulit baru yang dapat membantu mengurangi munculnya bintik-bintik penuaan, bekas jerawat, kerutan kecil, pori-pori yang membesar serta area dengan warna dan tekstur wajah yang tidak rata.

Cara membuat maskernya cukup mudah, yaitu dengan memeras jeruk nipis kemudian ambil airnya dengan bantuan kapas dan oleskan pada seluruh wajah yang memiliki pori-pori besae. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air bersih.
Jika kamu menggunakan masker jeruk nipis secara rutin, dijamin pori-pori wajahmu akan mengecil seiring waktu.

2. Masker lemon dan oatmeal.

Cara mengecilkan pori-pori wajah pakai masker buah dan sayur freepik.com

foto: freepik.com

Lemon mengandung antioksidan yang berasal dari vitamin C dan berguna untuk menutrisi kulit wajah. Sedangkan campuran oatmeal berguna untuk melakukan regenerasi sel kulit. Sehingga sel kulit mati yang juga menjadi salah satu penyebab pori-pori kulit wajah semakin besar akan diangkat oleh kandungan alami yang ada pada oatmeal dan lemon.

Hampir sama dengan jeruk nipis, lemon juga mengandung asam sitrat didalamnya yang bermanfaat untuk mendorong pertumbuhan kulit baru yang dapat membantu mengurangi munculnya bintik-bintik penuaan, bekas jerawat, kerutan kecil, pori-pori yang membesar serta area dengan warna dan tekstur wajah yang tidak rata.

Cara membuat masker ini adalah dengan memeras satu buah lemon kemudian campurkan dengan satu sendok makan oatmeal. Oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

3. Masker Mentimun.

Cara mengecilkan pori-pori wajah pakai masker buah dan sayur freepik.com

foto: freepik.com

Mentimun memiliki kandungan air yang tinggi serta dapat mengatur kesemimbangan air dalam tubuh. Manfaat lain yang bisa didapatkan adalah untuk perawatan kulit dan kecantikan. Mengutip pernyataan dari food.ndtv.com, mentimun merupakan buah yang kaya serat dan mineral untuk memperbaiki sel kulit, memiliki kadar antioksidan yang tinggi, dan dapat meredakan peradangan kulit.

Selain itu, mentimun juga mengandung vitamin C, vitamin A, folat, dan asam kafeik yang memiliki sifat antiradang dan antioksidan. Segala kandungan nutrisi tersebut sangat baik untuk menutrisi kulit, sehingga timun bisa membantu mengecilkan pori-pori wajah.

Efek dingin dan segar pada timun akan menenangkan wajah sehingga pori-pori wajah akan kembali mengecil. Tak hanya itu, kandungan astringent pada sayur mentimun dikatakan mampu mengecilkan pori-pori kulit wajah secara optimal.

Kamu bisa membuat masker mentimun dengan cara menghaluskan setengah buah timun hingga menjadi pasta kemudian campur dengan satu sendok madu. Oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin minimal dua kali dalam seminggu.

4. Masker tomat.

Cara mengecilkan pori-pori wajah pakai masker buah dan sayur freepik.com

foto: freepik.com

Selain sebagai sumber vitamin, sayur tomat memiliki kandungan potassium serta vitamin C yang jelas mampu mengatasi masalah pori-pori kulit wajah yang membesar.

Dilansir dari Healthline, tomat mengandung banyak vitamin C, vitamin A, beta karoten, kalium, magnesium, dan antioksidan lain yang melindungi kulit dari berbagai macam masalah. Likopen dan vitamin C dalam tomat mampu melawan radikal bebas yang merusak sel sehingga tanda penuaan dan masalah flek hitam dapat dicegah dan diatasi.

Selain itu, tomat memiliki berbagai manfaat lain seperti melembapkan wajah, mengatasi wajah berjerawat, mengangkat sel kulit mati, hingga mampu mengatur produksi minyak pada wajah.

Sehingga produksi minyak pada wajah akan berkurang dan pori-pori wajah akan kembali mengecil. Kamu bisa membuat masker tomst dengan cara menghaluskan dua buah tomat dan balurkan ke seluruh bagian wajah lalu diamkan selama 20 menit dan bila sudah selesai bilaslah sampai bersih menggunakan air hangat.
Gunakan secara rutin agar pori-pori wajahmu kembali mengecil.

5. Masker wortel.

Cara mengecilkan pori-pori wajah pakai masker buah dan sayur freepik.com

foto: freepik.com

Wortel mengandung Wortel mengandung berbagai nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Kandungan vitamin A, vitamin E, hingga antioksidan dalam sayuran satu ini dapat memberikan kilau sehat bercahaya pada kulit.

Vitamin A dan beta-karoten dalam wortel bertindak sebagai antioksidan dan tonik kulit untuk wajah, yang membantu membersihkan jerawat dan kotoran yang menyumbat di pori-pori. Sehingga pori-pori wajah akan mengecil karena kotoran dan sebum yang menyumbat akan hilang dengan masker sayur ini.

Cara membuat masker ini cukup mudah yaitu dengan menghaluskan wortel hingga berbentuk pasta, kemudian campur dengan satu sendok makan madu. Oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES