13 Cara menghilangkan kutu rambut secara alami, pakai bawang putih

13 Cara menghilangkan kutu rambut secara alami, pakai bawang putih

Brilio.net - Memiliki rambut yang sehat dan bersih merupakan harapan banyak orang. Namun terkadang ada beberapa orang yang memiliki masalah dengan kutu pada rambutnya.

Biasanya kutu rambut paling sering di alami oleh anak-anak hingga remaja. Menurut laman Healthline, anak-anak usia tersebut cenderung bermain berdekatan dan berbagi banyak hal serta saling menyentuh kepala. Hal ini lah yang membuat anak mudah tertular kutu rambut.

Kutu rambut adalah serangga kecil parasit yang hidup di kepala manusia dan menyebabkan kulit kepala menjadi gatal. Dilansir dari goodhousekeeping, kutu adalah parasit kecil bersayap yang hidup dengan jumlah darah yang sangat kecil untuk bertahan hidup.

Munculnya kutu rambut biasanya terjadi karena adanya perpindahan langsung kutu dari rambut satu orang ke rambut orang lain. Adanya kutu rambut di kepala bukanlah tanda kebersihan pribadi yang buruk atau lingkungan hidup yang tidak bersih.

Kutu rambut juga tidak membawa penyakit infeksi bakteri atau virus lainnya. Serangga ini akan menghisap darah manusia dari kulit kepala seseorang. Kutu betina akan menghasilkan zat lengket yang menempel erat pada setiap telur ke pangkal batang rambut.

Kutu rambut bergerak secara merayap, dan tidak bisa melompat atau terbang. Penyebab kutu rambut ini biasanya terjadi melalui kontak langsung dari kepala ke kepala, dan sering terjadi dalam lingkungan keluarga atau di antara anak-anak yang memiliki kontak dekat di sekolah atau teman bermain.

Meski tidak dapat terbang atau melompat, kutu rambut bisa merayap dengan cepat. Hal ini memungkinkan kutu rambut berpindah dari kepala penderita ke kepala orang lain melalui benda-benda yang digunakan di kepala, seperti topi, syal, sisir, jepit rambut, bantal, handuk, dan headphone.

Gejala kutu rambut adalah rasa gatal di kulit kepala, yang dapat menyebar hingga ke leher dan telinga. Rasa gatal ini timbul akibat reaksi kulit manusia terhadap air liur kutu. Selain rasa gatal, penderita juga bisa merasakan sensasi menggelitik terhadap sesuatu yang merayap di kulit kepala.

Kutu rambut harus sesegera mungkin untuk dibasmi agar tidak berkembang biak semakin banyak sehingga sulit untuk dihilangkan. Berikut 13 cara menghilangkan kutu rambutmemanfaatkan bahanalamiyang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (26/5).

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES