10 Manfaat lemon untuk wajah dan cara memakainya

10 Manfaat lemon untuk wajah dan cara memakainya

Brilio.net - Wajah sehat dan cantik adalah dambaan bagi semua orang. Wajah cantik itu identik bersih dan sehat. Terhindar dari segala macam masalah seperti jerawat, minyak berlebih, kotoran membandel, dan jenis masalah lainnya. Untuk mendapatkan wajah cantik kamu bisa mengambil berbagai langkah.

Kalau kamu tidak mau menggunakan bahan kimia, banyak bahan alami yang dikemas dengan khasiat penyembuhan. Salah satunya adalah jeruk lemon. Buah yang satu kaya akan antibakteri dan anti-inflamasi, membantu merawat dan melindungi kulit dari bakteri jahat. Jeruk lemon mengandung asam sitrat, kalsium, fosfor, vitamin B5, B3, B1, B2, C, zat besi, magnesium, dan masih banyak lagi.

Selain alami dan mudah didapat, cara membuat bahan perawatan dari lemon ini sangat mudah dan praktis. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. Tetapi bahan alami pun dapat memiliki efek samping, jika pemakaiannya kurang tepat. Hanya karena sesuatu itu alami, bukan berarti itu tidak dapat membahayakan wajah. Apalagi wajah merupakan salah satu area kulit sensitif.

Agar terhindar dari efek samping, kamu harus tahu jenis kulitmu terlebih dulu. Kemudian jangan mencoba untuk mengaplikasikan lemon alami ke wajah. Padukan atau campur lemon dengan bahan lain seperti madu misalnya. Dilansir dari healthline, madu dan lemon adalah bahan alami populer yang biasa ditemukan di berbagai produk kecantikan dan kesehatan. Madu juga bisa membantu menetralisir kulit sensitif, supaya terhindar dari iritasi.

Nah, apa saja sih manfaat lemon untuk wajah dan bagaimana cara menggunakannya? Berikut brilio.net rangkumkan ulasan lengkapnya dari berbagai sumber pada Selasa (14/7).

1. Pelembap.

lemon untuk wajah freepik

foto: freepik.com

Lemon memiliki sifat antibakteri yang kuat. Sifat tersebut sangat cocok digunakan sebagai pelembap wajah. Caranya, campur beberapa tetes air kelapa dengan beberapa tetes jus lemon. Kelapa berfungsi melembapkan kulit, sedangkan lemon akan membersihkan dan mencerahkannya.

Jika kamu punya kulit sensitif, lakukan uji coba pada kulit lainnya. Misalnya tempelkan pada bagian kulit tangan terlebih dulu.


2. Menghilangkan komedo.

lemon untuk wajah freepik

foto: freepik.com


Mungkin belum banyak yang tahu kalau lemon juga dapat membantu merawat atau menghilangkan komedo. Kandungan asam sitrat pada lemon berbentuk alami asam alfa hidroksi (AHA).

Cara penggunaannya, bersihkan wajah terlebih dahulu, kemudian gosokkan irisan lemon yang dicampur madu. Usapkan pada bagian wajah yang sering muncul komedo. Biasanya ada pada zona T wajah. Rasakan sensasi kandungan AHA saat melakukan pembersihan pori-pori wajahmu.


3. Pembersih wajah.

lemon untuk wajah freepik

foto: freepik.com

Kandungan vitamin dan nutrisi yang ada pada lemon mampu membantu merawat wajah jadi lebih bersih. Bak alat makeup toner yang berharga mahal, kamu bisa membuat pembersih sendiri cukup dengan bahan dasar lemon.

Caranya, campurkan beberapa tetes minyak esensial, lemon, dan pohon teh sekitar per-enam ons air. Celupkan kapas bersih dengan campuran lemon tadi. Oles pada bagian wajah yang diinginkan.

4. Mencerahkan wajah.

lemon untuk wajah freepik

foto: freepik.com

Lemon kaya akan vitamin C dan asam sitrat, sehingga dapat membantu mencerahkan dan mencerahkan kulit saat digunakan seiring waktu. Vitamin C adalah antioksidan yang bagus untuk menetralkan radikal bebas dan meningkatkan produksi kolagen. Itu berarti dapat membantu meringankan bintik-bintik gelap.

Caranya, oleskan SPF (Sun Protection Factor) pada wajah. Campur jus lemon dengan madu, celupkan kapas bersih. Oleskan kapas basah pada wajah.


5. Menghilangkan minyak berlebih.

lemon untuk wajah freepik

foto: freepik.com


Asam sitrat di dalam jus lemon bekerja sebagai zat alami. Zat ini mampu menahan dan membersihkan wajah dari minyak. Caranya mudah, tambahkan beberapa tetes jus lemon dan madu ke kapas. Kemudian usap ke wajah yang sudah dibersihkan.


6. Scrub bibir.



foto: freepik.com

Lemon tidak hanya bisa dipakai pada area wajah saja, tapi juga bagian bibir. Caranya, campurkan sedikit jus lemon dengan gula merah untuk membuat scrub bibir sendiri. AHA pada jus lemon akan bekerja sebagai exfoliator kimia, berfungsi melonggarkan sel-sel kulit mati. Sementara gula bekerja sebagai exfoliator fisik untuk mengelupaskannya.

Dengan catatan, cara ini tidak disarankan jika bibirmu sedang iritasi atau mengalami masalah. Konsultasikan ke dokter ahlinya terlebih dulu sebelum memakai lemon untuk scrub bibir. Dilansir dari womenshealthmag, "jelas, jika bibir kamu sudah pecah-pecah parah, jangan coba-coba," kata Gary Goldfaden, MD, seorang dokter kulit.


7. Perawatan jerawat.

lemon untuk wajah freepik

foto: freepik.com

Buah lemon sangat ampuh untuk merawat dan menghilangkan bekas jerawat. Ambil 1 buah lemon, peras airnya lalu campurkan dengan air. Oleskan langsung pada bagian yang berjerawat. Kamu bisa menggunakan kapas atau cotton bud. Kemudian diamkan selama 15 menit. Setelah kering, bilas wajah dengan air bersih.

Selain dioleskan pada wajah, kamu bisa meminum perasan satu lemon yang sudah dicampur dengan tiga gelas air. Air lemon ini dapat membersihkan wajah dari dalam. Lakukan secara rutin supaya jerawat dan bekasnya cepat hilang.


8. Mengatasi penuaan dini.

lemon untuk wajah freepik

foto: freepik.com

Lemon dipercaya dapat mengatasi masalah penuaan dini. Seperti keriput, pigmentasi, dan bercak hitam pada wajah. Kandungan vitamin C pada lemon bersifat antioksidan, akan menangkal radikal bebas dan membentuk sel kulit wajah baru.

Lemon juga dapat merangsang peningkatan produksi kolagen kulit. Caranya, campur lemon dengan air atau madu secukupnya. Oleskan pada wajah.


9. Anti-bakteri.

lemon untuk wajah freepik

foto: freepik.com

Setiap hari kulit bagian luar rentan akan kotoran dan polusi udara. Kuman dan bakteri mudah masuk ke pori-pori wajah. Untuk menghilangkan dan merawat wajah dari bakteri, kamu bisa menggunakan perasaan jeruk lemon.

Kandungan polifenol pada lemon dapat menjadi antioksidan dan antibakteri. Cukup pakai satu perasaan lemon ukuran kecil, campur dengan minyak esensial. Kemudian aplikasikan pada wajah.


10. Memutihkan wajah.

lemon untuk wajah freepik

foto: freepik.com

Lemon dapat membantu memutihkan wajah secara alami. Kandungan asam sitratnya berfungsi sebagai komponen pemutihan alami. Caranya, campurkan dua sendok makan air perasan lemon dengan 3 sdm air putih. Aduk rata lalu oleskan ke seluruh wajah dan leher. Diamkan selama 30 menit. Setelah kering, cuci bersih wajah dengan air dingin. Buat kamu yang punya wajah sensitif, tambahkan madu ke dalam campuran lemon tadi.


(brl/vin)

tags

Advertising
Advertising
STORIES