Brilio.net - Siapa bilang, cantik dan tampil menarik itu hanya bisa bila kita punya rambut lurus? Pemilik rambut ikal dan keriting patut bangga, karena punya jenis rambut yang unik dan bisa membuat penampilan makin menarik lho.

Sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum memahami betul cara merawat rambut bertekstur seperti ikal dan keriting dengan baik. Bahkan, tak sedikit yang merasa tak percaya diri dengan rambut keriting yang dimiliki.

“Padahal, di Indonesia sourcenya banyak. Lagipula, di Indonesia sendiri mayoritas orang memiliki rambut keriting atau ikal,” ujar Fouder dan Owner Kriwil Indonesia, Gracia Indriani kepada media baru-baru ini.

Gracia menambahkan dengan rambut keriting dan kriwil, justru mereka bisa styling rambut dengan sangat mudah. Namun tetap harus memperhatikan cara perawatannya dengan baik dan benar.

Loading...

Kali ini brilio.net akan membagikan tips merawat rambut kriting. Berikut ulasannya seperti dilansir dari Healtline.com, Minggu (24/10).

1. Jangan terlalu sering keramas.

tips merawat rambut keriting © 2021 brilio.net

foto: freepik

Tak hanya bagi pemilik rambut keriting, untuk semua model rambut kalau keseringan keramas akan membuat rambut menjadi lebih kering. Terutama pada bagian kulit kepala. Sehingga bisa menyebabkan kulit kepala menjadi lebih rentan rontok dan juga rambut jadi lebih kasar.

2. Pilih shampo yang benar.

tips merawat rambut keriting © 2021 brilio.net

foto: Kriwil Indonesia

Hal yang tak kalah penting saat merawat rambut adalah pemilih shampo yang tepat. Gracia mengatakan hingga saat ini shampo khusus untuk rambut keriting masih banyak diproduksi. Hal itu membuat ia membuat produk khusus yang merawat rambut keriting dengan karakter yang dimiliki oleh orang Indonesia.

“Produk awalnya ada minyak rambut, yang saat ini sedang dalam proses BPOM dan izin edar,” jelas Gracia.

Kini, setelah merintis bisnis selama 4 tahun ini, Kriwil telah memiliki rangkaian produk haircare seperti shampoo, conditioner, hair mask, serta styling gel yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia pemilik rambut keriting dan ikal.

Tak hanya rangkaian produk haircare, pihaknya juga menyediakan beberapa peralatan yang sangat membantu kita dalam merawat rambut keriting dan ikal.

“Kriwil menyediakan silk bonnet, scalp exfoliator, hair bonnet dryer, dan hair diffuser,” tutur Gracia.

Produk tersebut bis didapatkan dengan harga terjangkau mulai dari Rp 80 ribu hingga Rp 200 ribu.

3. Perawatan sebelum keramas.

tips merawat rambut keriting © 2021 brilio.net

foto: freepik

Perawatan rambut sebelum keramas juga diperlukan untuk membuat kulit tetap sehat, misalnya dengan menambahkan vitamin untuk mengurangi rambut kusut karena terlalu keriting.

4. Jangan menyisir saat rambut basah.

tips merawat rambut keriting © 2021 brilio.net

foto: freepik

Menyisir rambut saat rambut dalam keadaan basah bisa menyebabkan kerontokan. Selain itu juga baiknya bagi pemilik rambut keriting untuk menggunakan sisir rambut bergigi jarang setelah keramas.

5. Gunakan pengering rambut dengan panas sedang.

tips merawat rambut keriting © 2021 brilio.net

foto: freepik

Kebanyakan orang mengeringkan rambut dengan hairdryer menggunakan panas yang sangat tinggi agar rambut cepet kering. Padahal hal itu dapat merusak rambut.

Sebaiknya sebelum mengeringkan rambut atau mencatok rambut, gunakan serum untuk rambut agar kesehatan rambutnya tetap terjaga.

Related News