11 Manfaat vitamin C pada skincare, bisa atasi mata panda

11 Manfaat vitamin C pada skincare, bisa atasi mata panda

Brilio.net - Seiring bertambahnya usia seseorang, maka akan berpengaruh pada kondisi kulit. Kulit kita tentunya juga akan mengikuti usia yang bertambah tua. Melakukan perawatan kulit pada usia yang telah menginjak usia lanjut itu sangat penting dan sangat diperlukan.

Hal ini kita lakukan tentunya demi kesehatan kulit. Tidak hanya untuk kesehatan kulit saja, dengan merawat kulit dengan baik maka secara tidak langsung akan memperbaiki penampilan yang lebih awet muda. Perawatan kulit yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menggunakan perawatan rutin skincare.

Salah satu kandungan yang ada di dalam skincare yang sering digunakan oleh brand-brand kecantikan adalah vitamin C. Vitamin C diklaim memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Seperti ampuh untuk memperbaiki tekstur dan warna kulit, hingga mengatasi munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Dilansir brilio.net dari Allure, Jumat (18/2) vitamin C merupakan antioksidan yang berfungsi untuk menetralisir adanya radikal bebas. Cara kerja antioksidan yaitu dengan cara menyeimbangkan agresor seperti terjadinya kerusakan yang diakibatkan karena paparan sinar UV dan polusi udara.

Vitamin C membantu terjadinya proses regenerasi kulit, sehingga mampu untuk memperbaiki sel-sel kulit mati atau rusak. Kemampuan vitamin C untuk menetralisir radikal bebas, sangat penting untuk mencegah penuaan yang muncul di area wajah.

Bisa disimpulkan, bahwa vitamin C kaya akan kandungan antioksidan yang memiliki segudang manfaat untuk kecantikan wajah di dalam nya. Nah lantas apa saja manfaat vitamin C dalam skincare yang bisa digunakan untuk semua jenis kulit? Berikut ini manfaat vitamin C pada skincare yang telah brilio.net rangkum, Jumat (18/2).

1. Menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata (mata panda)

Manfaat vitamin C pada skincare Berbagai sumber

foto: Freepik/kamranidinov

Manfaat pertama dari kandungan vitamin C di dalam skincare yaitu berguna untuk menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata. Penyebab dari munculnya lingkaran hitam di bawah mata atau biasa disebut dengan mata panda, bisa jadi karena kurang tidur.

Dilansir brilio.net dari Healthline, kandungan natrium askorbat dalam vitamin C bisa membantu untuk menghilangkan lingkaran hitam yang berada di bawah mata. Namun proses ini membutuhkan waktu kurang lebih selama 6 bulan dengan penggunaan rutin.

Cara kerja dari vitamin C untuk menghilangkan mata panda yaitu dengan cara menembalkan kelopak mata, lalu menyembunyikan warna gelap yang muncul karena adanya darah tersembat.

2. Wajah kusam menjadi cerah

Manfaat vitamin C pada skincare Berbagai sumber

foto: Freepik/nakaridore

Mencerahkan wajah kusam merupakan salah satu manfaat vitamin C yang sudah banyak diketahui oleh banyak orang. Cara kerjanya, vitamin C akan membantu menghambat proses produksi melanin dalam kulit. Sehingga memudarkan pigmentasi.

Tidak hanya membantu untuk memudarkan pigmentasi di kulit, vitamin C membantu menghaluskan kulit wajah. Dengan begitu kulit kamu menjadi tidak kusam dan tampak lebih cerah.

3. Dapat memudarkan hiperpigmentasi

Manfaat vitamin C pada skincare Berbagai sumber

foto: Freepik.com

Seperti yang telah disinggung di atas bahwa vitamin C dapat membantu untuk memudarkan hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi meruapkan munculnya bintik-bintik yang disebabkan oleh beberapa faktor.

Salah satunya seperti disebabkan oleh paparan sinar matahari, dan bintik-bintik karena faktor penuaan. Hiperpigmentasi terjadi karena adanya produksi secara berlebihan yang terjadi di area kulit. Selain menghambat hiperpigmentasi di kulit, vitamin C memiliki kinerja untuk menghambat sintesis melanin.

Cara kerjanya yaitu dengan mengurangi atau menurunkan aktvitas enzim (tirosinase). Enzim ini sering digunakan untuk mengobati hiperpigmentasi pada kulit. Sehingga warna kulit di wajah akan tampak lebih cerah, dan merata.

4. Memproduksi kolagen

Manfaat vitamin C pada skincare Berbagai sumber

foto: Freepik.com

Manfaat lain dari vitamin C yaitu memproduksi kolagen. Kolagen merupakan salah satu zat yang berguna untuk membangun jaringan sel kulit, otor, rambut dan tendon. Jika kamu rutin menggunakan vitamin C, maka kemungkinan besar kamu akan tampak jauh lebih awet muda.

Adanya kandungan vitamin C dalam suatu produk skincare, kandungan ini akan berkinerja lebih cepat untuk memproduksi kolagen. Dengan kolagen yang tercukupi dalam kulit, maka kulit akan menjadi kenyal dan tetap kencang.

5. Mengatasi kemerahan dan meratakan warna kulit

Manfaat vitamin C pada skincare Berbagai sumber

foto: Freepik/cooki_studio

Manfaat vitamin C selanjutnya yaitu untuk mengatasi kulit kemerahan dan meratakan kulit. Kandungan zat anti radang yang yang ada di dalam vitamin C, berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan ini lah yang berguna untuk mengobati dan mengurangi kemerahan yang terjadi pada kulit.

Selain itu antioksidan juga membuat warna kulit wajah, kembali terlihat rata. Adanya zat antiradang di dalam vitamin C, sangat ampuh untuk mengatasi terjadinya iritasi dan munculnya bintik-bintik hitam.

6. Menghidrasi kulit

Manfaat vitamin C pada skincare Berbagai sumber

foto: Freepik/drobotdean

Vitamin C ternyata bisa loh digunakan untuk menghidrasi kulit. Manfaat ini akan kamu dapat jika mengkombinasikannya dengan skincare yang memiliki kandungan magnesium ascorbyl phosphate. Ascorbyl phospahte merupakan turunan dari vitamin C.

Dilansir brilio.net dari Healthline, Kamis (17/2) menjelaskan bahwa magnesium ascrobyl phosphate merupakan turunan vitamin C memberikan efek menghidrasi kulit. Selain itu turunan vitamin C ini berguna untuk mengatasi kehilangan air transepidermal yang membantu untuk kulit tetap lembap.

7. Wajah terhindari dari kerusakan sinar matahari

Manfaat vitamin C pada skincare Berbagai sumber

foto: Freepik/8photo

Selain bermanfaat untuk menghidrasi kulit, manfaat selanjutnya yaitu untuk melindungi wajah dari kerusakan sinar matahari. Vitamin C dapat membantu untuk melindungi wajah dari kerusakan sinar matahari karena adanya zat antioksidan. Zat antioksidan yang terdapat di dalam kandungan vitamin C, ampuh untuk melawan radikal bebas.

Radikal bebas inilah yang menjadi penyebab utama terjadinya kerusakan kulit. Dengan menggunakan vitamin C, secara tidak langsung kandungan antioksidan akan berperan untuk melindungi sel kulit sehat.

8. Menenangkan kulit terbakar matahari

Manfaat vitamin C pada skincare Berbagai sumber

foto: Freepik/rawpixel.com

Manfaat vitamin C di dalam skincare selanjunya yaitu untuk menenangkan kulit yang terbakar karena sinar matahari. Vitamin C memiliki kinerja untuk mempercepat pergantian sel kulit yang rusak dengan sel kulit baru.

Untuk mendapatkan manfaat ini kamu bisa menggunakan produk skincare yang mengkombinasikan antara vitamin C dengan vitamin E. Kedua kandungan ini akan mengurangi kerusakan kulit karena paparan sinar UV. Sehingga kulit akan menjadi lebih tenang. Tidak hanya itu, kedua kandungan ini juga bermanfaat untuk mengurangi peradang karena paparan sinar UV.

9. Membantu menyembuhkan luka

Manfaat vitamin C pada skincare Berbagai sumber

foto: Freepik/Cooki_studio

Masih berhubungan dengan kulit yang terbakar akibat paparan sinar matahari. Manfaat dari vitamin C selanjutnya yakni dapat membantu untuk menyembuhkan luka. Dengan menggunakan vitamin C, luka kulit karena terbakar matahari akan sembuh secara cepat. Vitamin C akan membantu terjadinya peradangan pada kulit dan infeksi.

10. Mengencangkan kulit

Manfaat vitamin C pada skincare Berbagai sumber

foto: Pexels/andreapiacquadio

Manfaat vitamin C yang telah disebutkan yaitu membantu produksi kolagen. Nah produksi kolagen ini akan membuat kulit menjadi kencang dan elastisitas terjaga. Dengan rutin menggunakan skincare dengan bahan kandungan vitamin C, maka produksi kolagen dalam kulit akan meningkat.

Sehingga kulit yang kendur akan kembali kencang keseluruhan. Namun yang perlu kamu ketahui, manfaat ini akan bekerja jika penyebab kulit kendur adalah karena penuaan, dan penurunan berat badan.

11. Mengatasi jerawat

Manfaat vitamin C pada skincare Berbagai sumber

foto: Pexels/andreapiacquadio

Manfaat terakhir dari vitamin C di dalam skincare yaitu untuk mengatasi jerawat. Vitamin C memiliki sifat anti-inflamasi. Sifat anti-inflamasi akan membantu kamu untuk mengontrol produksi minyak atau sebum.

Dengan menggunakan skincare rutin yang memiliki kandungan vitamin C, jerawat di wajah akan hilang seketika tanpa meninggalkan bekas jerawat di wajah.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES